Bagaimana Sistem HR Software dapat membantu Departemen HR?
Elshinta
Selasa, 24 Mei 2022 - 16:00 WIB |
Bagaimana Sistem HR Software dapat membantu Departemen HR?
ilustrasi freepik.com

Elshinta.com - Manusia adalah sumber yang paling berharga di semua perusahaan. Baik itu sektor TI, Perbankan, Ritel, atau Asuransi, Sumber Daya Manusia merupakan sumber yang paling penting dalam proses kerja perusahaan. Meskipun komputer telah mampu menyederhanakan proses kerja sebagian besar sektor, tenaga manusia tetap saja diperlukan. Bahkan di industri yang berorientasi mesin seperti manufaktur dan produksi sekalipun. Solusi sistem HR software (HRM) dapat membantu departemen HR mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang berharga secara efektif dalam sebuah perusahaan.

Internet telah menyediakan platform bagi para kandidat yang terampil untuk menemukan peluang yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan agar karyawan mereka merasa bahagia sehingga termotivasi untuk bekerja demi perkembangan diri dan perusahaan. Hal ini akan menciptakan nilai lebih untuk karyawan dalam hal tunjangan dan juga keterampilan mereka.

Dengan menggunakan sistem penggajian, perusahaan dapat melacak rincian gaji karyawan, melakukan pencairan gaji secara tepat waktu, dan membayar pajak secara berkala. Jika sistem HRM terintegrasi dengan Sistem Akuntansi, maka prosesnya akan lebih sederhana. Perangkat lunak HRM juga dapat menangani tanggung jawab HR yang mencakup rekrutmen, induksi, pelatihan, penilaian kinerja berkala, promosi, pemindahan, dan pemeliharaan karyawan.

Sistem penggajian konvensional tidak akan sanggup membantu mengatasi masalah-masalah departemen HR tersebut. HR Information System (HRIS) yang terintegrasi merupakan anugerah bagi departemen HR, karena sistem ini bisa menangani seluruh tanggung jawab manajer HR. Jika Anda ingin mengimplementasikan software tersebut, sebaiknya Anda mengunduh skema perhitungan harga HR software terlebih dahulu, sehingga Anda dapat mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Bagaimana Sistem HR Software Dapat Membantu Departemen HR?

Perangkat lunak HRM menyimpan data karyawan termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, pelatihan, keterampilan tambahan atau pengalaman. Bila akan ada kekosongan dalam organisasi, manajer HR secara langsung dapat memeriksa data karyawan dan mencari pengganti karyawan yang kosong tersebut.

Anda dapat menggunakan fitur berbagi dokumen lewat server cloud yang ramah lingkungan dan praktis untuk mencari suatu dokumen. Sistem manajemen dokumen kami dapat menjamin atas keamanan dokumen Anda dengan enkripsi berlapis. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya pada proses rekrutmen, karyawan juga akan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan yang terus memotivasi mereka.

Sistem HR software yang efisien akan selalu memberikan notifikasi mengenai apapun, termasuk hari-hari spesial dari masing-masing karyawan. Sistem ini akan mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan perayaan ulang tahun bagi karyawan. Semua dokumen yang terkait dengan karyawan selalu tersedia untuk HR hanya dalams sekali klik.

Jika sistem HR software terhubung dengan daftar kehadiran dan catatan kerja karyawan, manajer HR dapat dengan mudah memeriksa karyawan yang mengerjakan proyek pada waktu tertentu. Manajer HR juga bisa memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mengerjakan apapun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan dicek untuk dibuat perencanaan kerja. HR dapat dengan mudah dalam memantau setiap pekerjaan karyawan sehingga dapat mengambil tindakan korektif sewaktu-waktu bila perlu.

5 Fitur HR Software yang Wajib Ada

Tugas utama departemen human resources (HR) adalah meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan tempat ia bernaung. Namun, tugas ini bukanlah hal yang mudah karena departemen HR memiliki banyak sekali melakukan tanggung jawab setiap harinya. Itulah sebabnya departemen ini butuh bantuan dari aplikasi HR yang memudahkannya mengelola karyawan perusahaan.

Untuk membantu departemen HR Anda dalam mengerjakan tugasnya, pemilihan aplikasi HR yang haruslah memiliki fitur yang lengkap. Masalahnya, dari sekian banyak HR software yang beredar di Indonesia, belum tentu semuanya memiliki fitur yang Anda butuhkan. Bisa jadi harganya murah namun punya keterbatasan fitur, atau fiturnya lengkap namun harganya selangit.

