Fokus China, Biden buat komitmen 150 juta dolar untuk pemimpin ASEAN
Elshinta
Jumat, 13 Mei 2022 - 13:49 WIB |
Fokus China, Biden buat komitmen 150 juta dolar untuk pemimpin ASEAN
Foto Dokumen: Seorang pekerja menyesuaikan bendera ASEAN di aula pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia, 28 Oktober 2021. ANTARA/REUTERS/Lim Huey Teng

Elshinta.com - Presiden AS Joe Biden membuka pertemuan para pemimpin Asia Tenggara dengan janji untuk menghabiskan 150 juta dolar buat infrastruktur, keamanan, kesiapsiagaan pandemi, dan upaya lain yang bertujuan melawan pengaruh saingannya China.

Pada Kamis (12/5/2022), Biden memulai pertemuan puncak dua hari dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Washington dengan makan malam untuk para pemimpin di Gedung Putih menjelang pembicaraan di Departemen Luar Negeri pada Jumat.

Biden tersenyum lebar saat berfoto bersama di South Lawn Gedung Putih sebelum makan malam bersama perwakilan dari Brunei, Indonesia, Kamboja, Singapura, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Sementara invasi Rusia ke Ukraina ada dalam agenda, pemerintahan Biden berharap upaya itu akan menunjukkan kepada negara-negara bahwa Washington tetap fokus pada Indo-Pasifik dan tantangan jangka panjang China, yang dipandangnya sebagai pesaing utama negara itu.

Pada November saja, China menjanjikan bantuan pembangunan senilai 1,5 miliar dolar AS kepada negara-negara ASEAN selama tiga tahun untuk memerangi COVID dan mendorong pemulihan ekonomi.

"Kami perlu meningkatkan permainan kami di Asia Tenggara," kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada wartawan. "Kami tidak meminta negara-negara untuk membuat pilihan antara Amerika Serikat dan China. Namun, kami ingin menjelaskan bahwa Amerika Serikat mencari hubungan yang lebih kuat."

Komitmen keuangan baru tersebut mencakup investasi senilai 40 juta dolar dalam infrastruktur yang dimaksudkan untuk membantu dekarbonisasi pasokan listrik kawasan dan 60 juta dolar dalam keamanan maritim, serta sekitar 15 juta dolar dalam pendanaan kesehatan untuk membantu deteksi dini COVID-19 dan pandemi pernapasan lainnya, kata pejabat.

Pendanaan tambahan akan membantu negara-negara mengembangkan ekonomi digital dan undang-undang kecerdasan buatan.

Penjaga Pantai AS juga akan mengerahkan kapal ke wilayah tersebut untuk membantu armada lokal melawan apa yang digambarkan Washington dan negara-negara di kawasan itu sebagai penangkapan ikan ilegal China.

Namun, komitmen itu tidak ada artinya dibandingkan dengan ikatan dan pengaruh China yang dalam.

Biden sedang mengerjakan lebih banyak inisiatif, termasuk investasi infrastruktur "Bangun Kembali Dunia yang Lebih Baik" dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF). Tapi keduanya tidak ada yang final.

KTT tersebut menandai pertama kalinya para pemimpin ASEAN berkumpul sebagai sebuah kelompok di Gedung Putih dan pertemuan pertama mereka yang diselenggarakan oleh seorang presiden AS sejak 2016.

Delapan pemimpin ASEAN diperkirakan akan ambil bagian dalam pembicaraan tersebut. Pemimpin Myanmar dikeluarkan karena kudeta tahun lalu dan Filipina berada dalam transisi setelah pemilihan, meskipun Biden berbicara dengan presiden terpilih negara itu, Ferdinand Marcos Jr., pada Rabu (11/5/2022). Negara itu diwakili oleh sekretaris urusan luar negerinya di Gedung Putih.

Para pemimpin ASEAN juga mengunjungi Capitol Hill pada Kamis (12/5/2022) untuk makan siang dengan para pemimpin kongres.

Negara-negara tersebut berbagi banyak kekhawatiran dengan Washington tentang China.

