Perusahaan besar di Kotawaringin Timur diminta bantu pelihara jalan
Elshinta
Minggu, 16 Januari 2022 - 22:31 WIB |
Perusahaan besar di Kotawaringin Timur diminta bantu pelihara jalan
Salah satu lokasi jalan yang dilintasi rombongan Bupati Halikinnor saat kunjungan kerja ke Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang, Sabtu (15/1/2022). ANTARA/Norjani

Elshinta.com - Bupati Kotawaringin Timur di Provinsi Kalimantan Tengah, Halikinnor meminta perusahaan besar yang ada di daerah itu untuk membantu memelihara jalan agar tetap fungsional dan nyaman dilewati.

"Kalau jalan rusak dan tidak bisa dilewati maka distribusi kebutuhan pokok ke daerah pelosok terganggu dan harganya menjadi naik, maka masyarakat kita yang semakin terbebani. Jalan juga sangat penting untuk kelancaran perekonomian," kata Halikinnor di Sampit, Ahad.

Bupati beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang, Sabtu (15/1), menghadiri undangan masyarakat Desa Tumbang Boloi yang menggelar syukuran memperingati Hari Jadi ke-69 Kabupaten Kotawaringin Timur sekaligus acara ritual membayar hajat oleh masyarakat setempat.

Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Halikinnor serta sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah. Bupati juga meluangkan waktu untuk mendengar aspirasi dari masyarakat.

Salah satu yang menjadi aspirasi masyarakat adalah peningkatan jalan karena sebagian rusak padahal sangat dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas perekonomian masyarakat.

Halikinnor mengapresiasi bantuan perusahaan besar setempat yang peduli membantu merawat jalan agar tetap fungsional atau bisa dilewati. Berdasarkan laporan Camat Telaga Antang Rusmanto, ada sembilan perusahaan besar swasta yang selama ini turut membantu memelihara jalan.

Pemerintah daerah berharap perusahaan tidak hanya ikut memanfaatkan jalan, tetapi juga ikut merawat agar jalan tetap bisa dilewati. Perusahaan bisa membantu dengan mengoperasikan alat berat mereka untuk meratakan jalan di titik-titik yang mengalami kerusakan.

Halikinnor juga menyampaikan informasi bahwa pemerintah provinsi berjanji mengucurkan dana hingga Rp650 miliar untuk peningkatan jalan dengan sistem pembiayaan tahun jamak atau tahun jamak selama tiga tahun.

Proyek peningkatan jalan itu di antaranya berada di jalan poros wilayah utara. Realisasi proyek tahun jamak tersebut nantinya diharapkan membuat jalan di wilayah utara yang meliputi Kecamatan Parenggean, Mentaya Hulu, Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu dan Bukit Santuai menjadi bagus sehingga aktivitas perekonomian masyarakat semakin lancar.

"Kita doakan mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga terlaksana sesuai harapan. Di musim pandemi COVID-19 ini terkadang anggaran bisa dipotong dan dialihkan untuk penanganan COVID-19. Mudah-mudahan saja pemotongan anggaran itu tidak terjadi lagi seiring terus melandainya penyebaran COVID-19," kata Halikinnor.

Sementara itu terkait keinginan masyarakat membuka jalan sepanjang tujuh kilometer dari Desa Tumbang Boloi menuju Tumbang Sepayang, Halikinnor meminta masyarakat membuat jalan rintisan terlebih dahulu. Selanjutnya dibuat administrasi terkait hibah lahan masyarakat untuk pembangunan jalan itu.

"Setelah itu, nanti pemerintah daerah akan meningkatkan jalannya. Masyarakat harus ikhlas tanahnya dihibahkan untuk pembangunan jalan. Jangan sampai nanti sudah dibuat jalan, ribut lagi. Ini demi kepentingan bersama," demikian Halikinnor.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemenkes: Kebijakan lepas masker sudah melalui kajian dan pengamatan
Kamis, 19 Mei 2022 - 23:47 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa pelonggaran terhadap kebijakan melepas masker di...
Mengenal Purunea, sedotan dari rumput liar asal Belitung yang mendunia
Kamis, 19 Mei 2022 - 23:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengangkat produk sedotan ramah lingku...
Menkeu: Arus kas operasional Pertamina defisit 2,44 miliar dolar AS
Kamis, 19 Mei 2022 - 23:11 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan arus kas operasional PT Pertamina mengalami defisi...
Ikuti anjuran Pemerintah, masyarakat Kabupaten Langkat sudah lepas masker
Kamis, 19 Mei 2022 - 22:12 WIB
Masyarakat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyambut baik pelonggaran penggunaan masker di luar r...
Subsidi biaya rawat pasien COVID-19 akan dihentikan secara bertahap
Kamis, 19 Mei 2022 - 22:05 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pem...
Kemendagri tekankan tiga indeks pengukuran untuk tingkatkan kinerja pemda 
Kamis, 19 Mei 2022 - 21:24 WIB
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah, Indeks Kepemimp...
Aktifitas warga di Aun- Alun Salatiga tetap pakai masker
Kamis, 19 Mei 2022 - 21:06 WIB
Pemakaian masker masih dilakukan oleh sebagian besar warga yang beraktifitas di kawasan Alun-alun Sa...
Polres Malang beri vaksin booster untuk Aremania jelang laga uji coba
Kamis, 19 Mei 2022 - 20:23 WIB
Kepolisian Resor (Polres) Malang menggelar pemberian vaksin booster atau penguat kepada ribuan pendu...
Sri Mulyani sebut akan ada kenaikan tarif listrik 3.000 VA
Kamis, 19 Mei 2022 - 20:11 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan akan ada kenaikan tarif listrik di atas 3.000 volt...
Badan Anggaran DPR setujui APBN 2022 jadi Rp3.106 triliun
Kamis, 19 Mei 2022 - 19:35 WIB
Badan Anggaran DPR menyetujui usulan pemerintah terkait revisi belanja negara pada APBN 2022 menjadi...
InfodariAnda (IdA)