Maka dari itu, Anda harus memilih HR software terbaik untuk perusahaan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai fitur-fitur apa saja yang harus ada di aplikasi HR pilihan Anda nantinya.

Selain membahas fitur aplikasi HR dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian software ERP dengan lebih detail, lengkap dengan sejarah singkat, jenis, kegunaan bagi bisnis Anda, serta skema perhitungan agar Anda mendapatkan gambaran harganya. Berikut ini lima fitur pilihan dari kami:

  1. Manajemen Waktu dan Kehadiran

Bukan zamannya lagi di mana Anda mencatat kehadiran karyawan anda dengan kertas atau spreadsheet. Selain menyulitkan staff HR Anda saat melakukan pendataan, cara ini juga rentan dengan kecurangan. Bisa jadi karyawan yang tidak masuk menitipkan absen kepada rekannya dengan cara meniru tanda tangannya.

Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi HR yang memiliki kemampuan untuk mencatat kehadiran menggunakan sistem kehadiran biometrik atau scan sidik jari. Bukan hanya mampu meminimalisir kecurangan, namun fitur ini akan memudahkan staf HR dalam mendata kehadiran karyawan. Dengan cara ini, perhitungan gaji dan cuti juga akan menjadi lebih mudah.

  1. Manajemen Penggajian

Adalah fitur yang paling dicari saat sebuah perusahaan ingin menggunakan aplikasi HR. Buat perusahaan dengan ribuan karyawan seperti manufaktur, retail atau grosir, kehadiran aplikasi HR adalah hal yang krusial. HR software ini akan memudahkan staf HR untuk mengelola upah, tunjangan, sampai pembayaran pajak yang unik di masing-masing perusahaan.

Dengan bantuan HR software yang sudah terintegrasi, kesalahan penghitungan gaji bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan pun akan meningkat dan loyalitas kepada perusahaan pun akan bertambah. Selain itu, aplikasi HR akan memudahkan Anda menyimpan data-data penting seperti slip gaji karena semua datanya tersimpan secara online.

  1. Manajemen Pajak dan Asuransi

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Departemen Tenaga Kerja, maka sudah semestinyalah perusahaan Anda memenuhi kewajibannya. Khususnya membayar pajak penghasilan dan asuransi karyawan atau BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Bayangkan seperti apa repotnya jika setiap bulannya Anda harus menghitung ratusan pembayaran pajak penghasilan dan BPJS secara manual.

Aplikasi HR akan menghindari Anda dari kerepotan seperti ini. Semua perhitungan pajak dan asuransi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sistem akan secara otomatis memotong gaji karyawan sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

  1. Pengelolaan Klaim dan Reimbursement

Dari waktu ke waktu, perusahaan harus mengeluarkan biaya klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan. Biaya ini bisa datang dari ongkos perjalanan dinas yang dilakukan karyawan, hingga pembelian barang yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan karyawan tersebut.

Aplikasi HR yang baik haruslah memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mengajukan klaim, bukan yang justru menyulitkan mereka. Dari sisi manajemen atau departemen HR, HR software haruslah memudahkan dalam hal persetujuan atau approval. Gunakan sistem yang hanya memerlukan beberapa klik saja untuk memberikan persetujuan pada klaim dan reimbursement dari karyawan.

  1. Laporan yang Komprehensif

Seperti yang sudah di awal singgung, tugas departemen HR adalah meningkatkan kinerja karyawan. Lalu, bagaimana caranya staff Anda mengetahui seberapa jauh peningkatan yang sudah karyawan alami tanpa laporan yang lengkap mengenainya?

Maka dari itu, fitur laporan dari aplikasi HR tak boleh ketinggalan untuk hadir di software pilihan Anda. Pastikan aplikasi pilihan Anda memiliki fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan Anda untuk memantau perkembangan dari masing-masing karyawan setiap bulannya.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Keuntungan dari Sistem HR Software?

Sistem HR software akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan. Melakukan entry data setiap karyawan tentunya sangat memakan waktu dan pastinya hal ini bisa mengganggu pekerjaan departemen HR yang lainnya. Setiap karyawan juga seharusnya tidak perlu kebingungan dalam mencari informasi mengenai gaji, progress kerja, kalender kantor, daftar kehadiran, dan data mereka.

Sehingga mereka dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka masing-masing yang lebih penting. HR software secara berkala dapat meninjau data dan membuat pengaturan yang memerlukan untuk memperbaiki kondisi kerja karyawan dan keseluruhan departemen demi kemajuan perusahaan.

