Wagub Riau minta Dinsos urus ODGJ berkeliaran di jalan
Elshinta
Jumat, 27 Mei 2022 - 08:35 WIB |
Wagub Riau minta Dinsos urus ODGJ berkeliaran di jalan
Seorang pasien ODGJ tinggal bersama keluarga di Jalan Tengku Zainal Abidin Kelurahan Rintis Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, yang kini menjalani rawat jalan dan diterima dengan baik oleh masyarakat dna lingkungannya, Kamis (26/5). (Foto:Antara/HO-Diskominfotik Riau).

Elshinta.com - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution  meminta Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau dan kabupaten/kota untuk mengurus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)  yang berkeliaran di jalan agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Pelayanan terhadap ODGJ ini selain tanggung jawab bersama juga menjadi tanggung jawab yang akan dipertanyakan di akhirat nanti sesuai pekerjaan yang kita jalani saat ini sebagai pelayan masyarakat," kata Edy Nasution di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan itu usai mengunjungi seorang ODGJ di Jalan Tengku Zainal Abidin, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Kamis (26/5).

Kunjungan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemprov Riau terhadap ODGJ yang sebelumnya dilaporkan masyarakat kepada Wagub Riau.

Edy Nasution mengatakan pelayanan kepada ODGJ merupakan tanggung jawab bersama, khususnya pemerintah sebagai pelayan masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memiliki Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan yang cukup bagus dilengkapi sarana prasarana serta sumber daya manusia handal untuk melayani pasien.

"Karenanya Dinsos Provinsi Riau, kabupaten/kota perlu terus berkoordinasi melayani ODGJ sehingga ke depan tidak ada lagi masyarakat yang mengalami gangguan jiwa berkeliaran di jalan dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah," katanya.

Peninjauan dilakukan sekaligus sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan derajat kesehatan jiwa dan kesehatan masyarakat.

"Untuk pelayanan ODGJ juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya sehingga pelayanan diberikan harus lebih baik untuk mereka," katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Riau, Andry Rinaldi M Sos, menyampaikan penanganan terhadap ODGJ sudah sesuai penilaian. Sedangkan gangguan kesehatan jiwa yang dialami pasien lebih akibat depresi karena ada permasalahan berat terkait masalah kerja atau karena tertipu sebelumnya.

"Kalau untuk kondisi, pasien yang dikunjungi Wagub Riau tersebut bukan telantar dan berkeliaran, dimana sebelumnya pasien juga sudah pernah dirawat di rumah sakit. Namun karena ada permintaan dari keluarga maka yang bersangkutan menjalani rawat jalan," jelasnya.

Kendati demikian, katanya lagi, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemkot Pekanbaru dan pasien yang tinggal secara normal bersama keluarga dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan lingkungannya.

Selain itu, pihak keluarga masih peduli dan terus memantau keberadaan dan kelangsungan hidup ODGJ. Untuk kebutuhan dasarnya seperti makanan dan sandang tidak ada masalah. Rencana untuk pengobatan cukup berobat jalan saja yang saat ini dibantu oleh RW setempat untuk mengurus BPJS Kesehatannya.

Namun, jika suatu saat nantinya keluarga membutuhkan perawatan rumah sakit, keluarga akan langsung bisa berkoordinasi kembali dengan pihak RS Jiwa. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Rupiah Jumat pagi melemah 43 poin
Jumat, 01 Juli 2022 - 10:19 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi melemah 43 poin a...
BMKG prediksi cuaca Jakarta cerah pada Jumat
Jumat, 01 Juli 2022 - 09:46 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca Jakarta cerah pada Jumat...
BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia cerah berawan Jumat
Jumat, 01 Juli 2022 - 09:10 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesi...
BMKG: Musim kemarau di NTB berlangsung normal
Jumat, 01 Juli 2022 - 08:23 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, curah hujan di wilayah NTB pada das...
Menhub lantik Dirjen Perhubungan Darat dan Laut yang baru
Kamis, 30 Juni 2022 - 23:45 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan Dire...
Bahlil resmikan pabrik rokok elektrik Rp1,12 triliun di Malang
Kamis, 30 Juni 2022 - 23:33 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menghadiri peresmi...
Pemkab Bogor dukung Program Isi Piringku demi tekan angka stunting
Kamis, 30 Juni 2022 - 23:21 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mendukung Program ...
Sebanyak 80 dokter Indonesia dilatih kendalikan robot bedah jarak jauh
Kamis, 30 Juni 2022 - 22:57 WIB
Sebanyak 80 dokter ahli bedah dari RSUP Dr Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan RSUP Dr Sardjito Yogyaka...
SDN Sriwedari Surakarta hanya punya satu murid baru akibat zonasi
Kamis, 30 Juni 2022 - 21:51 WIB
SDN Sriwedari No. 197 Surakarta, Jawa Tengah hanya mempunyai satu murid baru hasil penerimaan pesert...
Pertamina sebut kode QR MyPertamina akan atasi kecurangan takaran BBM
Kamis, 30 Juni 2022 - 21:37 WIB
Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan penggunaan kode QR dari MyPertam...
InfodariAnda (IdA)