Kementerian PUPR lakukan tanggap darurat pascabanjir rob di Pantura
Elshinta
Selasa, 24 Mei 2022 - 13:22 WIB |
Kementerian PUPR lakukan tanggap darurat pascabanjir rob di Pantura
Banjir rob atau kenaikan pasang air laut yang terjadi di Pantai Utara Jawa. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Elshinta.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan penanganan darurat pascabencana banjir rob di Pantai Utara Jawa atau Pantura, kata  Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

Ia mengatakan bahwa tingginya muka air laut yang mencapai +210 sentimeter mdpl (meter di atas permukaan laut) mengakibatkan sebagian wilayah Jawa Tengah bagian utara terdampak banjir rob, seperti Kota Semarang, Kota/Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Demak.

"Pasang air laut +210 cm mdpl dapat disebut ekstrem bila dibandingkan catatan pasang surut 5 tahun terakhir (2017 - 2021) dengan muka air pasang tertinggi pada kisaran +180 cm mdpl," ujar Endra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi mengatakan upaya penanganan darurat telah dilakukan tim Kementerian PUPR di daerah, salah satunya dengan menginventarisasi tanggul yang limpas dan apabila ada yang jebol selanjutnya dipasang geobag/jumbo bag sebagai tanggul sementara yang kuat menahan air.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten untuk rencana penanganan darurat serta melakukan pendataan kawasan terdampak, sekaligus mempersiapkan sarana pengendali banjir seperti pompa air dan bahan banjiran," kata Adek.

Banjir rob yang terjadi, khususnya di Kota Semarang bukan diakibatkan oleh kerusakan infrastruktur tanggul rob yang tengah dibangun, melainkan akibat tingginya air pasang. Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang mencatat data hidrologi pasang surut tinggi muka air laut pada pukul 15.00 WIB mencapai +210 cm mdpl.

"Alhamdulillah sejak tadi malam pukul 22.00 WIB, ketinggian air pada level +162 cm dpl dan sudah menunjukkan tren menurun," ujar Adek.

Berdasarkan data sementara BBWS Pemali Juana, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dampak banjir rob mengakibatkan tergenangnya Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang sekitar 30-150 sentimeter dan Sungai Meduri yang melintas di Kabupaten/Kota Pekalongan meluap hingga menggenangi beberapa permukiman warga dan jalan di Desa Tegal Dowo, Pasir Sari, Karang Jompo, Pacar, Samborejo, Meduri, Pulosari, dan Mulyorejo.

Banjir rob Pantai Utara Jawa juga berdampak di sebagian wilayah Kabupaten Demak hingga ketinggian 30-100 sentimeter seperti Jalan Raya Pantura - Demak dan permukiman warga di Pondok Raden Patah.

Dalam upaya penanganan banjir rob di Pantai Utara Jawa, Kementerian PUPR secara bertahap dan terpadu melakukan pembangunan infrastruktur pengendali banjir mulai dari hulu hingga hilir di sekitar Kota Semarang di antaranya pembangunan Bendungan Jatibarang untuk penanganan hulu dan pembangunan kanal banjir, normalisasi sungai, tanggul rob, stasiun pompa, kolam retensi, termasuk Bendung Gerak di Kanal Banjir Barat (KBB) untuk penanganan hilir.

Untuk menahan limpasan rob juga telah dibangun tanggul rob yang membentang sepanjang 2,17 km dari Kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), melingkari kawasan industri Terboyo hingga Kali Sringin. Selain itu juga sedang dilaksanakan pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak sepanjang 27 km yang direncanakan terintegrasi dengan tanggul laut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Suksesi BIAN, Pemkab Cirebon gandeng semua unsur
Jumat, 01 Juli 2022 - 22:56 WIB
Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan, menargetkan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak N...
Kota Cirebon juara I pameran investasi di Blitar
Jumat, 01 Juli 2022 - 22:48 WIB
Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon, Jawa Barat meraih juara pertama dalam agenda pameran investa...
Pemkab Kudus dapat 500 dosis vaksin untuk tangkal sebaran PMK
Jumat, 01 Juli 2022 - 22:26 WIB
Antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak di Kabupaten Kudus Jawa Te...
Jelang HUT Bhayangkara ke 76, Kapolda Sumut pimpin upacara ziarah di makam pahlawan
Jumat, 01 Juli 2022 - 21:46 WIB
Kapolda Sumut Irjen Pol. R. Z. Panca Putra S memimpin upacara ziarah rombongan dalam rangka HUT Bhay...
Gubernur Jatim terima penganugerahan pin emas dan penghargaan dari Kapolri
Jumat, 01 Juli 2022 - 21:13 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendapat penganugerahan pin emas dan piagam penghargaa...
Penindakan pelaku illegal mining di Pidie diwarnai aksi penghadangan 
Jumat, 01 Juli 2022 - 21:05 WIB
Situasi pasca penghadangan yang dilakukan warga saat penindakan terhadap pelaku illegal mining di Ja...
Wabup Subang: Momentum Harganas ke-29 untuk turunkan stunting
Jumat, 01 Juli 2022 - 20:44 WIB
Sebanyak 23 penghargaan diberikan kepada perorangan dan kelompok yang telah memberikan kinerja terba...
Pertamina imbau masyarakat tak panik dengan sistem pembelian Pertalite
Jumat, 01 Juli 2022 - 20:16 WIB
PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat tidak panik dengan sistem pembelian bahan bakar Pertalit...
Pulau Jawa punya potensi lahan kering untuk biomassa 916 ribu hektare
Jumat, 01 Juli 2022 - 19:33 WIB
Direktur Pusat Penelitian Bioenergi dan Surfaktan IPB Meika Syahbana Rusli mengatakan Pulau Jawa mem...
Lampung waspadai perubahan tren penularan COVID-19
Jumat, 01 Juli 2022 - 19:21 WIB
Pemerintah Provinsi Lampung mewaspadai perubahan tren dalam penularan COVID-19 dan mengimbau wargany...
InfodariAnda (IdA)