Penegasan kedaulatan China atas sebagian besar Laut China Selatan telah membuatnya melawan Vietnam dan Filipina, sementara Brunei dan Malaysia juga mengklaim bagian-bagiannya.

Namun negara-negara di kawasan itu juga telah frustrasi oleh keterlambatan AS dalam merinci rencana keterlibatan ekonomi sejak mantan Presiden Donald Trump keluar dari pakta perdagangan regional pada 2017.

"AS harus mengadopsi agenda perdagangan dan investasi yang lebih aktif dengan ASEAN, yang akan menguntungkan AS secara ekonomi dan strategis," kata Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

IPEF akan diluncurkan dalam perjalanan Biden ke Jepang dan Korea Selatan minggu depan. Tetapi saat ini tidak menawarkan akses pasar yang diperluas yang didambakan negara-negara Asia, mengingat perhatian Biden untuk pekerjaan Amerika.

Analis mengatakan bahwa meskipun negara-negara ASEAN memiliki kekhawatiran yang sama dengan AS tentang China, mereka tetap berhati-hati untuk lebih berpihak pada Washington, mengingat hubungan ekonomi mereka yang dominan dengan Beijing dan insentif ekonomi AS yang terbatas.

Kao Kim Hourn, penasihat Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, mengatakan kepada Reuters bahwa negara itu tidak akan "memilih pihak" antara Washington dan Beijing meskipun investasi AS di negaranya sedang berkembang.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Terdakwa sopir truk pengangkut jasad migran Texas konsumsi narkoba
Jumat, 01 Juli 2022 - 10:08 WIB
Terdakwa pengemudi truk pengangkut puluhan migran yang tewas dalam panas terik selama penyelundupan ...
Asisten: Trump berusaha rebut setir limosin, ikut kerusuhan di Capitol
Rabu, 29 Juni 2022 - 17:07 WIB
Donald Trump berusaha merebut kemudi mobil limosin kepresidenan Amerika Serikat ketika pengawal meno...
AS tuduh lima perusahaan di China dukung militer Rusia
Rabu, 29 Juni 2022 - 11:15 WIB
Pemerintah AS pada Selasa (28/6) menuduh lima perusahaan di China mendukung militer dan basis indust...
Pejabat Fed janjikan suku bunga naik, dorong kembali ketakutan resesi
Rabu, 29 Juni 2022 - 09:03 WIB
Pembuat kebijakan Federal Reserve pada Selasa (28/6/2022) menjanjikan kenaikan suku bunga lebih lanj...
AS mungkin akan umumkan pembelian sistem pertahanan rudal bagi Ukraina
Senin, 27 Juni 2022 - 11:52 WIB
Amerika Serikat kemungkinan akan mengumumkan minggu ini pembelian sistem pertahanan rudal darat-ke-u...
Biden desak pemimpin G7 bersatu menargetkan emas, harga minyak Rusia
Senin, 27 Juni 2022 - 09:29 WIB
Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada sekutu pada Minggu (26/6/2022), `kita harus tetap bersama` m...
NASA tunjuk tiga perusahaan untuk desain sistem tenaga nuklir di bulan
Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:11 WIB
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bekerja sama dengan Departemen Energi Amerika...
IMF pangkas proyeksi ekonomi AS, melihat `jalan sempit` hindari resesi
Sabtu, 25 Juni 2022 - 09:41 WIB
Dana Moneter Internasional (IMF) pada Jumat (24/6/2022) memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi AS, ...
Tunda menyerang penembak massal, kepala polisi Uvalde dinonaktifkan
Kamis, 23 Juni 2022 - 09:58 WIB
Kepala polisi distrik sekolah yang menunda serangan terhadap pelaku penembakan massal di sebuah SD d...
NATO: Perang di Ukraina akan berlangsung lebih lama
Senin, 20 Juni 2022 - 07:31 WIB
Perang di Ukraina bisa berlangsung bertahun-tahun, kata kepala aliansi militer NATO (Pakta Pertahana...
InfodariAnda (IdA)