57 ribu anak di Rembang divaksin Covid-19
Elshinta
Sabtu, 22 Januari 2022 - 16:34 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
57 ribu anak di Rembang divaksin Covid-19
Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

Elshinta.com - Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah berkolaborasi dengan Susu MilkLife meluncurkan program vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Program ini merupakan implementasi atas Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021 tentang bergulirnya vaksinasi Covid-19 di kalangan anak. Selain itu, penyelenggaraan vaksinasi juga bertujuan guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat serta mendukung proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro, menuturkan kolaborasi lintas instansi dan elemen masyarakat membuat capaian vaksinasi di Rembang berada di atas anjuran pemerintah pusat. Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Rembang mencapai lebih dari 80 persen. Sementara, warga yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua berada di angka 49 persen Raihan tersebut membuat Pemkab Rembang optimistis memasang target tinggi dalam program vaksinasi anak yakni 57 ribu siswa yang berasal dari 422 sekolah dan tersebar di 14 kecamatan.

“Dengan sebaran dan target yang besar ini, kolaborasi dari berbagai pihak tentunya diperlukan agar program dapat berjalan sukses. Untuk itu, kami memberi apresiasi terhadap berbagai instansi yang bersedia terlibat, diantaranya jajaran Dinas Kesehatan dan Puskemas, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama Rembang, Polres Rembang, Kodim Rembang juga unsur swasta seperti Susu MilkLife dan Djarum Foundation serta berbagai elemen masyarakat. Semoga kerja gotong royong ini sesegera mungkin mencapai target sehingga dapat melindungi anak-anak dari bahaya Covid-19,” tutur Wakil Bupati Rembang di sela-sela peninjauan program vaksinasi anak di SDN 2 Gunungsari, Kecamatan Kaliori seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Sabtu (22/1). 

Ia melanjutkan, Pemkab Rembang menargetkan 100 persen anak menerima vaksin dosis pertama pada awal Februari 2022 sehingga para orangtua merasa anaknya lebih terlindungi ketika mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, hingga Kamis (20/1), jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama mencapai 36.500 anak atau 58 persen dari target yang diharapkan. Program vaksinasi anak usia 6 -11 tahun dimulai pada 17 Januari hingga 18 Februari 2022 untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua akan diberikan dalam rentang waktu 21 Februari hingga 25 Maret mendatang. 

Direktur Marketing PT Global Dairi Alami, Soegiono, menuturkan Susu MilkLife merasa terpanggil untuk ambil bagian dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya Covid-19. Melansir data satgas Covid-19 RI, sebanyak 13,1 persen pasien positif Covid-19 di Indonesia berasal dari kalangan anak dan remaja usia 0 - 18 tahun. Untuk itu, program vaksinasi bagi anak merupakan langkah penting guna memberikan anak-anak ‘tameng’ ketika melakukan aktivitas utamanya yakni belajar baik di rumah maupun di sekolah. Sebelum Rembang, Susu MilkLife juga turut serta dalam program vaksinasi di Subang, Jawa Barat dan juga mendukung kegiatan vaksinasi anak di berbagai sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kementerian PUPR lakukan tanggap darurat pascabanjir rob di Pantura
Selasa, 24 Mei 2022 - 13:22 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan penanganan darurat pascabencana ...
Aturan masker longgar, kantor pemerintahan dan sekolah masih diawasi  
Selasa, 24 Mei 2022 - 11:57 WIB
Satpol PP Sukoharjo, Jawa Tengah mengalihkan giat patroli dan pengawasan protokol kesehatan ke lingk...
 Raih WTP sepuluh kali berturut, Bupati Kudus: Jangan berpuas diri
Selasa, 24 Mei 2022 - 11:22 WIB
Pemerintah Kabupaten Kudus Jawa Tengah kembali meraih predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) ...
Sukoharjo terima opini WTP ketujuh dari BPK
Selasa, 24 Mei 2022 - 11:11 WIB
Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pengelola...
Kasat Lantas Polres Langkat bantu warga kurang mampu di Karang Gading
Selasa, 24 Mei 2022 - 10:45 WIB
Kasat Lantas Polres Langkat, Polda Sumatera Utara, AKP Hosea Ginting, berbagi sembako kepada sejumla...
BMKG : Dua hari kedepan wilayah NTB berpotensi diguyur hujan
Selasa, 24 Mei 2022 - 10:14 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi terjadi hujan sedang hing...
Seorang ibu selamat setelah sempat ditarik buaya ke dalam sungai
Selasa, 24 Mei 2022 - 09:39 WIB
Srimahwiyah (42) warga Gang Sepakat, Jalan Binjai Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Uta...
DPR ingatkan Kementan jangan remehkan PMK seperti awal COVID-19
Selasa, 24 Mei 2022 - 07:39 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengingatkan agar Kementerian Pertanian (Kementan) tidak m...
Sri Mulyani: RI bertanggung jawab tangkap perubahan risiko global
Selasa, 24 Mei 2022 - 07:01 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia memiliki tanggung jawab sebaga...
Sejumlah kawasan di Kaltara masih tergenang air
Selasa, 24 Mei 2022 - 06:45 WIB
Sejumlah kawasan di tiga kabupaten di Kalimantan Utara masih tergenang air akibat meluapnya beberapa...
InfodariAnda (IdA)