1.951 JCH asal Embarkasi Medan tiba di Madinah
Elshinta
Jumat, 17 Juni 2022 - 11:24 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
1.951 JCH asal Embarkasi Medan tiba di Madinah
Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com.

Elshinta.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag menyampaikan sebanyak 1.951 jemaah calon haji (JCH) asal Embarkasi Medan telah diberangkatkan menuju Madinah. Sampai Rabu malam (15/6) sudah 5 kloter yang telah diberangkatkan menggunakan Garuda Airlines menuju Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Azis Madinah.

“Sampai Rabu malam telah diberangkatkan 5 kloter. Pada Kloter 5 ini jemaah yang berangkat berasal dari Labuhanbatu, Dairi, dan Kota Medan,” kata Kakanwil seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan, Jumat (17/6). 

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sumut bersama Bupati Labuhanbatu H. Erik Adtrada Ritonga melepas 390 jemaah calon haji asal Labuhanbatu, Dairi, dan Kota Medan. Kakanwil Kemenagsu dalam sambutannya mengatakan agar para jemaah fokus melaksanakan ibadah baik saat di Madinah maupun di Makkah.

Insya Allah, Bapak Ibu akan segera tiba di Kota Madinah, kota Rasulullah. Maksimalkan ibadah Arbain sebelum nanti fokus di Kota Mekkah. Jauhkan hal-hal yang membuat hati gundah. Insya Allah dengan hati dan niat yang tulus Bapak Ibu akan diberi kemudahan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan kepada jemaah untuk tidak khawatir selama di sana. Karena di Madinah dan Makkah petugas asal Indonesia siap melayani dan membimbing baik petugas kloter maupun non kloter. Kakanwil juga memastikan fasilitas di sana dapat memenuhi kebutuhan jemaah haji seperti penginapan, konsumsi, transportasi, dan lain sebagainya.

Sementara itu Bupati Labuhanbatu menyampaikan bahwa jemaah haji yang berangkat tahun ini merupakan orang-orang pilihan. Untuk itu ia berpesan agar para jemaah bersyukur dan memaksimalkan ibadah selama di sana.

Ia juga berpesan agar dapat menjaga kesehatan dan selalu yakin dengan niat yang telah terpatri dalam hati.

“Kalau sudah niat ingin beribadah dengan mantap, jalan kaki sepanjang 2 km bisa dilalui. Panas terik bisa ditembus. Maka dari itu kuatkan niat untuk meraih pahala sebesar-besarnya. Namun begitupun harus tetap memperhatikan kesehatan. Jaga kondisi tubuh. Tetap harus patuhi protokol yang berlaku terutama masalah Covid-19,” lanjutnya.

PPIH Embarkasi Medan telah memberangkatkan 5 kloter sejak Sabtu, (11/06). Keberangkatan kloter terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama sampai ketujuh akan terbang menuju Madinah. Gelombang kedua akan terbang menuju Makkah.

1 Jemaah Tertunda Berangkat Karena Sakit

Satu jemaah asal Labuhanbatu yang tergabung dalam Kloter 5 nomor manifest 028 An. Nurlela Sari Rambe mendadak sakit saat berada dalam pesawat. Petugas kesehatan langsung membawa jemaah ke Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam. dr. Rahmad Ramadhan petugas Kesehatan PPIH Embarkasi Medan saat memberi keterangan mengatakan kondisi jemaah di dalam pesawat tiba-tiba muntah dan tensi tinggi dan pingsan.

“Posisi sudah di dalam pesawat menunggu takeoff. Lalu jemaah tiba-tiba muntah dan pingsan. Lalu disepakati oleh tim untuk segera membawa jemaah ke rumah sakit terdekat yaitu Grand Medistra Lubuk Pakam. Keterangan petugas yang mendampingi jemaah Alhamdulillah sudah mulai membaik dan sudah didampingi keluarganya,” ungkap dokter yang bertugas di KKP Belawan tersebut, Kamis (16/06).

Ia juga mengatakan saat penerimaan dan tes kesehatan kondisi jemaah baik. “Saat kita cek kesehatan sehari sebelum keberangkatan kondisi jemaah baik,” lanjutnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh H. Zulfan Efendi, S.Ag, M.Si mengatakan saat ini jemaah masih berada di Rumah Sakit Grand Medistra dan mulai membaik. Ia mengungkapkan masih menunggu status dari Rumah Sakit terkait kesehatan jemaah tersebut.

Alhamdulillah, kita dapat laporan dari petugas di sana jemaah sudah mulai membaik. Tapi kita tetap menunggu status dari rumah sakit. Jika hari ini rumah sakit memberi status boleh terbang, maka jemaah dapat berangkat bersama dengan kloter 6,” ujarnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
PPIH: Calon haji sakit tertunda dapat diberangkatan tahun depan
Kamis, 30 Juni 2022 - 12:39 WIB
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan calon haji yang masih menjalani ...
Jadwal lempar jumrah JCH berubah akibat cuaca ekstrem
Rabu, 29 Juni 2022 - 20:35 WIB
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tahun ini melakukan perubahan jadwal lempar jumrah Aqabah, ter...
Jemaah harus waspada terhadap faktor pemicu penyakit jantung
Rabu, 29 Juni 2022 - 19:36 WIB
Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dr Mohammad Rizki Akbar, Sp.JP(K) menyampa...
Petugas khusus Masjidil Haram diperkuat untuk beri rasa aman jemaah
Rabu, 29 Juni 2022 - 19:05 WIB
Seksi Petugas dan Keamanan Jemaah Daerah Kerja (Daker) PPIH Mekkah memperkuat personel guna menghada...
Kemenag putuskan tak ambil kuota tambahan haji
Rabu, 29 Juni 2022 - 18:32 WIB
Kementerian Agama memutuskan untuk tak mengambil kuota tambahan haji yang diberikan oleh Pemerintah ...
DPR RI apresiasi pelaksanaan Haji tahun Ini
Selasa, 28 Juni 2022 - 20:33 WIB
Pelaksanaan haji tahun 2022 mendapatkan apresiasi dari para anggota DPR RI yang saat ini melakukan k...
76.421 JCH Indonesia telah terbang ke Tanah Suci
Selasa, 28 Juni 2022 - 19:28 WIB
Fase pemberangkatan jemaah calon haji Indonesia 1443 H/2022 M akan berakhir pada 3 Juli 2022. Sampai...
Jemaah diimbau jaga kondisi selama bus shalawat berhenti beroperasi
Senin, 27 Juni 2022 - 20:47 WIB
Layanan bus shalawat akan berhenti beroperasi sementara mulai 5 Dzulhijjah menjelang puncak haji, se...
Dua calon haji Kloter 12 Embarkasi Batam batal berangkat karena sakit
Senin, 27 Juni 2022 - 20:22 WIB
Dua calon haji kloter 12 Embarkasi Hang Nadim Batam batal diberangkatkan ke Tanah Suci karena sakit ...
Warung Indonesia hadir untuk jemaah haji di Mekkah
Senin, 27 Juni 2022 - 14:47 WIB
Warung Indonesia yang hadir di Mekkah membantu mendekatkan produk dan jajanan tradisional Indonesia ...
InfodariAnda (IdA)