Pasangan suami istri dan kedua orang tua di Langkat terlibat pembunuhan berencana 
Elshinta
Selasa, 24 Mei 2022 - 10:57 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Pasangan suami istri dan kedua orang tua di Langkat terlibat pembunuhan berencana 
Sumber foto: M Salim/elshinta.com.

Elshinta.com - Polres Langkat, Sumatera Utara menggelar konferensi pers penemuan potongan tulang manusia korban pembunuhan bertempat di lapangan Bharadaksa Mapolres Langkat. Konferensi Pers dipimpin Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, diikuti Wakapolres Kompol Hendri Nupia Dinka Barus, Kasat Reskrim IPTU Luis Beltran Krisnadhita Marissing, Kasi Propam AKP Abed Nebo dan Kasi Humas IPTU Joko Sumpeno, Senin (23/5).

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok menjelaskan, dalam kasus ini diduga tersangka adalah Marwan Syahputra alias Putra (26) warga Dusun Parit Rimo Desa Jati Sari Kecamatan, Padang Tualang, kemudian Ariyanti (26) istri Marwan, Wagimin (61) ayah Marwan, alamat Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Propinsi Aceh, masuk daftar pencarian orang (DPO) dan Leginah ibu Marwan telah meninggal dunia karena sakit.

"Saat dimintai keterangan Marwan Syahputra mengakui perbuatannya menghilangkan nyawa orang lain dibantu istri ayah dan ibunya, kejadian tersebut dibulan Nopember 2018," kata Kapolres seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim, Selasa (24/5). 

Terungkapnya kasus ini seperti yang dituturkan Kapolres dimana pada hari Kamis (19/5) sekira pukul 18.30 WIB, Kapolsek Padang tualang mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seorang laki laki bernama Marwan Syahputra telah diamankan masyarakat yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap seorang laki laki (supir trevel) yang tidak diketahui identitasnya.

Kemudian Marwan Syahputra bersama istrinya bernama Ariyanti diamankan ke Polsek Padang Tualang untuk dilakukan interogasi, dari hasil interogasi laki-laki tersebut mengaku benar telah melakukan pembunuhan terhadap seorang laki-laki supir trevel yang tidak diketahui identitasnya. Adapun pengakuan laki-laki itu pembunuhan tersebut dilakukannya sekitar bulan Nopember tahun 2018.

Perbuatan tersebut diakui Marwan telah direncanakan sebelumnya dengan maksud membunuh supir travel dan membawa kabur mobil travel. Keluarga pelaku sepakat apabila berhasil akan pindah dan tinggal di Mojokerto Jawa Timur. Namun. kemudian para pelaku beserta keluarganya berangkat menuju rumah abang ipar Marwan yang berada di jalan Makmur gang Dahlia No.14 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, yang sebelumnya telah memesan mobil travel jurusan Medan Blangkejeren Aceh.

Setelah para pelaku dan keluarga dijemput oleh mobil travel yang dikemudikan oleh korban di rumah abang dari Ariyanti bernama Suminan sekira pukul 19.40 WIB, para pelaku berangkat beserta keluarganya mengendarai mobil trevel jenis Innova Reborn. Sekira pukul 00.30 WIB saat mobil melintas di Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo, ibu Marwan bernama Leginah (almarhum) berpura-pura mau muntah, sehingga supir trevel menghentikan laju mobil. 

Kemudian Ariyanti dan Leginah turun dari mobil, lalu Marwan Syahputra  menjerat leher korban dengan  seutas tali nilon dari belakang sehingga korban meronta. Kemudian Wagimin menusukkan sebilah pisau ke tubuh korban sebanyak empat tusukan. Setelah memastikan korban sudah meninggal dunia, lalu korban dibalut dengan plastik terpal dan diletakkan di bagian belakang mobil.

"Lalu Wagimin mengambil alih kemudi dan langsung melaju ke rumah pelaku di Dusun Parit Rimo Desa Jati Sari Kecamatan Padang Tualang," ujar Danu Pamungkas.

