Menteri Perhubungan menerima gelar doktor kehormatan dari UGM
Elshinta
Senin, 23 Mei 2022 - 19:47 WIB |
Menteri Perhubungan menerima gelar doktor kehormatan dari UGM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama istri dan putrinya menyapa awak media seusai menerima gelar doctor honoris causa atau doktor kehormatan bidang transportasi di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin. (ANTARA/Luqman Hakim)

Elshinta.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima gelar doctor honoris causa atau doktor kehormatan bidang transportasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) di Balai Senat kampus itu, Senin.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan pemberian gelar doktor kehormatan kepada Budi Karya Sumadi mengacu peran dan jasa dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan di bidang transportasi dalam merajut konektivitas Nusantara.

"Beliau memberikan intervensi intelektual dalam menjalankan tugasnya sehingga menghasilkan karya yang luar biasa secara berkelanjutan," ucap Panut.

Penyerahan gelar Doktor HC tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor UGM Nomor 483/UN1.P/KPT/HUKOR/2022.

Dalam kutipan SK Rektor UGM itu disebutkan bahwa penganugerahan gelar doktor kehormatan itu mempertimbangkan jasa Budi Karya yang luar biasa dalam pelaksanaan pembangunan transportasi nasional di seluruh Indonesia sehingga menjadi bagian dalam memajukan sistem transportasi dan perekonomian bangsa.

Ketua Tim Promotor Ahmad Munawar menuturkan anugerah doktor kehormatan layak diberikan kepada Budi Karya mengingat peran pentingnya dalam menggagas konsep transportasi merajut Nusantara.

Transportasi merajut Nusantara bermakna menjalin pulau-pulau di wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan dengan transportasi sebagai alat penghubungnya.

"Melalui gagasan tersebut promovendus (Budi Karya) sebagai ahli di bidang arsitektur dan perencanaan wilayah secara aktif dan konsisten mengimplementasikan perubahan paradigma Jawa sentris menjadi Indonesia sentris," kata dia.

Dengan konsep itu, pembangunan transportasi nasional tidak boleh hanya dilakukan di Pulau Jawa saja tetapi perlu sampai pelosok Tanah Air.

Selain itu, pembangunan transportasi tidak boleh hanya melayani masyarakat maju di kota besar, pusat bisnis, pemerintahan tetapi juga harus menyentuh masyarakat tertinggal termasuk di daerah terluar, dan terdepan NKRI.

"Promovendus menyadari bahwa transportasi selalu hadir di setiap kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat sehari-hari sehingga perlu dilakukan pembangunan sistem transportasi yang menerus dan berkelanjutan guna merajut konektivitas Nusantara," ujar Munawar.

Pembangunan Tol Laut, kata dia, merupakan salah satu terobosan Budi Karya untuk meningkatkan konektivitas Nusantara sebagai jalur pelayaran bebas hambatan kapal yang menghubungkan hampir di seluruh pelabuhan di Nusantara.

Namun demikian, pembangunan Tol Laut harus diikuti dengan kemudahan konektivitas dari pelabuhan menuju ke tempat tujuan.

Menyadari hal tersebut, ungkap Munawar, Budi Karya sejak 2017 mendorong regulator dan para operator meyediakan berbagai jenis moda transportasi pendukung pada simpul Tol Laut, salah satunya adalah melakukan integrasi antarmoda untuk meningkatkan konektivitas pelabuhan Tanjung Priok dengan Stasiun Gedebage menggunakan kereta peti kemas.

"Implementasi antarmoda transportasi tersebut meningkatkan efisiensi dan memudahkan pergerakan angkutan barang atau logistik menuju tempat tujuan," kata Munawar.

Sementara itu, dalam pidatonya, Budi Karya menuturkan bahwa membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan rel, serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api, namun juga membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru.

"Salah satu tujuan pembangunan infrastruktur transportasi adalah mendukung aspek kerakyatan. Transportasi juga turut mendorong perkembangan produk UMKM dengan memberikan akses kepada pelaku UMKM, baik di bandara, pelabuhan, terminal, maupun stasiun," kata alumnus Fakultas Teknik Arsitektur UGM ini.

Bagi Budi Karya, nilai-nila UGM yang bersahaja dalam bergaul dan membuat suatu kolaborasi menjadi modal baginya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo di Kementerian Perhubungan.

"Tentu pemberian doktor honoris causa ini adalah suatu amanah kepada saya dan bukan akhir pengabdian saya kepada bangsa," kata dia.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah perpanjang PPKM luar Jawa-Bali hingga 1 Agustus
Senin, 04 Juli 2022 - 12:53 WIB
Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali akan d...
Tim SAR berhasil temukan jenazah anak yang terseret banjir
Senin, 04 Juli 2022 - 12:41 WIB
Tim SAR berhasil menemukan Adrison Ngedo anak berusia 13 tahun asal Desa Netutnana, Amanuban Selatan...
Kawasan kota di Indonesia diprakirakan hujan ringan dan disertai petir
Senin, 04 Juli 2022 - 12:30 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di sejumlah kawasan ...
 Dewan Pengawas diminta ikut majukan RSU Tidar Kota Magelang
Senin, 04 Juli 2022 - 10:07 WIB
Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz melantik Dewan Pengawas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tida...
KKP kumpulkan 1,4 ton sampah di program Bulan Cinta Laut Pacitan Jatim
Senin, 04 Juli 2022 - 08:23 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mengumpulkan hingga sebanyak 1,4 ton sampah di Pan...
Kemenhub akan menata pelabuhan di Bangka agar lebih produktif
Senin, 04 Juli 2022 - 08:11 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menata pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Bangka Belitung agar ...
Pemkab Bogor pasang jembatan darurat usai banjir bandang di Leuwiliang
Senin, 04 Juli 2022 - 00:11 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, memasang jembatan darurat berjenis bailey di Desa P...
OJK sebut 173.234 warga Sultra terdaftar berutang di pinjaman online
Minggu, 03 Juli 2022 - 23:59 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara mencatat akumulasi rekening pinjaman warga di provins...
KM Setia Makmur tenggelam di laut Arafura 15 ABK hilang
Minggu, 03 Juli 2022 - 23:45 WIB
Tim SAR gabungan, Minggu dikerahkan melakukan pencaharian terhadap KM Setia Makmur 06 yang dilaporka...
Pelajar kemah di Pantai Cijeruk Garut sepekan belum ditemukan
Minggu, 03 Juli 2022 - 23:03 WIB
Petugas gabungan masih melakukan pencarian terhadap seorang pelajar yang sudah sepekan dilaporkan hi...
InfodariAnda (IdA)