Selasa menegangkan dalam perburuan tiket putaran final Qatar 2022

Elshinta
Senin, 28 Maret 2022 - 13:19 WIB |
Selasa menegangkan dalam perburuan tiket putaran final Qatar 2022
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo saat beraksi melawan pemain Turki Zeki Celik dalam semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, 24 Maret 2022.(REUTERS/PEDRO NUNES)

Elshinta.com - Sudah 20 tim memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 yang total akan diikuti 32 tim. Tim terbaru yang lolos adalah Kanada setelah Senin pagi WIB ini merebut tiket pertama zona Amerika Utara dan Tengah (Concacaf) setelah mengalahkan Jamaika 4-0.

Selain Kanada, 19 tim lainnya yang lolos adalah tuan rumah Qatar, kemudian 10 tim Eropa meliputi Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, dan Belanda, lalu empat tim Amerika Selatan mencakup Brazil, Argentina, Ekuador dan Uruguay, dan empat wakil Asia meliputi Iran, Korea Selatan, Jepang dan Arab Saudi.

Sayang, untuk kedua kali berturut-turut Piala Dunia tak diikuti oleh Italia, padahal kurang dari satu tahun lalu juara dunia empat kali ini menjuarai Piala Eropa 2020 pertengahan tahun lalu. Gli Azzurri menyerah 0-1 di kandang sendiri kepada Makedonia Utara dalam semifinal playoff zona Eropa.

Italia bukan satu-satunya tautan yang hilang dalam Piala Dunia Qatar 2022 karena Senegal atau Mesir juga bisa senasib dengan mereka.

Situasi sama bisa menimpa Nigeria dan Kamerun, dua negara Afrika yang tersering mengikuti Piala Dunia. Pun dengan Portugal yang bisa menjadi korban berikutnya Makedonia Utara.

Semua yang disebut itu akan menentukan nasibnya Selasa esok ketika sebagian besar tiket putaran final Qatar 2022 tersisa diperebutkan.

Selasa malam sampai Rabu dini hari WIB nanti, ada tujuh laga yang menentukan tujuh jatah Piala Dunia 2022. Semuanya terjadi di Eropa dan Afrika.


ASIA
Sudah empat tim Asia lolos ke putaran final Qatar 2022. Mereka adalah Iran, Korea Selatan, Jepang dan Arab Saudi, setelah keempatnya menduduki dua teratas dari dua grup fase terakhir kualifikasi zona ini.

Qatar lolos otomatis karena menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan itu. Dan ini adalah debut Qatar dalam Piala Dunia.

Asia tinggal memperebutkan satu jatah playoff interkontinenal melawan tim Amerika Selatan, Juni mendatang.

Australia yang menduduki peringkat ketiga Grup B akan menunggu kepastian peringkat ketiga Grup A untuk menjadi lawannya dalam memperebutkan tiket playoff interkontinenal.

Uni Emirat Arab, Irak dan Lebanon berlomba finis peringkat ketiga Grup A. Ketiganya dituntut menang dalam pertandingan terakhir Selasa 29 Maret pukul 18.30 WIB dan 20.45 WIB.

Irak yang berpoin 8 menjadi tim berpeluang terbesar meraih tiket ini karena menjamu Suriah yang sudah tersisih, sebaliknya UEA yang satu poin lebih banyak daripada Irak, menghadapi pemuncak klasemen Grup A Korea Selatan yang sudah lolos.

Demikian pula dengan Lebanon yang menghadapi Iran yang telah lolos ke Qatar karena setidaknya menjadi peringkat kedua Grup A.

Pemenang pertandingan salah satu tim Grup A ini akan menghadapi Australia untuk berebut tiket playoff interkontinenal melawan peringkat kelima zona Amerika Selatan, Juni nanti, guna memperebutkan satu tempat ke putaran final Qatar 2022.


EROPA
Selasa mencekam berlanjut ke Eropa, yang bertepatan dengan Rabu dini hari WIB lusa, ketika Polandia, Swedia, Portugal, dan Makedonia Utara berebut dua dari tiga tiket tersisa zona Eropa.

Kendati bertanding di kandang sendiri Rabu pukul 01.45 WIB, Portugal tak akan mudah merebut tiket putaran final. Ini karena Makedonia Utara yang menjadi lawannya tak pernah peduli apakah harus bertanding di kandang sendiri atau di kandang lawan.

Buktinya Italia mereka gilas di depan ribuan pendukungnya sendiri di Stadion Renzo Barbera di Palermo pada 25 Maret.

Cristiano Ronaldo pun bisa kehilangan kesempatan tampil dalam Piala Dunia terakhirnya jika Portugal menjadi korban kedua Makedonia Utara. Sebaliknya, Makedonia Utara yang sudah menjadi kejutan pada Euro 2020, berpotensi melakukan debut Piala Dunia.

Tapi Portugal sudah pasti tak mau gegabah, apalagi dari dua pertemuan kedua tim sebelumnya, Portugal menang satu kali, namun seri 0-0 pada pertemuan terakhir 2012 lalu.

