Pendaftaran BBM subsidi lewat website MyPertamina khusus untuk roda empat

Elshinta
Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:24 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Pendaftaran BBM subsidi lewat website MyPertamina khusus untuk roda empat
Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com

Elshinta.com - PT Pertamina (Persero) lewat Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading berkomitmen menjalankan amanah penugasan Pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dalam upaya memastikan penyaluran BBM bersubsidi bisa tepat sasaran dan tepat kuota, Pertamina menerapkan mekanisme baru yakni dengan cara pendaftaran BBM lewat website subsidi tepat. mypertamina.id khusus untuk kendaraan roda empat (mobil).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, penyaluran Pertalite maupun Solar subsidi masih memiliki berbagai tantangan. Di antaranya penyaluran yang tidak tepat sasaran, di mana pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengkonsumsi BBM
bersubsidi dan ini turut mempengaruhi kuota yang harus dipatuhi Pertamina Patra Niaga selaku badan usaha yang ditugaskan.

“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan 40% masyarakat rentan dan miskin hanya mengkonsumsi 20% dari total subsidi energi tersebut. Jadi diperlukan suatu mekanisme baru, bagaimana subsidi energi ini benar-benar diterima dan dinikmati yang berhak,” ujar Irto Ginting seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan, Sabtu (2/7).

Subsidi yang tepat sasaran ini menjadi penting, mengingat Pemerintah sendiri telah berkontribusi besar mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi di tahun 2022. Dalam memastikan subsidi energi inipun, Pertamina Patra Niaga juga harus mematuhi regulasi yang berlaku, seperti Peraturan Presiden No. 191/2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

“Seluruh regulasi mengenai segmentasi pengguna, kuota, dan regulasi terkait penyaluran lain sudah tertuang dalam regulasi tersebut, namun di lapangan masih tidak tepat sasaran. Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan juga berinisiatif, memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran dengan uji coba awal pencocokan data berbasis sistem atau digital menggunakan MyPertamina,” lanjut Irto.

Dipilihnya website MyPertamina pun bukan tanpa alasan. Sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Mulai 1 Juli, direncanakan dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina yakni
subsiditepat.mypertamina.id.

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id . Untuk kemudahan masyarakat, QR. Code bisa diprint out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil).

“Dimulai pada 1 Juli pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar, namun kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya. Kami juga tegaskan
kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat,” kata Irto.

Irto memastikan pelaksanaan pendaftaran melalui website bukan untuk menyulitkan masyarakat, namun untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Kedepan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” tutup Irto.

Untuk diketahui, sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022 Pertalite ditetapkan sebagai BBM Penugasan oleh Pemerintah. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran subsidi tepat sasaran menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat
menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
 Direktur AKABI Kementan optimistis Cawas bisa jadi `soybean village`
Jumat, 19 Agustus 2022 - 19:12 WIB

Direktur AKABI Kementan optimistis Cawas bisa jadi `soybean village`

Gerakan merdeka panen kedelai bersama Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Bupati Klaten dis...
Rupiah melemah tipis seiring surplusnya neraca transaksi berjalan
Jumat, 19 Agustus 2022 - 18:07 WIB

Rupiah melemah tipis seiring surplusnya neraca transaksi berjalan

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (19/8) sore melemah ti...
Rupiah Jumat pagi melemah 28 poin
Jumat, 19 Agustus 2022 - 09:59 WIB

Rupiah Jumat pagi melemah 28 poin

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi melemah 28 poin
IHSG Jumat dibuka menguat 11,51 poin
Jumat, 19 Agustus 2022 - 09:47 WIB

IHSG Jumat dibuka menguat 11,51 poin

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat dibuka menguat 11,51 poin
Wapres: Ekonomi dan keuangan syariah penting dalam pemulihan ekonomi
Kamis, 18 Agustus 2022 - 19:09 WIB

Wapres: Ekonomi dan keuangan syariah penting dalam pemulihan ekonomi

Wakil Presiden RI Ma`ruf Amin menegaskan pentingnya peran ekonomi dan keuangan syariah dalam pemulih...
Sri Mulyani: Uang Rupiah kertas baru bentuk kebanggaan RI
Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:47 WIB

Sri Mulyani: Uang Rupiah kertas baru bentuk kebanggaan RI

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan peluncuran tujuh pecahan Uang Rupiah Kert...
Rupiah Kamis pagi melemah 18 poin
Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:47 WIB

Rupiah Kamis pagi melemah 18 poin

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi melemah 18 poin
IHSG Kamis dibuka menguat 10,76 poin
Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:35 WIB

IHSG Kamis dibuka menguat 10,76 poin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka menguat 10,76 poin
Peneliti sebut perlu kerja keras capai target inflasi 2023
Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:01 WIB

Peneliti sebut perlu kerja keras capai target inflasi 2023

Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute (TII) Nuri Resti Chayyani mengatakan para pemangku ...
Kembangkan kelapa genjah, Sukoharjo dianugerahi Golden Certificate Award dari Kementan
Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Kembangkan kelapa genjah, Sukoharjo dianugerahi Golden Certificate Award dari Kementan

Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah diganjar penghargaan atas capaian budidaya kelapa genjah dari Kemen...

InfodariAnda (IdA)