Lalu, Apakah HR software Dapat Bermanfaat Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM)?

Sistem HR software tidak dapat memberikan banyak manfaat bagi UKM, sebab biaya penerapannya akan sangat mahal. Apalagi hanya untuk mengurus Sumber Daya Manusia yang jumlahnya kemungkinan juga sedikit. Akan tetapi, UKM tetap dapat menikmati HR software berbasis Cloud dengan memanfaatkan SaaS, IaaS, atau PaaS sebagai pengganti untuk solusi perangkat lunak HRM.

Jadi, implementasi ERP berbasis Cloud merupakan solusi terbaik bagi UKM, karena mereka tidak perlu berinvestasi untuk infrastruktur, implementasi, atau platform-nya. UKM hanya perlu berlangganan solusi ERP berbasis Cloud melalui Talenta by Mekari yang merupakan penyedia software ERP terbaik yang cocok dengan bisnis mereka.

Kesimpulan

Memilih aplikasi HR yang tepat bisa dibilang susah-susah gampang. Mudah karena ada banyak sekali pilihan software yang tersedia di Indonesia. Namun, tak mesti semua software ini sudah pasti cocok untuk perusahaan Anda.

Gunakan HR software terbaik yang memiliki fitur terlengkap untuk Anda untuk memudahkan dalam pengembangan bisnis Anda. Dapatkan demo gratis serta konsultasi dengan tim kami untuk keterangan lebih lanjut mengenai aplikasi HR milik Talenta by Mekari.

Talenta by Mekari adalah software salah satu HR software berbasis aplikasi yang mudah digunakan dan mudah terintegrasi dengan software lainnya. Jadi anda tidak perlu melakukan perombakan sistem ulang yang membutuhkan waktu yang lama.

Talenta adalah salah satu merk HR software, yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. HR software biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat kamu akses dengan mudah di https://www.talenta.co/. Tunggu apa lagi? Yuk, pakai Talenta sekarang dan rasakan pengalaman management terbaik!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Google Maps hadirkan fitur estimasi biaya jalan tol Indonesia
Jumat, 17 Juni 2022 - 13:04 WIB
Google mengumumkan bahwa salah satu layanannya yaitu Google Maps merilis fitur baru yang akan sangat...
WhatsApp berikan tiga fitur baru panggilan suara
Jumat, 17 Juni 2022 - 12:56 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp mengumumkan tiga fitur baru untuk panggilan suara dalam grup di platf...
Bagaimana Sistem HR Software dapat membantu Departemen HR?
Selasa, 24 Mei 2022 - 16:00 WIB
Sistem HR software (HRM) dapat membantu departemen HR mengelola dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia...
Mantan Eksekutif menyesal jual WhatsApp ke Mark Zuckeberg
Jumat, 06 Mei 2022 - 15:24 WIB
Salah satu mantan petinggi di aplikasi pesan instan WhatsApp, Neeraj Arora, menyampaikan rasa sesaln...
Google Maps versi beta, bisa simpan mode transportasi favorit
Jumat, 06 Mei 2022 - 13:35 WIB
Google Maps sedang menguji fitur menyimpan mode transportasi yang disukai di aplikasi versi beta.
Pembelian Twitter oleh Elon Musk akan ditinjau oleh FTC AS
Jumat, 06 Mei 2022 - 11:46 WIB
Elon Musk akan ditinjau dengan UU Antimonopoli karena akuisisi Twitter.
Tiongkok memperketat pengawasan siaran langsung di medsos
Senin, 18 April 2022 - 15:04 WIB
Lembaga pengawas internet di Tiongkok mulai mengadakan kampanye untuk membersihkan`kekacauan` pada s...
Elon Musk buka `polling` ubah kantor Twitter jadi rumah bagi tunawisma
Senin, 11 April 2022 - 11:14 WIB
Setelah menyandang gelar sebagai pemilik saham terbesar Twitter, Elon Musk, kembali melakukan hal ny...
Snapchat hadirkan filter khusus ajak pengguna belajar bahasa isyarat
Minggu, 10 April 2022 - 17:36 WIB
Snapchat menghadirkan filter unik yang juga mengandung konten edukasi karena dari sini pengguna bisa...
Twitter konfirmasi soal tombol edit
Rabu, 06 April 2022 - 14:56 WIB
Twitter rupanya tidak bercanda ketika mengumumkan sedang membuat tombol edit bertepatan dengan April...
InfodariAnda (IdA)