KAI ingatkan pelanggan KRL Jabodebek sesuaikan perjalanan mulai Sabtu
Elshinta
Jumat, 27 Mei 2022 - 13:32 WIB |
KAI ingatkan pelanggan KRL Jabodebek sesuaikan perjalanan mulai Sabtu
Ilustrasi

Elshinta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan kepada seluruh pengguna KRL Commuterline agar memperhatikan kembali perubahan pola operasi perjalanan KRL mulai Sabtu, 28 Mei 2022.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, perubahan perjalanan terjadi pada lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo, serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

“KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas perubahan layanan ini. KAI berharap pengguna KRL dapat menyesuaikan perjalanannya mulai 28 Mei dan dapat segera beradaptasi,” kata Didiek dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Didiek menjelaskan, pelaksanaan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara.

Ia menyampaikan, KAI mendukung penuh pekerjaan Switch Over ke-5 ini sebagai bagian dari pengembangan Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang yang merupakan Proyek Strategis Nasional.

Mulai 28 Mei, Perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo - Jakarta Kota pp via Stasiun Manggarai.

Sementara itu pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan 2 skema yaitu full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen dan Half Racket Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Sedangkan untuk KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Jarak Jauh tidak terjadi perubahan.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line yaitu Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

“Pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang ke arah Jakarta Kota yang sebelumnya menggunakan satu perjalanan, sekarang harus melakukan transit di stasiun Manggarai. Begitu pula pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai,” ujarnya.

Lebih lanjut Didiek mengatakan, dengan adanya perubahan ini, transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai akan lebih aman karena sudah tidak perlu lagi menyeberang antar rel, tetapi naik dan turun lantai menggunakan tangga, escalator, dan lift yang telah disediakan.

Selain itu, kecepatan perjalanan KRL juga meningkat dari 70 km/jam menjadi 90 km/jam pada lintas Manggarai - Jakarta Kota dan menjadi 95 km/jam pada lintas Cikarang/Bekasi – Jatinegara.

Nantinya dengan pembangunan ini persilangan KA akan berkurang, keselamatan dan keamanan perjalanan KA dan para pengguna lebih terjaga, meningkatkan kapasitas dan jumlah perjalanan KA sehingga dapat melayani lebih banyak masyarakat yang akan menggunakan transportasi umum.

KAI berharap kepada para pengguna KRL untuk dapat ikut bersama-sama menjaga berbagai fasilitas yang ada di stasiun, mengutamakan lift dan escalator bagi pengguna yang membutuhkan, serta selalu mengikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam KRL.

“KAI berkomitmen untuk terus menyediakan transportasi massal perkeretaapian yang mudah diakses, terjangkau, dan ramah lingkungan,” kata Didiek.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
RSUD Kebayoran Lama lakukan pemeriksaan gratis di Bundaran Senayan
Minggu, 03 Juli 2022 - 12:47 WIB
RSUD Kebayoran Lama membuka gerai pemeriksaan gratis dengan tema program Sapa Warga di lokasi hari b...
Kakorlantas ajak masyarakat jadi polisi bagi diri sendiri
Minggu, 03 Juli 2022 - 11:21 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengajak masyarakat menunju...
Polisi kejar pencuri dengan sasaran rumah kosong di Cengkareng Jakbar
Minggu, 03 Juli 2022 - 10:11 WIB
Kepolisian Sektor Cengkareng mengejar dua pencuri dengan sasaran rumah kosong di Jalan Mawar Blok F...
Polusi udara dan harapan hidup di Jakarta
Minggu, 03 Juli 2022 - 06:15 WIB
Pemerintah sudah membolehkan masyarakat melepas masker di area terbuka mulai 17 Mei 2022, seiring me...
Jambret ponsel tewas akibat menabrak truk kontainer di Pluit
Sabtu, 02 Juli 2022 - 17:31 WIB
Seorang yang diduga pelaku penjambretan telepon seluler tewas akibat sepeda motor yang dikendarai m...
Satpol PP Jaksel tindak pemilik 35 tempat usaha melanggar perda
Sabtu, 02 Juli 2022 - 15:25 WIB
atuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Selatan menyelenggarakan sidang yustisi dengan meninda...
DKI Jakarta libatkan generasi muda rumuskan kebijakan publik
Sabtu, 02 Juli 2022 - 13:47 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melibatkan generasi muda dalam merumuskan kebijakan publik dan pemba...
Polda Metro tangkap tiga pelaku balapan liar di Jalan Asia-Afrika
Sabtu, 02 Juli 2022 - 13:35 WIB
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menangkap tiga pengemudi mobil karena terlibat ...
Anggota DPRD DKI kawal pembangunan kembali Kampung Gembrong
Sabtu, 02 Juli 2022 - 13:21 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Jupiter siap mengawal pembangunan kembali Kampung Gembrong di Jakarta Timur...
Polda Metro beri pengawalan iring-iringan jenazah Tjahjo Kumolo
Jumat, 01 Juli 2022 - 20:09 WIB
Polda Metro Jaya memberikan pengawalan terhadap iring-iringan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur...
InfodariAnda (IdA)