Pasar saham Asia dibuka sedikit lebih tinggi, sementara dolar melemah

Elshinta
Senin, 30 Mei 2022 - 09:24 WIB |
Pasar saham Asia dibuka sedikit lebih tinggi, sementara dolar melemah
Ilustrasi - Seorang pria yang mengenakan masker pelindung, melintas di papan elektronik yang menampilkan indeks Shanghai Composite, indeks Nikkei dan Dow Jones Industrial Average di Tokyo, Jepang. ANTARA/REUTERS/Kim Kyung-Hoona/aa.

Elshinta.com - Pasar saham Asia mengikuti Wall Street sedikit menguat di awal perdagangan Senin (30/5), sementara dolar AS terjepit di dekat posisi terendah lima minggu karena investor bertaruh pada kemungkinan perlambatan dalam pengetatan moneter AS, meskipun setelah kenaikan tajam suku bunga pada Juni dan Juli.

Sentimen negatif mereda setelah muncul berita bahwa otoritas Shanghai akan membatalkan banyak persyaratan bagi bisnis untuk memulai kembali operasi mereka mulai Rabu (1/6/2022), mengurangi penguncian di seluruh kota yang dimulai dua bulan lalu.

Liburan Memorial Day di Amerika Serikat dapat membuat sesi perdagangan tipis menjelang akhir bulan dan indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,3 persen ke level tertinggi tiga minggu.

Indeks Nikkei Jepang menguat 1,3 persen dan Korea Selatan naik 0,9 persen. Indeks Nasdaq berjangka menambahkan 0,4 persen, setelah melonjak 6,8 persen minggu lalu, sementara S&P 500 berjangka menguat 0,3 persen, setelah reli 6,6 persen minggu lalu di minggu terbaik mereka sejauh tahun ini.

Investor telah menangkap petunjuk Federal Reserve, setelah berencana menaikkan suku bunga secara agresif selama dua bulan ke depan, mungkin akan memperlambat pengetatannya.

"Harapan, naif atau tidak, untuk jeda dalam siklus pengetatan Fed pada awal September terus bergema," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di NAB. "Pasar uang telah mengurangi perkiraan mereka untuk kenaikan suku bunga Fed tambahan pada akhir 2022 dari 193 basis poin menjadi 180 basis poin."

"Meskipun ini masih menyiratkan kenaikan suku bunga pada setiap pertemuan Fed yang tersisa tahun 2022, termasuk kenaikan 50 basis poin pada Juni dan Juli dan setidaknya 25 basis poin pada masing-masing dari tiga sisanya."

Peluang Fed yang kurang hawkish sudah cukup untuk melihat obligasi pemerintah AS rebound, dengan imbal hasil 10-tahun sedikit di atas level terendah enam minggu di 2,74 persen. Itu turun dari puncak 3,203 persen pada 9 Mei.

Suasana pasar yang lebih stabil telah melihat mata uang safe-haven dolar dan yen menurun, sementara euro didorong oleh komentar hawkish dari pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) yang telah mengisyaratkan kenaikan suku bunga pada awal Juli.

"Data ekonomi AS tampaknya melambat, pejabat ECB memperdebatkan kenaikan suku bunga awal yang lebih cepat, dan perbedaan suku bunga di muka sudah mulai menguntungkan euro," kata analis Goldman Sachs, Zach Pandl.

"Perlambatan tajam dalam ekonomi AS - jika tidak diimbangi dengan kelemahan serupa di Eropa - dapat menghasilkan rebound euro yang berarti, meskipun kebalikannya juga benar jika data AS bertahan lebih baik dari yang diharapkan," tambah Pandl. "Kami melihat risiko penurunan terhadap pertumbuhan AS, dan telah merekomendasikan opsi jual dolar/yen untuk mengekspresikan pandangan ini."

Itu menggarisbawahi pentingnya data utama AS minggu ini yang mencakup survei manufaktur ISM pada Rabu (1/6/2022) dan laporan penggajian Mei pada Jumat (3/6/2022).

Angka penggajian (payrolls) diperkirakan akan naik menjadi 320.000 yang solid, meskipun itu akan turun dari April, dengan pengangguran di 3,5 persen.

