Apple hingga Google buat solusi masuk platfotm utama tanpa kata sandi
Elshinta
Jumat, 06 Mei 2022 - 12:04 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Apple hingga Google buat solusi masuk platfotm utama tanpa kata sandi
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Apple, Microsoft, hingga Google dalam upaya bersama membuat solusi untuk memudahkan para pengguna perangkat layanan mereka bisa memasuki platform utama tanpa menggunakan kata sandi.

Ketiga perusahaan raksasa teknologi itu akan memungkinkan pengguna bisa melakukan otentikasi tanpa kata sandi baik itu di Android, iOS, browser Chrome, Edge, hingga Safari bahkan hingga ke ekosistem desktop besutan Windows dan MacOS.

"Bekerja dengan industri untuk membangun metode masuk baru yang lebih aman yang menawarkan perlindungan yang lebih baik dan menghilangkan kerentanan kata sandi adalah inti dari komitmen kami untuk membangun produk yang menawarkan keamanan maksimum dan pengalaman pengguna yang transparan bagi semua dengan tujuan menjaga pengguna dan informasi pribadi aman,” kata Direktur Senior Pemasaran Produk Platform di Apple Kurt Knight seperti dikutip dari The Verge, Jumat (6/5).

Usaha ketiga raksasa teknologi tersebut akan dikenal dengan nama FIDO Alliance.

Nantinya proses masuk tanpa kata sandi akan memungkinkan pengguna memilih ponsel mereka sebagai perangkat otentikasi utama untuk aplikasi, situs web, dan layanan digital lainnya, seperti yang dirinci Google dalam posting blog yang diterbitkan Kamis.

Membuka kunci ponsel dengan apa pun yang ditetapkan sebagai tindakan dasar, memasukkan PIN, menggambar pola, atau menggunakan buka kunci sidik jari nantinya akan cukup untuk pengguna masuk ke layanan web tanpa perlu memasukkan kata sandi lagi.

Dengan membuat login bergantung pada perangkat fisik, idenya adalah bahwa pengguna secara bersamaan akan mendapatkan keuntungan dari kesederhanaan dan keamanan.

Tanpa kata sandi, tidak ada kewajiban untuk mengingat detail login di seluruh layanan atau membahayakan keamanan dengan menggunakan kembali kata sandi yang sama di banyak tempat.

Demikian pula, sistem tanpa kata sandi akan mempersulit peretas untuk mengkompromikan detail login dari jarak jauh karena proses masuk memerlukan akses ke perangkat fisik dan, secara teoritis, serangan phishing di mana pengguna diarahkan ke situs web palsu untuk menangkap kata sandi akan jauh lebih sulit untuk dipasang.

"Dengan kata sandi di perangkat seluler Anda, Anda dapat masuk ke aplikasi atau layanan di hampir semua perangkat, terlepas dari platform atau browser yang digunakan perangkat tersebut,” kata VP for security, compliance, identity, and privacy Microsoft Vasu Jakkal.

Fungsionalitas lintas platform dimungkinkan oleh standar yang disebut FIDO, yang menggunakan prinsip-prinsip kriptografi kunci publik untuk mengaktifkan otentikasi tanpa kata sandi dan otentikasi multi-faktor dalam berbagai konteks.

Ponsel pengguna dapat menyimpan kunci sandi unik yang sesuai dengan FIDO dan akan membagikannya dengan situs web untuk otentikasi hanya saat ponsel tidak terkunci.

Meskipun banyak aplikasi populer sudah menyertakan dukungan untuk otentikasi FIDO, proses masuk awal memerlukan penggunaan kata sandi sebelum FIDO dapat dikonfigurasi.

Artinya pengguna masih rentan terhadap serangan phishing.

Tetapi prosedur baru akan menghilangkan persyaratan awal untuk kata sandi, seperti yang dikatakan Presiden FIDO Alliance Sampath Srinivas.

“Dukungan FIDO yang diperluas yang diumumkan hari ini akan memungkinkan situs web untuk menerapkan, untuk pertama kalinya, pengalaman tanpa kata sandi ujung ke ujung dengan keamanan yang tahan phishing,” kata Srinivas.

“Ini termasuk login pertama ke situs web dan login berulang. Ketika dukungan kunci sandi tersedia di seluruh industri pada 2022 dan 2023, kami akhirnya akan memiliki platform internet untuk masa depan yang benar-benar tanpa kata sandi.” tambahnya.

Sejauh ini, Apple, Google, dan Microsoft semuanya mengatakan bahwa mereka mengharapkan kemampuan ini akan ada di seluruh platform pada 2023.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pesawat antariksa Tiongkok rekam gambar seluruh planet Mars
Rabu, 29 Juni 2022 - 15:57 WIB
Pesawat antariksa tak berawak milik China telah merekam gambar  seluruh bagian Mars, termasuk kutub...
Kominfo minta platform digital segera mendaftar
Rabu, 22 Juni 2022 - 14:52 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta penyelenggara sistem elektronik (PSE/platform digital...
Ilmuwan teliti kaitan `darah salju` dengan perubahan iklim
Selasa, 21 Juni 2022 - 19:34 WIB
Sambil berdiri di atas lereng bersalju sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut, Eric Marechal mem...
Pembangunan tower Telkomsel tak kunjung dilakukan, janji Pemda Buton ditagih
Selasa, 21 Juni 2022 - 17:05 WIB
Kepala Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode ...
Pandemi percepat transformasi digital sektor e-commerce
Selasa, 21 Juni 2022 - 16:25 WIB
Pandemi COVID-19 telah mempercepat proses transformasi digital, utamanya ri sektor perusahaan e-com...
Kominfo: Literasi digital penting cegah konten kekerasan di medsos
Kamis, 16 Juni 2022 - 10:07 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika menekankan pentingnya literasi dan kecakapan digital sebagai ...
WhatsApp kini punya fitur transfer dari Android ke iPhone
Rabu, 15 Juni 2022 - 17:18 WIB
Platform pesan instan WhatsApp kini memiliki fitur yang cukup lama ditunggu, yakni memindahkan hist...
BRIN: Saksikan `parade langit` subuh sepanjang Juni 2022
Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:10 WIB
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan sepanjang Juni 2022 masyarakat dapat menyaksikan ...
Kominfo ajak masyarakat manfaatkan internet untuk kedaulatan digital
Rabu, 08 Juni 2022 - 11:36 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengajak masyarakat memanfaatkan tek...
Final Hackathon Sahabat Ganjar stimulan mahasiswa dukung Indonesia `melek` teknologi
Sabtu, 28 Mei 2022 - 17:11 WIB
Event Hackathon 2022 yang digelar Sahabat Ganjar memasuki babak final. Kegiatan Final Lomba Hackatho...
InfodariAnda (IdA)