Piala Dunia Qatar juga bisa menjadi cuma impian belaka bagi Zlatan Ibrahimovic, jika Swedia takluk kepada tuan rumah Polandia pada jam yang sama dengan laga Portugal vs Makedonia Utara.

Ini juga pertarungan antara dua ikon sepak bola Eropa, Zlatan Ibrahimovic dari Swedia dan Robert Lewandowski dari Polandia. Tapi dalam empat pertemuan mereka sebelumnya, Swedia selalu mengalahkan Polandia, termasuk menang 3-2 pada 23 juni 2021 dalam Euro 2020.

Seharusnya Eropa mempertandingkan juga Wales melawan Skotlandia atau Ukraina, untuk memperebutkan satu tiket Eropa lainnya. Namun berhubung Ukraina tengah perang, maka semifinal playoff mereka melawan Skotlandia ditunda.

Wales ke final playoff Eropa setelah dua gol Gareth Bale membuat Austria dan bek kawakan David Alaba tak bisa mencapai putaran final Piala Dunia 2022.

AFRIKA
Sepuluh tim Afrika akan berebut lima tiket putaran final Qatar 2022 dalam leg kedua playoff zona Afrika. Semua dari 10 tim ini kecuali Kongo dan Mali, sudah pernah tampil dalam putaran final Piala Dunia.

Dua pertandingan pertama digelar tepat pukul 24.00 WIB. Keduanya adalah Nigeria versus Ghana, dan Senegal melawan Mesir.

Nigeria berpeluang mengalahkan Ghana karena berstatus tuan rumah setelah pada leg pertama di Ghana pekan lalu seri 0-0. Kedua tim sudah 10 kali saling berhadapan. Keduanya sama-sama menang tiga kali.

Sebaliknya Mesir dan Mohamed Salah hanya cukup seri ketika dijamu juara Afrika Senegal pada leg kedua nanti. Mesir memegang kendali setelah unggul 1-0 dalam leg pertama di Mesir beberapa hari lalu.

Mohamed Salah dan Sadio Mane akan kembali berhadapan untuk menentukan siapa dari kedua megabintang Liverpool ini yang tampil dalam Piala Dunia 2022.

Kedua tim sudah 8 kali bertemu dan Senegal sedikit dominan karena sudah empat kali menang, termasuk menang adu penalti 4-2 dalam final Piala Afrika 6 Februari silam. Sedangkan Mesir sudah tiga kali mengalahkan Senegal, termasuk pada leg pertama playoff Afrika 25 Maret lalu.

Dua jam kemudian pada pukul 02.30, Aljazair akan berusaha menghentikan tim Afrika paling sering dalam Piala Dunia, Kamerun.

Aljazair juga cukup memetik hasil seri karena dalam leg pertama di Kamerun menang 1-0. Laga ini akan memastikan Riyad Mahrez atau Vincent Aboubakar yang akan unjuk kemampuan di Qatar.

Aljazair dan Kamerun sudah empat kali bertemu sebelumnya, dengan sama-sama menang satu kali.

Tunisia juga hanya perlu hasil seri saat menjamu Mali setelah menang 1-0 di kandang Mali dua hari lalu. Jika lolos, maka untuk dua Piala Dunia berturut-turut Tunisia tampil dalam putaran final Piala Dunia.

Tunisia dan Mali sudah 7 kali bertemu sebelum ini, dan kedua tim sama-sama menang tiga kali.

Maroko yang seperti Tunisia sudah lima kali tampil dalam Piala Dunia, harus menang di kandang sendiri setelah seri 1-1 melawan Republik Demokratik Kongo pada leg pertama.

Kedua tim sudah empat kali bertemu dan masing-masing memenangkan satu pertandingan.

Mali dan Kongo belum pernah merasakan putaran final Piala Dunia. Mereka bisa membuat debutnya jika membalikkan peruntungan Tunisia dan Maroko.


AMERIKA SELATAN
Kemudian Rabu 30 Maret pukul 06.30 WIB, selain pertandingan melibatkan Argentina dan Brazil yang tetap menarik sekalipun keduanya sudah memastikan lolos ke Qatar, ada tiga laga penting untuk memastikan siapa yang finis urutan keempat dari zona Amerika Selatan.

Ini persaingan antara Peru, Kolombia dan Chile. Sekalipun satu sama lain dipisahkan oleh selisih satu poin, ketiganya diharuskan memenangkan laga terakhir zona ini, termasuk Peru yang mengumpulkan poin paling tinggi, 21 poin.

Peru akan menjamu Paraguay yang sudah tersisih. Di atas kertas, Peru lebih dominan karena dari 20 pertemuan dengan Paraguay sebelumnya, Peru menang 9 kali, sedangkan Paraguay enam kali.

Peru juga memenangkan empat dari lima pertemuan terakhir melawan Paraguay, termasuk adu penalti 4-3 dalam Copa America pada 2 Jul 2021.

