OJK dorong digitalisasi UMK di Tanah Minang lewat Maju Berkah Basamo UMKM Sumbar
Elshinta
Selasa, 12 April 2022 - 14:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
OJK dorong digitalisasi UMK di Tanah Minang lewat Maju Berkah Basamo UMKM Sumbar
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Awal Ramadan 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapat kepercayaan sebagai movement manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Provinsi Sumatera Barat. Rangkaian kegiatan yang fokus pada upaya mendorong perekonomian melalui pengembangan keahlian digital pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta kualitas produknya ini akan segera dimulai di Bukittinggi.

Dalam upaya menggaungkan Gernas BBI di wilayah seluas lebih dari 42.000 km2 ini, OJK akan melakukan kegiatan selama tiga bulan yang dimulai dengan peluncuran program di Bukittinggi, 12 April 2022. Acara bertema Maju Berkah Basamo UMKM itu akan digelar di area pelataran Jam Gadang tersebut akan menonjolkan produk-produk unggulan dari pelaku UMKM yang sudah lolos kurasi yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu Top Brand pendukung kegiatan Gernas BBI.

“Sejalan dengan tujuan Gernas BBI, kami tidak hanya melakukan pameran dan bazaar produk dari UMKM Sumatera Barat, tapi juga mendorong kemajuan mereka dengan digitalisasi dalam mengembangkan usahanya serta mengarahkan untuk membangun KUR Klaster,” kata Ketua Dewan Komioner OJK Wimboh Santoso yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Gernas BBI dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Selasa (12/4).

OJK dalam menjalankan amanat undang-undangnya juga berkomitmen mendorong pengembangan usaha mikro kecil menengah untuk membantu upaya Pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

OJK telah mengeluarkan berbagai program untuk menyediakan pembiayaan UMKM melalui Industri Jasa Keuangan seperti Bank Wakaf Mikro, Laku Pandai, Digiku, KUR Digital, KUR Klaster, Securities Crowd Funding, pemberian alternatif pemasaran melalui UMKM-MU, dan pendirian kampus UMKM Bersama.

Rangkaian Kegiatan

Sebelumnya pada 15 – 21 November 2021, setelah ditunjuk sebagai Wakil Ketua Gernas BBI, OJK bersama Industri Jasa Keuangan (IJK) telah melakukan kegiatan kolaborasi kampanye bersama di Provinsi Sumatera Utara dengan tema UMKM Toba Vaganza.

Kegiatan itu diikuti 80 pelaku UMKM Binaan OJK dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Sumatera Utara, 20 klaster penerima pembiayaan KUR klaster kopi dan jagung, 33 perwakilan TPKAD di wilayah Sumatera Utara, IJK, Universitas Sumatera Utara dan pelaku start-up dan e-commerce. Kegiatan expo UMKM itu berhasil menjual produk UMKM unggulan dari Sumatera Utara dengan nilai transaksi lebih dari Rp500 juta.

Untuk kegiatan Maju Berkah Basamo UMKM akan digelar selama 3 (tiga) bulan di sejumlah kota di Sumatera Barat dan didukung sejumlah perbankan seperti BRI, BNI, Bank Nagari, Bank Syariah Indonesia, dan BTN hingga Juni 2022.

Setelah peluncuran di Bukittinggi, acara Maju Berkah Basamo UMKM akan melakukan pameran dan bazaar produk unggulan UMKM lokal di Payakumbuh pada Mei mendatang. Selain menonjolkan produk, OJK juga menaruh perhatian besar pada peningkatan kemampuan digital para pelaku usahanya. Pelatihan yang komprehensif sudah dipersiapkan bagi para pelaku usaha, dan tidak dipungut.

Rangkaian kegiatan BBI Sumatera Barat akan ditutup dengan acara harvesting pada Juni 2022, yang rencananya diselenggarakan di Kota Padang. Dalam acara penutupan tersebut, akan diumumkan UMKM yang menjadi champions dari Sumatera Barat. Para pelaku UMKM juara ini tentu akan mendapat penghargaan atas capaian mereka dalam memanfaatkan industri digital untuk mengembangkan usahanya di masa mendatang.  

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pelaku UMKM di Magelang terima bantuan akses internet Fixed Broadband
Jumat, 01 Juli 2022 - 23:07 WIB
Pelaku UMKM di Desa Jayuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bersuka cita, d...
Dikunjungi duta besar negara peserta G-20, Sukoharjo sodorkan tujuh UMKM unggulan
Minggu, 26 Juni 2022 - 18:45 WIB
Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah menerima tiga tamu delegasi kedutaan besar negara peserta G20. Duta...
Empat tips bagi UMKM yang ingin `go digital`
Minggu, 26 Juni 2022 - 13:28 WIB
Masuk platform digital diyakini bisa membantu usaha mikro, kecil dan menengah bertahan pada masa sul...
Tips menarik minat konsumen bagi UMKM lokal
Rabu, 22 Juni 2022 - 08:59 WIB
Bagi banyak pelaku UMKM, khususnya yang baru merintis bisnis di era digital saat ini, strategi menar...
 Wali Kota Magelang ajak pengusaha kecil manfaatkan ekosistem digital
Selasa, 21 Juni 2022 - 20:10 WIB
Sebagian pengusaha kecil mampu bertahan dan berkembang karena memanfaatkan ekosistem digital, bahkan...
MenKopUKM wujudkan program prioritas koperasi dan UMKM 
Selasa, 21 Juni 2022 - 13:35 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menggandeng berbagai pihak mulai dari kementerian...
200 UMKM di Subang ditargetkan dapat manfaat Program UMKM Juara
Selasa, 14 Juni 2022 - 19:45 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 4.000 pelaku UMKM di Jawa Barat mendapat manfaat Program ...
Produk UMKM Indonesia di #ShopeeJAVAinPARIS sukses jadi primadona
Sabtu, 11 Juni 2022 - 13:36 WIB
Joelle yang memang hobi berpelancong ke Bali, ternyata sudah sangat familiar dengan pakaian batik ...
 Tampilkan produk dalam negeri, Sumut Fashion Week 2022 digelar
Sabtu, 11 Juni 2022 - 10:06 WIB
Hafitaini Hijab menjadi salah satu peserta dalam event Sumut Fashion Week 2022 yang diselenggarakan ...
Naik 300 persen berkat Lapak Ganjar, pengusaha gerabah: `follower` Pak Ganjar jutaan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 14:05 WIB
Galeri gerabah Sani Pottery, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ramai dikunju...
InfodariAnda (IdA)