Sebarkan pesan persatuan lewat musik, Haddad Alwi prakarsai gerakan nasional #IndonesiaSerasi
Elshinta
Kamis, 19 Mei 2022 - 20:35 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Sebarkan pesan persatuan lewat musik, Haddad Alwi prakarsai gerakan nasional #IndonesiaSerasi
Sumber foto: Asep Rosidin/elshinta.com.

Elshinta.com - Gerakan #IndonesiaSerasi beberapa tahun belakangan ini mencermati adanya benih-benih konflik yang bersumber dari perbedaan politik, agama, budaya, ras dan suku. Benih-benih itu tumbuh menjadi permusuhan dan kebencian diantara warga negara dan anak bangsa. Sikap intoleransi kerap terjadi di sosial media, linimasa medsos dibanjiri hinaan dan cacian dalam bentuk verbal maupun tulisan. Bahkan perilaku kasar dan kekerasan fisik juga marak terjadi di ruang-ruang publik. 

Menyikapi maraknya sikap dan tindakan intoleransi, sejumlah tokoh dan selebritas membuat gerakan sosial dengan tagar #IndonesiaSerasi. Gerakan berskala nasional itu bertujuan untuk menanamkan kelembutan hati dan moderasi, agar setiap warga negara dapat menerima perbedaan agama dan keragaman budaya.

Haddad Alwi Assegaf selaku pemrakarsa Indonesia Serasi memastikan gerakan dengan tagar #IndonesiaSerasi bersifat independen, lintas suku, agama, ras dan golongan.

“Serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun," kata Haddad Alwi Assegaf saat konferensi pers virtual, Kamis (19/5).

Konferensi pers turut dihadiri beberapa tokoh seperti Alissa Wahid, Ahmad Najib Burhani, Seto Mulyadi alias Kak Seto, Addie MS, dan lainnya.

Gerakan Indonesia Serasi memilih musik sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan indahnya keberagaman. karena musik menghasilan pesan universal yang bisa diterima oleh setiap lapisan masyarakat. 

“Untuk itu sudah disiapkan sejumlah lagu yang akan diviralkan satu demi satuselama sekurangnya setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya,” tutur Haddad Alwi Assegaf seperti dilaporkan Reporter Asep Rosidin. 

Sebagai pembuka, pada 2 April 2022 yang lalu telah dirilis lagu pertama berjudul Indonesia Serasi yang dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A. Lagu ini diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai. 

Penggunaan lagu-lagu daerah itu selain dimaksudkan untuk memopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia, juga dimaksudkan sebagai simbol persatuan seluruh budaya Indonesia dalam bingkai NKRI.

Gerakan #IndonesiaSerasi didukung oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dan sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani. 

Kemudian ada juga dukungan dari sejumlah tokoh agama hingga artis-artis Indonesia, seperti Ustadz Das’ad Latief, Habib Husein Ja’far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain. 

Untuk lebih menggaungkan #IndonesiaSerasi, kedepannya gerakan ini juga akan melibatkan ribuan remaja dan pemuda Indonesia. Para generasi muda  diikutsertakan untuk menyanyikan lagu-lagu nasional sekaligus terlibat dalam penggarapan music video. Kreatifitas yang dibuat oleh generasi muda tersebut nantinya akan diunggah di akun media sosial mereka masing-masing untuk memperebutkan hadiah-hadiah menarik yang akan diberikan kepada mereka yang karyanya dinilai paling bagus.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
J-Hope BTS rilis lagu `More` pekan ini
Selasa, 28 Juni 2022 - 10:22 WIB
Agensi Big Hit Music mengumumkan rapper dari grup K-Pop BTS, J-Hope, akan merilis sebuah lagu berj...
J-Hope BTS rilis lagu `More`  pekan ini
Selasa, 28 Juni 2022 - 07:01 WIB
Agensi Big Hit Music mengumumkan rapper dari grup K-Pop BTS, J-Hope, akan merilis sebuah lagu berj...
Jim Brickman gandeng Rossa pada konser di Jakarta mendatang
Senin, 27 Juni 2022 - 11:19 WIB
Rossa dipastikan akan tampil duet dengan Jim Brickman dalam konser bertajuk `Jim Brickman Live in Ja...
Taylor Swift rilis single terbaru berjudul `Carolina`
Minggu, 26 Juni 2022 - 17:36 WIB
Taylor Swift merilis lagu terbarunya yang berjudul `Carolina` yang diangkat dari kisah novel karya D...
Charlie Puth dan Jungkook BTS puncaki tangga lagu iTunes di 93 negara
Minggu, 26 Juni 2022 - 08:15 WIB
Dalam waktu yang singkat, lagu kolaborasi musisi Charlie Puth dan Jungkook dari BTS yang bertajuk `L...
Rich Brian dan Niki Zefanya batal tampil pada puncak HUT DKI di JIS
Jumat, 24 Juni 2022 - 10:22 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta batal menghadirkan penyanyi Indonesia yang berkarir di Amerika Serik...
VIVIZ siap rilis mini album kedua bulan depan
Kamis, 23 Juni 2022 - 09:34 WIB
Agensi Big Planet Made mengumumkan bahwa grup K-Pop VIVIZ akan merilis mini album kedua bertajuk `Su...
Kep1er tampilkan atmosfer lebih segar di album mini kedua
Selasa, 21 Juni 2022 - 09:56 WIB
Grup K-pop Kep1er pada Senin (19/6) waktu setempat meluncurkan mini album (EP) keduanya berjudul “...
Album `Proof` dari BTS debut di peringkat satu Billboard 200
Senin, 20 Juni 2022 - 09:58 WIB
Album baru BTS yang bertajuk `Proof` sukses menduduki posisi pertama tangga (chart) album utama Bil...
Agensi umumkan MAMAMOO akan comeback dengan album baru dan konser
Senin, 20 Juni 2022 - 09:46 WIB
MAMAMOO dikonfirmasi sedang bersiap untuk comeback dengan album full-group.
InfodariAnda (IdA)