Sedangkan Chile dijajal Uruguay yang sudah lolos ke Qatar. Kendati berstatus tuan rumah, Chile lebih inferior karena dari 17 pertemuan terdahulu dengan Uruguay, baru menang empat kali, sebaliknya Uruguay sudah 8 kali.

Terakhir kali mereka bertemu pada 21 juni 2021 dalam Copa America adalah seri 1-1.


CONCACAF dan playoff interkontinenal
Keesokan harinya pada Kamis pagi 31 Maret di Indonesia, dua pertandingan sangat menentukan terjadi di zona Concacaf, yakni Amerika Serikat versus Kosta Rika, dan Meksiko melawan El Salvador.

Amerika Serikat, Kosta Rika dan Meksiko berebut dua tiket lolos otomatis tersisa dari zona Concacaf, mendampingi Kanada.

AS cukup seri melawan Kosta Rika agar lolos ke Qatar. Jika ini terjadi, maka apa pun hasil pertandingan melawan El Salvador, Meksiko tetap melenggang ke Qatar.

Namun Kosta Rika akan sekuat tenaga untuk menang, sekalipun agak mustahil mengalahkan AS dengan skor minimal 5-0 apalagi dalam pertemuan pertama dalam kualifikasi Qatar 2022 pada 14 Oktober 2021 AS menang 2-1.

Sebaliknya, hasil seri sudah cukup memastikan Meksiko pergi ke Qatar. Tetapi Meksiko terlalu kuat untuk tamunya El Salvador. Oleh karena itu, seharusnya tak akan sulit bagi Meksiko untuk melenggang ke Qatar.

Akibatnya, laga Kosta Rika melawan AS adalah laga terakhir paling menarik dari zona Concacaf.

Kalah bagi kedua tim akan memaksa mereka tampil dalam playoff interkontinenal melawan juara Oseania pada Juni mendatang. Status juara Oseania akan diperebutkan Kepulauan Solomon dan Selandia Baru pada 31 Maret malam di Qatar.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Persebaya dapat suntikan amunisi pemain dalam `derby Suramadu`
Minggu, 14 Agustus 2022 - 11:31 WIB

Persebaya dapat suntikan amunisi pemain dalam `derby Suramadu`

Tim Persebaya Surabaya mendapat suntikan amunisi pemain saat menghadapi Madura United pada laga ber...
Ten Hag dan De Gea minta maaf telah kecewakan suporter MU
Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:31 WIB

Ten Hag dan De Gea minta maaf telah kecewakan suporter MU

Erik ten Hag menyebut kesalahan individu pemainnya menjadi biang keladi kekalahan besar Manchester U...
Carlo Ancelotti berencana pensiun usai tangani Real Madrid
Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:15 WIB

Carlo Ancelotti berencana pensiun usai tangani Real Madrid

Carlo Ancelotti telah mengumumkan rencananya untuk pensiun dari sepak bola setelah kontraknya di Rea...
Neymar dan Mbappe pimpin PSG gulung Montpellier 5-2
Minggu, 14 Agustus 2022 - 07:07 WIB

Neymar dan Mbappe pimpin PSG gulung Montpellier 5-2

Neymar melanjutkan performa luar biasanya dalam awal musim ini dengan mengemas dua gol, sementara Ky...
10 pemain Monaco imbangi Rennes 1-1
Minggu, 14 Agustus 2022 - 06:55 WIB

10 pemain Monaco imbangi Rennes 1-1

Kesalahan mengerikan yang dilakukan kiper pengganti Dogan Alemdar membuat Breel Embolo menyamakan ke...
Arema FC cetak kemenangan 2-1 atas Bali United di laga tandang
Minggu, 14 Agustus 2022 - 06:15 WIB

Arema FC cetak kemenangan 2-1 atas Bali United di laga tandang

Arema FC mencetak kemenangan 2-1 dari Bali United FC pada pertandingan ketiga Liga 1 Indonesia 2022/...
Stefano Pioli minta AC Milan waspadai Udinese
Minggu, 14 Agustus 2022 - 06:01 WIB

Stefano Pioli minta AC Milan waspadai Udinese

Pelatih AC Milan Stefano Pioli meminta timnya untuk mewaspadai Udinese ketika kedua tim bertemu pada...
Pesepak bola tewas tersambar petir saat menjalani laga persahabatan
Minggu, 14 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Pesepak bola tewas tersambar petir saat menjalani laga persahabatan

Seorang pesepak bola meninggal di tempat akibat tersambar petir saat menjalani laga persahabatan ant...
Bungkam Everton 2-1, Aston Villa raih kemenangan perdana
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 23:45 WIB

Bungkam Everton 2-1, Aston Villa raih kemenangan perdana

Aston Villa berhasil membungkam tim tamu Everton 2-1 dalam pertandingan pekan kedua Liga Premier Ing...
Xavi tegaskan Barcelona miliki target raih gelar juara musim ini
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 23:31 WIB

Xavi tegaskan Barcelona miliki target raih gelar juara musim ini

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menegaskan timnya memiliki target untuk meraih gelar juara jelang l...

InfodariAnda (IdA)