Undip wisuda 1.504 mahasiswa secara luring
Elshinta
Rabu, 18 Mei 2022 - 11:34 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Undip wisuda 1.504 mahasiswa secara luring
Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

Elshinta.com - Untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19 mewabah, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melaksanakan Upacara Wisuda yang ke-166 secara luring, yang dilaksanakan dalam 8 tahap selama 4 hari yakni dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 20 Mei 2022 dengan 2 tahapan pelaksanaan setiap harinya, dan diikuti 1.504 wisudawan.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang secara resmi berhak menyandang gelar barunya. 

“Mengawali wisuda ini saya selaku rektor mengucapkan selamat kepada saudara saudari yang baru saja diwisuda periode ke-166 baik sebagai Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana, Diploma 3, dan Diploma 4, dengan doa semoga saudara sukses dan tercapai apa yang dicita-citakan baik dunia maupun akherat,” ungkapnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Rabu (18/5). 
 
Ia menambahkan bahwa para wisudawan Undip harus bangga dan harus tetap bersyukur telah menempuh pendidikan di Undip. Karena saat ini sudah ada puluhan Program Studi di Undip yang sudah terakreditasi institusi Internasional baik oleh ABEST, IABEE, ASIIN, FIBAA dan Universitasnya sudah terakreditasi A. 

Selain itu, berbagai prestasi juga telah Undip capai, diantaranya rangking 1 Nasional Universitas terbaik Versi QS yang alumninya paling cepat mendapat pekerjaan, ranking 2 Nasional dan 30 Dunia Universitas terbaik versi Greenmetric pada tahun 2020 dan 2021, ranking 2 Universitas PTNBH Terbaik 2020 - 2021 versi Kementerian Pendidikan dan kebudayan Ristek, serta  masuk 5 besar Universitas terfavorit dalam SNMPTN tahun 2019, 2020, 2021, 2022.

Yos berpesan kepada para wisudawan agar terus menanamkan integritas dan keikhlasan. Dengan integritas, wisudawan diharapkan berkompetisi di dunia dengan cara-cara yang ksatria dan beretika. 

"Integritas juga bermakna ikhlas, artinya segala tindakan, perbuatan, ucapan kita, bukan semata untuk kepentingan pribadi kita, akan tetapi tujuan utamanya justru untuk membahagiakan orang lain sebesar mungkin," ungkapnya.

“Mahkota terindah kita yang menjadi kebanggaan kita bukanlah gelar, jabatan, kekayaan, kedudukan, tetapi senyum bahagia orang lain yang kita layani dengan profesi kita. Seharusnya kita senang melihat orang lain gembira dan sedih melihat orang lain susah," sambungnya.

Selain itu, wisudawan diharapkan terus tingkatkan kualitas dan terus berinovasi dalam segala hal baik urusan dunia maupun akherat. "Oleh karenanya selepas saudara dari pintu gedung ini nyalakan dan kobarkan dalam hati saudara untuk selalu meningkatkan kualitas pengabdian saudara di medan manapun, jadikan setiap hari dengan semangat, berlomba dalam kebaikan untuk mencapai kualitas yang semakin-baik," ucap Yos.

“Untuk meningkatkan kualitas ini, Undip memberikan kesempatan kepada fresh graduate kecuali PPDS bisa melanjutkan studi lanjut di Undip dengan uang kuliah sebesar apa yang dibayar saat kuliah S1 atau D4 atau D3, juga untuk yang S2 mau ke S3. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Upayakan untuk selalu berusaha membangun dan menghadirkan inovasi-inovasi sekecil apapun dalam setiap langkah kita, agar kehidupan semakin lebih baik. Seperti nasihat Ki Hadjar Dewantara: Niteni, Nirokke, Nambahi, Nemokke, dan itu semua bisa kita lakukan saat ini dan dari diri  sendiri,” sambungnya.

Lebih lanjut Yos menambahkan para wisudawan harus selalu mencintai tanah air dan patuh terhadap hukum. Sebagai warga negara NKRI, mematuhi hukum yang berlaku adalah wujud sebagai cinta terhadap bangsa. “Biduk besar negeri ini akan bisa  sampai ke gerbang negeri Baldatun Thoyyibatun wa rabbhun ghaffur, hanya jika kita mencintai negeri, saling toleransi, saling menyayangi sesama bangsa kita ini dengan mematuhi hukum-hukumnya,” ungkap Yos.

