Peserta kaum millenial dominasi pendidikan politik di Meurah Mulia
Elshinta
Minggu, 22 Mei 2022 - 19:47 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Peserta kaum millenial dominasi pendidikan politik di Meurah Mulia
Sumber foto: Hamdani/elshinta.com.

Elshinta.com - Kaum millenial mendominasi pendidikan politik dalam menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024. Minat akan pendidikan politik sangat tinggi dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 

Partisipasi masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2024 sangat penting dalam pemilihan umum, dalam proses memilih anggota legislatif, eksekutif dan presiden, dikarenakan masyarakat memiliki andil yang cukup besar dalam proses pemilihan umum dimana masyarakat sebagai pemilih yang menentukan dalam proses pemilihan umum. Kegiatan berlangsung di Kecamatan Meurah Mulia seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Hamdani, Minggu (22/5). 

Acara tersebut dihadiri kaula muda, keterwakilan perempuan dan tokoh masyarakat, Camat Meurah Mulia, Andry Parayuda dan diisi narasumber Ketua KIP, Zulfikar, Kabid Program Bappeda, Fatimah dan Kesbangpol, Saifuddin. 

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Utara, Muhammad Zulfadli, S mengatakan, peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting.

"Partisipasi bertujuan mendorong aktif kegiatan demokrasi untuk semua proses kepemiluan. Kepentingan fokus partisipasi menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa," ujarnya. 

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), semakin memperkuat tatanan demokrasi dalam sebuah negara. Dalam berdemokrasi, keterlibatan masyarakat dalam setiap penyelenggaraan yang dilakukan negara adalah sebuah keniscayaan.

"Masyarakat menjadi faktor yang sangat penting dalam tatanan demokrasi, karena demokrasi yang mendasarkan pada logika persamaan dan gagasan bahwa pemerintah memerlukan persetujuan dari yang diperintah. Untuk itu, penyelenggaraan pemilu sebagai sarana dalam pelaksanaan," katanya.

Kabid Kesbang dan Demokrasi, Saifuddin dalam pemaparannya juga menjelaskan, peran masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas demokrasi yakni pilar penggerak, pengawalan jalannya reformasi pembangunan, aktor untuk terwujudnya demokrasi politik yang diharapkan sesuai dengan way of life bangsa, inspirasi dan oposisi. 

Ia juga mengatakan peran pers memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi (sosialisasi) mengenai proses dan ketentuan Pemilu, kinerja peserta pemilu, serta hak dan kewajiban pemilih. 

"Melalui peran pers ikut aktif melakukan pendidikan politik, yaitu membantu masyarakat menentukan pilihan politik mereka. Selain itu, pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan pemilu, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran pemilih hingga penghitungan suara," tandasnya. 

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar mengatakan langkah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan meningkat yang pertama (1) pendidikan Pemilih yakni yang memenuhi syarat memilih seperti umur 17 tahun masuk dalam DPT, yang kedua (2) Sosialisasi yakni tahapan pemilu. 

Untuk tahun 2024 ada dua momentum besar Pemilu, memilih legislatif DPR, DPRD, DPRA dan Presiden dan yang kedua Pemilihan Kepala Daerah, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota tanggal 27 November 2024.

"Pastisipasi turut berperan serta dalam pemilu, pasti ini dilihat faktor utama adalah ketika masyarakat butuh informasi ketika metodenya berbeda, proses sosialisasi dan peningkatan pemilih adalah masif kepada masyarakat, demokrasi merupakan aspek penting," ujarnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ridwan Kamil berhaji, Uu Ruzhanul Ulum jadi Plh. Gubernur Jawa Barat
Senin, 04 Juli 2022 - 17:24 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengemban jabatan sebagai pelaksana harian atau Plh. Gube...
Aksi `JogjaNandur` PDIP Kota Yogyakarta diapresiasi warga
Senin, 04 Juli 2022 - 15:55 WIB
Gerakan menanam pohon `jogjanandur` yang telah berjalan sejak 2010 sampai sekarang mendapat apresias...
Airlangga: Tidak ada pembicaraan kursi Menpan RB dengan koalisi
Senin, 04 Juli 2022 - 15:34 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan tidak ada pembicaraan mengenai kekosongan kur...
Ulama dan ribuan santri gelar istighosah dan Selawat Akbar, doakan GP 2024
Senin, 04 Juli 2022 - 15:04 WIB
Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar, Gus Nahib Sodik beserta pengurus pondok pesantren hadir dalam gelaran...
Pelatihan hidroponik dan pagelaran seni di Binjai, warnai Deklarasi Sandiaga Uno
Senin, 04 Juli 2022 - 14:23 WIB
Ratusan masyarakat dan millenial mendeklarasikan Menparekraf Sandiaga Uno untuk maju menjadi calon p...
Menkopolhukam sebut Presiden sudah kantongi nama untuk menpan RB
Senin, 04 Juli 2022 - 13:57 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan Presid...
Sobat Erick roadshow dan aksi sosial di Jawa Timur 
Senin, 04 Juli 2022 - 13:48 WIB
Relawan Sobat Erick melakukan roadshow di Jawa Timur untuk mengenalkan sosok Menteri BUMN Erick Thoh...
Hadapi Pemilu 2024, PAN, PPP dan Golkar Subang gelar konsolidasi
Senin, 04 Juli 2022 - 13:35 WIB
Pelaksanakan rapat kerja daerah (Rakerda) untuk pemantapan dalam menghadapi Pemilu tahun 2024 digela...
Wantim fokuskan pemenangan Golkar di Pemilu 2024
Senin, 04 Juli 2022 - 10:46 WIB
Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Syahrul M Pasaribu siap t...
Ketua DPR RI imbau masyarakat untuk tetap terapkan prokes
Minggu, 03 Juli 2022 - 14:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengantisipasi dan menerapkan pro...
InfodariAnda (IdA)