Euro bertahan di 1,0732 dolar AS pada Senin pagi , setelah naik 1,6 persen minggu lalu ke level 1,0764 dolar AS. Indeks dolar AS berdiri di 101,68, setelah turun 1,3 persen minggu lalu untuk mencapai level terendah lima minggu di 101,43.

Dolar lebih stabil terhadap yen di 127,25, setelah menemukan dukungan kuat di sekitar 126,37 dalam seminggu terakhir.

Mundurnya dolar membantu emas dari posisi terendah baru-baru ini dan logam mulia tersebut diperdagangkan di 1.850 dolar AS per ounce.

Harga minyak telah didukung oleh ekspektasi untuk permintaan yang lebih kuat karena musim mengemudi AS sedang berlangsung, dan ketika negara-negara Eropa bernegosiasi mengenai apakah akan memberlakukan larangan langsung pada minyak mentah Rusia.

Uni Eropa pada Minggu (29/5/2022) gagal menyepakati embargo minyak Rusia, tetapi para diplomat masih akan mencoba untuk membuat kemajuan menjelang pertemuan puncak Senin-Selasa.

Brent bertambah 43 sen menjadi diperdagangkan di 119,86 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 54 sen menjadi diperdagangkan di 115,61 dolar AS per per barel.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Banjir bandang di kota wisata Pengzhou China tewaskan tujuh orang
Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:31 WIB

Banjir bandang di kota wisata Pengzhou China tewaskan tujuh orang

Banjir bandang melanda kota wisata Pengzhou di Provinsi Sichuan, China, pada Sabtu (13/8) dan men...
UPI kerja sama pelatihan angklung dengan dua universitas di Jepang
Jumat, 12 Agustus 2022 - 19:01 WIB

UPI kerja sama pelatihan angklung dengan dua universitas di Jepang

Universitas Pendidikan Indonesia bekerja sama dengan Chubu Gakuin University dan Chubu Gakuin Univer...
Indonesia dapat penghargaan dari Arab Saudi terkait layanan haji
Jumat, 12 Agustus 2022 - 06:31 WIB

Indonesia dapat penghargaan dari Arab Saudi terkait layanan haji

Pemerintah Indonesia mendapat penghargaan dari Kerajaan Arab Saudi karena dinilai telah memberikan p...
Eks presiden Sri Lanka diizinkan masuk ke Thailand sementara
Kamis, 11 Agustus 2022 - 08:59 WIB

Eks presiden Sri Lanka diizinkan masuk ke Thailand sementara

Presiden Sri Lanka yang digulingkan, Gotabaya Rajapaksa, bisa memasuki Thailand berdasarkan perminta...
80.000 turis terjebak di Sanya China karena `lockdown`
Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:31 WIB

80.000 turis terjebak di Sanya China karena `lockdown`

Lebih dari 80.000 turis terjebak di Sanya, sebuah kota resor pesisir di Provinsi Hainan, China akiba...
Kota Terlarang Beijing yang (masih) `terlarang`
Minggu, 07 Agustus 2022 - 22:45 WIB

Kota Terlarang Beijing yang (masih) `terlarang`

Juli hingga Agustus merupakan waktu terbaik untuk berwisata ke China karena musim panas yang bertepa...
PM Jepang akan ganti Menteri Pertahanan
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 14:01 WIB

PM Jepang akan ganti Menteri Pertahanan

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan mengganti Menteri Pertahanan Nobuo Kishi dengan pertimbang...
`Rasa Sayange`jadi lagu favorit peserta lomba nyanyi mahasiswa China
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:01 WIB

`Rasa Sayange`jadi lagu favorit peserta lomba nyanyi mahasiswa China

Lagu daerah yang berasal dari Maluku dengan judul \"Rasa Sayange\" menjadi lagu yang paling difavori...
China panggil para dubes Eropa, petempur PLA terus dekati Taiwan
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:45 WIB

China panggil para dubes Eropa, petempur PLA terus dekati Taiwan

Wakil Menteri Luar Negeri China Deng Li diperintahkan untuk memanggil para duta besar negara-negara ...
Kunjungan Pelosi ke Taiwan, RI serukan semua pihak kurangi ketegangan
Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:39 WIB

Kunjungan Pelosi ke Taiwan, RI serukan semua pihak kurangi ketegangan

Indonesia mendorong semua pihak untuk melakukan langkah nyata guna mengurangi ketegangan yang dapat ...

InfodariAnda (IdA)