Di samping itu, di tengah-tengah perubahan zaman dengan revolusi industri 4.0 ini mengakibatkan banyak hambatan dan bahkan semakin sulit menemukan lapangan pekerjaan. Wisudawan Undip diharapkan tidak mudah menyerah. 

"Kita bangsa pejuang tak boleh menyerah dengan kerasnya jaman, dibanting, hancur bangun lagi, dibanting, hancur, bangun lagi, serbu serang terjang, Insya Allah alumni Undip selalu menjadi pemenang dalam kancahnya dunia," ujarnya.

Sementara Kepala Sekretariat dan Protokol Undip Agus Suherman menjelaskan acara wisuda kali juga dihadiri oleh Ketua Senat Akademik, Ketua Majelis Wali Amanat, Para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas/Sekolah, dan jajaran Pejabat di lingkungan Undip.

Upacara wisuda yang bertempat di Gedung Prof. Soedarto kampus Undip Tembalang, upacara wisuda ini diikuti oleh sebanyak 1.504 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 25 orang, Magister 197 orang, Spesialis 50 orang, Profesi 56 orang, Sarjana 1.097 orang, Sarjana Terapan 17 orang, dan Diploma sebanyak 62 orang. 

“Sehingga jumlah lulusan Undip saat ini sudah mencapai 239.310 orang. Selain itu, pada wisuda kali ini terdapat 702 orang atau 46.68% diantaranya berpredikat Cumlaude”, ungkapnya.

“Sebelumnya, Ketua Senat Akademik Edy Rianto membuka sidang terbuka Senat Akademik Universitas Diponegoro dengan acara Upacara Wisuda ke-166 Tahun 2022”, jelas Agus. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
50 kepala sekolah SD hingga SMP se-Malangraya ikuti `PointStar for Education`
Senin, 27 Juni 2022 - 19:58 WIB
Guna mengikuti perkembangan jaman dan teknologi serta pengkajian ulang dalam Rencana Undang-Undang (...
Pemkot Surabaya wujudkan pendidikan gratis pelajar SMA keluarga MBR
Senin, 27 Juni 2022 - 10:57 WIB
Pemerintah Kota Surabaya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mewujudkan biaya pendid...
Satgas Tangerang ingatkan sekolah perketat prokes selama PTM
Minggu, 26 Juni 2022 - 22:57 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten me...
Akademisi nilai SMK Jayawijaya sudah merdeka belajar
Minggu, 26 Juni 2022 - 22:43 WIB
Akademisi asal Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Marthen Medlama menilai sekolah menegah kejuruan...
UB Malang kukuhkan Menteri Siti Nurbaya sebagai profesor
Minggu, 26 Juni 2022 - 20:56 WIB
Universitas Brawijaya kembali menambah profesor baru. Melalui Fakultas Pertanian, Senat Akademik Uni...
Wisuda UM digelar luring, dua calon wisudawan meninggal dunia
Minggu, 26 Juni 2022 - 17:14 WIB
Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar Wisuda ke 112. Yang menarik pada wisuda kali ini di...
Hadir di Majalengka, Syekh Ahmad Al Misry beri pesan untuk santri Daarul Uluum PUI 
Kamis, 23 Juni 2022 - 22:06 WIB
Kehadiran Syekh asal Mesir yang fasih berbahasa Indonesia ini secara khusus datang atas undangan sal...
25 tenant ikuti PKPBL SMKN 4 Malang 
Kamis, 23 Juni 2022 - 21:55 WIB
Setelah sempat vakum selama 2 tahun SMKN 4 Kota Malang, Jawa Timur menggelar Pameran Gelar Karya  P...
Pastikan tak ada kendala, Bupati Kudus pantau langsung pelaksanaan PPDB
Kamis, 23 Juni 2022 - 20:37 WIB
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mulai dilaksanakan d...
192.810 orang peserta SBMPTN dinyatakan lulus
Kamis, 23 Juni 2022 - 14:23 WIB
Sebanyak 192.810 orang peserta atau sebesar 24 persen dari total 800.852 orang peserta yang mendafta...
InfodariAnda (IdA)