BMKG ingatkan Palembang waspadai hujan lebat karena tergolong ekstrem
Elshinta
Jumat, 21 Januari 2022 - 10:19 WIB |
BMKG ingatkan Palembang waspadai hujan lebat karena tergolong ekstrem
Ilustrasi - Air hujan menggenangi jalan kawasan permukiman di Sekip Bendung Palembang, Sumsel, Senin (17/1/22). ANTARA/Yudi Abdullah

Elshinta.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Palembang untuk mewaspadai hujan lebat karena kejadian sebelumnya sudah tergolong cuaca ekstrem.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Sinta Andayani di Palembang, Jumat, mengatakan, dalam dua kejadian banjir di Palembang yakni pada 25 Desember 2021 adan 17 Januari 2020 diketahui bahwa curah hujan masuk dalam kategori ekstrem berdasarkan pemantauan di stasiun SMB II.

Pada 25 Desember tertera di stasiun pemantauan SMB II bahkan curah hujan mencapai 160 mm per 24 jam. Sementara pada 17 Januari 2022 mencapai 41 mm per jam.

“Ini sudah masuk kategori ekstrem, seperti curah hujan pada 25 Desember itu sama saja dengan curah hujan rata-rata satu bulan ditumpahkan dalam satu hari,” kata dia.

Begitu juga yang tanggal 17 Januari 2022, karena jika sudah di atas 20 mm per jam maka sudah masuk kategori ekstrem.


Untuk itu, BMKG mengingatkan warga Palembang untuk waspada jika terjadi hujan lebat dengan durasi singkat berkisar 1-3 jam dan disertai petir dan angin kencang.

Kejadian ini diperkirakan pengaruh La Nina yang memberikan dampak pada peningkatan curah hujan dalam dua tahun terakhir.

BMKG memperkirakan Sumsel kini memasuki masa puncak musim hujan, yang diperkirakan pada Februari-Maret.

“Kami selalu memperbarui data cuaca di Kota Palembang dan daerah lain di Sumsel. Silakan warga mengunjungi website resmi dan laman instagram kami untuk meng-update perkembangan," kata dia.

Sementara itu, prakiraan cuaca di wilayah Sumsel pada Jumat pada pagi mengalami cerah berawan.

Pada siang hingga sore hari diperkirakan berawan dan berpotensi hujan petir di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Sementara potensi hujan ringan pada pagi hingga sore hari terjadi di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Timur, Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Banyuasin dan Palembang.

Pada malam hari diperkirakan cuaca berawan dengan berpotensi hujan petir di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Selatan, Pagaralam, Empat Lawang dan Lubuklinggau.

Pada dini hari, cuaca wilayah Sumsel diperkirakan berawan, hingga berpotensi hujan sedang di wilayah OKU, OKU Timur, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Sedangkan, potensi hujan ringan terjadi di wilayah OKI, Ogan Ilir, Prabumulih dan PALI

Suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 32 °C dengan Kelembapan Udara 60 % - 96 %.


Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 30 °C; Kelembapan Udara 65 % - 100 %.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara 0,5 – 1,25 meter, sedangkan di Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0.5 meter, cuaca diperkirakan hujan ringan dengan arah angin dari Barat Laut – Utara dengan kecepatan 6 – 30 km per jam.

Terkait perkiraan kondisi cuaca ini, BMKG memberikan peringatan dini ke warga Sumsel untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat dari siang hingga sore hari di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Sedangkan pada pada malam hingga dini hari, warga di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang untuk waspada.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Polda ungkap peran 22 warga Sulteng yang ditangkap Densus 88
Rabu, 18 Mei 2022 - 17:36 WIB
Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah mengungkap peran puluhan warga Sulawesi Tengah yang diaman...
Mbah Amir, warga Kudus yang tinggal di gubuk akhirnya dibawa ke panti sosial
Rabu, 18 Mei 2022 - 17:11 WIB
Kisah memilukan Mbah Amir (67) warga Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa...
Bahlil: Tesla akan investasi ekosistem baterai dan mobil listrik
Rabu, 18 Mei 2022 - 17:06 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Tesla ber...
Unicef gelar imunisasi bebas polio pada 2026 di Sulbar
Rabu, 18 Mei 2022 - 16:57 WIB
United Nation Children`s Fund (Unicef) menjadwalkan pelaksanaan pendampingan dan advokasi program im...
Bupati Klaten dukung kebijakan tak gunakan masker di ruang terbuka
Rabu, 18 Mei 2022 - 16:46 WIB
Bupati Klaten, Sri Mulyani menyikapi  kebijakan lepas masker di ruang terbuka yang disampaikan oleh...
Indonesia terus akselerasi peningkatan akses air dan sanitasi
Rabu, 18 Mei 2022 - 15:21 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan perluasan akses te...
Kenalkan dengan angklung, Sekjen Kominfo ajak delegasi DEWG G20 terapkan harmoni
Rabu, 18 Mei 2022 - 15:06 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menjadi Chair DEWG Presidensi G20 In...
Petani temukan dua buah mortir diduga peninggalan masa penjajahan Belanda
Rabu, 18 Mei 2022 - 13:46 WIB
Seorang petani di Aceh Tenggara menemukan dua buah mortir di pinggir sungai Desa Simpur, Dusun Titik...
Menag ke Saudi pastikan layanan jamaah haji sudah siap
Rabu, 18 Mei 2022 - 12:26 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi, Rabu dini hari untuk memastikan layanan ya...
 Viral di medsos, pengemudi mobil gunakan strobo dan sirine minta maaf
Rabu, 18 Mei 2022 - 11:12 WIB
Gerak cepat dilakukan Satlantas Polresta Malang, Jawa Timur dengan berhasil mengamankan, Muhammad H...
InfodariAnda (IdA)