Kopassus dan Komite Terjun Payung FASI gelar Indoor Skydiving I di Indonesia
Elshinta
Senin, 23 Mei 2022 - 10:57 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Kopassus dan Komite Terjun Payung FASI gelar Indoor Skydiving I di Indonesia
Sumber foto: Aman Hasibuan/elshinta.com.

Elshinta.com - Personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bersama Komite Terjun Payung FASI menggelar kejuaraan Indoor Skydiving pertama di Indonesia dengan nama `Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022` yang berlangsung di Pusdiklatpassus, Batu Jajaran, Jawa Barat. 
 
Kejuaraan yang dilaksanakan sejak tanggal 20-22 Mei 2022, ini juga merupakan kejuaraan indoor skydiving kedua se-Asia. Penyelenggaraan event tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari Ketua Koni ,Sekjen FASI, Ketua Komite Terjun Payung FASI dan seluruh pencinta olah raga terjun payung di Tanah Air yang terdiri dari TNI, Polridan Club Terjun Payung se-Nusantara. 
 
Koordinator Umum Kejuaraan Indoor Skydiving Mayor Inf Alzaki mengatakan, total peserta yang ikut berlomba adalah 49 Tim. Hal ini melebihi ekpektasi awal yaitu hanya 37 Tim dihadapkan kepada terbatasnya waktu pelaksanaan lomba yang hanya 3 hari untuk melaksanakan lomba sebanyak 7 Babak, ungkap Koordinator Umum.
 
Ia mengungkapkan, para peserta dibagi dalam 5 kategori; yaitu 2-way FS basic-intermediate putri, 2-way FS basic-intermediate putra, 2-way FS basic-intermediate putri, 2-way FS advance; 4-way FS basic-intermediate dan, 4-way FS advance. Namun, pada akhir penutupan, panitia menambahkan 1 kategori yaitu kategori favorit. 
 
“Para peterjun berjuang memperebutkan medali, piala, sertifikat, Piagam Perhargaan, serta uang pembinaan sejumlah Rp 125,5 juta,” kata Mayor Inf Alzaki.
 
Ia menambahkan, walaupun hasil secara umum didominasi oleh para peterjun Kopassus, Brigif-18 Para Raider/Trisula Kostraddan Kopasgat, namun kemenangan bukanlah menjadi tujuan utama. Para peserta sangat antusias dan ceria dapat berkumpul dalam event yang menantang setelah beberapa tahun menhadapi penyebaran Covid 19.
 
Sementara itu Ketua Komite Terjun Payung FASI, Irfan menyampaikan walaupun pertandingan indoor skydiving  pertama di Indonesia, namun pelaksanaan Kopassus 1st Indoor Skydiving Championship dinilai melibihi ekpektasi kami. 

“Event terjun payung nasional dan internasional, acara ini adalahyang paling meriah. Beliau berani untuk menyelenggarakan event Internasional, jika metode dan proses pelaksanaannya seperti ini,” ungkap Irfan seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan, Senin (23/5). 
 
Ditempat yang sama Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya event ini. “Event ini telah mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu memeriahkan HUT Kopassus ke-70, mensosialisasikan Olah Raga Indoor Skydiving, serta meningkatkan kemampuan atlet-atlet Formation SkydiveIndonesia, serta menemukan bibit-bibit baru,”ujarnya.
 
Danjen Kopassus mengaku sangat terkesan dengan adanya peserta 2-way FS yang baru berumur 8 tahun.  Acara yang cukup meriah ini didukung oleh beberapa sponsor. Diantaranya pihak yang menjadi sponsor adalah PT. Artha Graha Network (Grup) dan PT. Petrosea TBK.Acara ini juga disponsori oleh PT. Telkomsel dan PT. Abyro Multitekno Cemerlang, dan didukung oleh Cartenz Tactical, PT. Dell Sapphire International, PT. IndonesiaAsahan Alumunium dan Bank Negara Indonesia.
 
“Event ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kopassus yang ke 70, rasa bangga dan cinta terhadap Kopassus tidak hanya dirasakan oleh prajurit Kopassus itu sendiri,  namun dirasakan juga oleh semua warga negara Indonesia sesuai dengan motto HUT Kopassus ke 70 yaitu “KOPASSUS KU, KOPASSUS KITA, KOPASSUS INDONESIA” ungkap Danjen Kopassus.
 
Perlombaan yang berlangsung selama tiga hari tersebut ditutup pada tanggal 22 Mei 2022. Kegiatan penutupan dihadiri oleh Para Pejabat KONI, FASI dan Komite Terjun Payung FASI Pusat sampai daerah dan sejumlah pejabatn TNI AD, TNI AU, TNI AL maupun musipida daerah setempat.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sandiaga dan atlet renang akui sensasi beda ikut Oceanman 2022 di Bali
Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:59 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga S. Uno dan atlet renang nasional Gl...
461 perenang dari 14 negara ikut kompetisi Oceanman 2022 di Jimbaran
Sabtu, 02 Juli 2022 - 16:49 WIB
Total 461 perenang dari 14 negara di antaranya Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Vietnam, Ukra...
Kejuaraan bola voli HUT Bhayangkara ajang pencarian bibit paska pandemi
Jumat, 01 Juli 2022 - 20:56 WIB
Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76, Polres Kudus  Jawa Tengah mengelar kegiatan kejuaraan bola vol...
KORMI: Olahraga rekreasi mesti berkontribusi sehatkan warga Kota Palu
Jumat, 01 Juli 2022 - 19:45 WIB
Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Palu berupaya menjadikan olahraga rekreas...
Pemanjat tebing Kiromal Katibin kembali pertajam rekor dunia di Swiss
Jumat, 01 Juli 2022 - 16:03 WIB
Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin kembali mempertajam rekor dunia dengan catatan waktu 5...
BRDC cabut keanggotaan kehormatan Piquet menyusul komentar rasis
Jumat, 01 Juli 2022 - 06:39 WIB
British Racing Drivers\'s Club pada Kamis menangguhkan keanggotaan kehormatan dari juara dunia Formu...
Indonesia incar 105 emas demi juara umum ASEAN Para Games 2022
Rabu, 29 Juni 2022 - 08:15 WIB
Kontingen Indonesia mengincar 105 medali emas demi mencapai target juara umum ASEAN Para Games 2022 ...
Pussenarhanud Kodiklatad gelar `Fun Bike dan Track Race Danpussenarhanud Cup 2022`
Selasa, 28 Juni 2022 - 11:06 WIB
Kegembiraan pasca pandemi Covid-19 begitu dirasakan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kota Cimahi...
Indonesia sudah siap menggelar FIBA Asia Cup 2022
Senin, 27 Juni 2022 - 22:59 WIB
Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 yang akan diselenggarakan di Istora Gelor...
Perpani Bandarlampung gelar Kejuaraan Panahan Sirkuit 2
Senin, 27 Juni 2022 - 07:55 WIB
Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bandarlampung akan menggelar Keju...
InfodariAnda (IdA)