Bupati Aceh Utara lakukan panen perdana sawit Program PSR 

Elshinta
Rabu, 29 Juni 2022 - 15:05 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Bupati Aceh Utara lakukan panen perdana sawit Program PSR 
Sumber foto: Hamdani/elshinta.com.

Elshinta.com - Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Aceh Utara mulai menuai hasil. Dari 3.634 hektar luas areal perkebunan sawit rakyat yang telah diremajakan sejak tahun 2019, seluas 600 hektar di antaranya telah mulai memasuki masa panen.

Panen perdana sawit hasil replanting ini dilakukan oleh Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib pada kegiatan seremoni dipusatkan di Gampong Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur pada Selasa (28/6). Kegitan itu turut dihadiri oleh pejabat Forkopimda, Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara Ir Lilis Indriansyah, MP, pejabat dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, sejumlah Kepala SKPK Aceh Utara, para Camat, pimpinan Pabrik Kelapa Sawit, serta pimpinan Koperasi dan Kelompok Tani penerima program PSR.

Program PSR merupakan bantuan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dalam bentuk penanaman kembali (replanting) tanaman sawit rakyat. Bantuan dimulai dari penyiapan lahan, pengadaan bibit, hingga penanaman, dan perawatan. Bantuan ini disalurkan melalui unit Koperasi dan melalui Kelompok Tani yang tersebar di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara. Sejak tahun 2019 telah dilakukan replanting seluas 3.634 hektar di daerah ini.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara, serta kepada Koperasi dan Poktan yang telah menggerakkan kegiatan peremajaan tanaman sawit di Kabupaten Aceh Utara. Bupati juga menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada seluruh petani sawit di daerah ini yang telah berhasil menanami kembali sawit mereka dan telah mulai memasuki masa panen.

Perkebunan sawit, kata Muhammad Thaib, merupakan salah satu potensi penting daerah di Aceh Utara. Selama ini tanaman kelapa sawit telah menjadi salah satu penggerak ekonomi rakyat, menjadi mata pencaharian yang dominan digeluti oleh petani kebun di daerah ini. Untuk itu, CekMad, sapaan akrab Bupati, mengajak para stakeholder terkait untuk terus melakukan pembinaan kepada petani sawit. 
Menurut Cek Mad, untuk peningkatan ekonomi masyarakat perlu kembali ke sektor pertanian.

“Dengan menurunnya bidang industri, pertanian dan perkebunan merupakan usaha yang perlu dikembangkan kembali. Pabrik pupuk PT AAF dan PT KKA telah menjadi besi tua, masyarakat harus menjadi petani sejati,” kata Cek Mad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Hamdani, Rabu (29/6). 

Pada kesempatan itu, Cek Mad juga mengajak petani sawit program PSR untuk memanfaatkan lahan dengan menanami tanaman tumpang sari seperti jagung, kedelai, cabe dan sayuran lainnya. Tanaman palawija ini dapat ditanami di sela-sela tanaman sawit. Hal ini akan memberikan nilai ekonomi lebih bagi petani sawit.

“Ketika tanaman sawit masih belum berproduksi, petani bisa memanen jagung atau kacang yang ditanam di lahan tersebut,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara Ir Lilis Indriansyah, MP, dalam laporannya mengatakan kegiatan panen perdana peremajaan sawit rakyat adalah tanaman yang sudah ditanam sejak tahun 2019, di mana programnya diusulkan pada tahun 2018 melalui pendanaan BPDPKS.

“Saat ini luas areal tanaman kelapa sawit rakyat di Aceh Utara18.187 hektar. Yang harus di-replanting 8.609 hektar, dan yang sudah dilakukan replanting 3.704 hektar. Dari luasan replanting tersebut, yang sudah tertanam seluas 3.634 hektar. Dan yang sudah bisa dipanen saat ini sekitar 600 hektar,” jelas Lilis.

Kegiatan panen perdana sawit program PSR, lanjut Lilis, dilakukan di Gampong Sidomulyo atas kesepakatan para petani penerima program PSR. Mereka diwakili oleh para pengurus Kelompok Tani dan Koperasi dari Kecamatan Kuta Makmur, Cot Girek, Langkahan, Tanah Luas, Meurah Mulia, Geureudong Pase, dan beberapa kecamatan lain lokasi PSR.

Kata dia, para petani sangat mengharapkan agar pemerintah dapat melanjutkan program PSR ini, karena areal kebun sawit rakyat yang perlu peremajaan masih sangat luas. Terdapat sekitar 4.975 hektar lagi membutuhkan peremajaan. 

Kata Lilis, seluruh kelompok tani penerima PSR telah bekerja keras dan telah berhasil, bahkan beberapa kelompok tani di antaranya dinilai telah lebih berhasil sehingga pihaknya memberikan penghargaan. Yaitu, Kelompok Tani Aman Jaya sebagai pengelola kebun terbaik, Kelompok Tani Bijeh Mata sebagai pelapor terbaik. Sedangkan Koperasi Sejati Mandiri sebagai koperasi penyusunan administrasi terbaik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Gelar sembako murah, Ok Oce kolaborasi bersama KADIN Jakarta Pusat
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:05 WIB

Gelar sembako murah, Ok Oce kolaborasi bersama KADIN Jakarta Pusat

Gerakan Sosial Ok Oce melalui Ok Oce Kemanusiaan terus bergerak menggelar Bazaar Sembako Murah.
BLT 64 ribu buruh rokok di Kudus cair
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:05 WIB

BLT 64 ribu buruh rokok di Kudus cair

Wajah ibu-ibu buruh rokok PR Rajan Nabadi yang ada di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), Desa M...
Serapan gabah Bulog Kediri berkurang, dampak serangan hama tikus
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:34 WIB

Serapan gabah Bulog Kediri berkurang, dampak serangan hama tikus

Capaian serapan gabah Perum Bulog Kediri semester tahun ini mengalami penurunan.
Wamen Pahala dorong PT PIM bangun ketahanan pangan dan energi
Jumat, 12 Agustus 2022 - 21:06 WIB

Wamen Pahala dorong PT PIM bangun ketahanan pangan dan energi

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury mendorong PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) berperan besa...
Rupiah Jumat pagi menguat 29 poin terhadap dolar AS
Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Rupiah Jumat pagi menguat 29 poin terhadap dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi, mengu...
IHSG Jumat dibuka melemah 3,83 poin
Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:42 WIB

IHSG Jumat dibuka melemah 3,83 poin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, dibuka melemah 3,83 poin
 Bupati Kudus serahkan bantuan untuk korban kebakaran
Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:06 WIB

Bupati Kudus serahkan bantuan untuk korban kebakaran

Kebakaran yang melanda rumah Ahmadi warga desa Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Jawa Tenga...
Menkeu: Dana asing 50 miliar dolar kabur dari obligasi emerging market
Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:35 WIB

Menkeu: Dana asing 50 miliar dolar kabur dari obligasi emerging market

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan dana asing bersih sebesar 50 miliar dolar AS atau ...
Sri Mulyani: Ekonomi RI kuartal II sangat impresif
Kamis, 11 Agustus 2022 - 22:35 WIB

Sri Mulyani: Ekonomi RI kuartal II sangat impresif

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022...
Presiden minta rumah tangga manfaatkan lahan pekarangan tanam cabai
Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:19 WIB

Presiden minta rumah tangga manfaatkan lahan pekarangan tanam cabai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta adanya pemanfaatan lahan pekarangan di rumah tangga untuk mena...

InfodariAnda (IdA)