Sekira pukul 03.30 WIB, para pelaku tiba di rumah pelaku. Lalu para pelaku mengangkat mayat korban ke samping rumah pelaku. Lalu Marwan Syahputra menggali lobang sedalam 50 cm. Setelah lobang selesai digali, lalu Marwan Syahputra menyusun potongan kayu rambung (ara) di dalam lubang dan disiram dengan minyak solar lalu membakarnya.

Kemudian Wagimin dan Marwan Syahputra mengangkat mayat korban dan membuangnya ke kobaran api tersebut, dan di atas mayat ditimpah lagi dengan sampah-sampah tanaman sekitar lokasi," tambahnya.  

Sekira pukul 05.30 WIB setelah dipastikan mayat korban sudah hangus terbakar dan api mulai padam, para pelaku menutup bekas bakaran mayat tersebut dengan tanah dan sampah-sampah tumbuhan. Kini pasangan suami istri tersebut sudah diamankan di Mapolres Langkat, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kepada tersangka pelaku akan jerat Pasal 340 Subs Pasal 365 lebih subs Pasal 338 Jo Pasal 55 KUHPidana, dengan ancaman hukuman penjara selama lamanya seumur hidup atau hukuman mati," tandasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kesal, suami di Subang tega tusuk istri
Kamis, 23 Juni 2022 - 20:56 WIB
Kepala Polres Subang AKBP Sumarni mengatakan kejadian kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tersebut b...
 Polres Jepara ungkap kasus 1 kg sabu dan  5.024 butir obat terlarang
Selasa, 21 Juni 2022 - 20:57 WIB
Para periode bulan Mei-Juni 2022, Satuan Reserse Narkoba Polres Jepara, Jawa Tengah berhasil mengung...
Polresta Pontianak tangkap pengedar 1 kg sabu-sabu
Selasa, 21 Juni 2022 - 14:56 WIB
Satuan Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pontianak, Polda Kalimantan Barat menangkap seorang ...
Polres Boyolali tangkap tiga pelaku pemalsu SIM
Senin, 20 Juni 2022 - 16:15 WIB
Tiga orang tersangka pemalsu Surat Ijin Mengemudi (SIM) diamankan Satreskr TVim Polres Boyolali Jawa...
Polisi tangkap WNA asal Tiongkok yang tusuk warga di Jakarta Barat
Senin, 20 Juni 2022 - 15:12 WIB
Jajaran Polres Metro Jakarta Barat mengamankan pelaku penusukan yang dilakukan Warga Negara Asing (W...
Polres Boyolali bekuk dua tersangka curanmor lintas wilayah
Kamis, 16 Juni 2022 - 11:45 WIB
Dua  tersangka pencurian sepeda motor dan mobil bak terbuka berhasil diamankan Satreskrim polres Bo...
Polres Boyolali bongkar komplotan pencuri kendaraan bermotor
Rabu, 15 Juni 2022 - 20:44 WIB
Polres Boyolali, Jawa Tengah, membongkar komplotan pencuri kendaraan bermotor yang beroperasi di sej...
Polda Sumut bongkar kasus penipuan modus dijadikan pegawai PDAM Tirtanadi
Rabu, 15 Juni 2022 - 15:58 WIB
Subdit III Jatanras Dit Reskrimum Polda Sumut menangkap mantan pegawai PDAM Tirtanadi Medan karena m...
BNN dan Ditjen Bea dan Cukai Sumut ungkap jaringan narkoba jenis sabu
Kamis, 09 Juni 2022 - 16:11 WIB
Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Wil...
Polres Sleman usut dugaan penganiayaan seorang pria di Holywings Jogja
Minggu, 05 Juni 2022 - 13:44 WIB
Kepolisian Resor (Polres) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusut dugaan penganiayaan terhadap ...
InfodariAnda (IdA)