Pembenahan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu
Elshinta
Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:25 WIB |
Pembenahan Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu
Presiden RI Joko Widodo menerima penjelasan dan menyimak panel Bukit 360, Sirkuit Internasional Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Elshinta.com - Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, mengatakan, pembenahan Sirkuit Mandalika telah hampir mencapai 100 persen dan tinggal penyelesaian akhir di beberapa titik sehingga ia yakin akan selesai tepat waktu.

"Jadi kesiapan Sikuit Mandalika pada umumnya sudah 100 persen di sirkuitnya sendiri," kata Hadi Tjahjanto melalui keterangan tertulis dari Kominfo yang diterima di Jakarta Jumat (14/1/2022) malam.

Menurut Hadi, pihaknya saat ini fokus mengawal penyempurnaan saluran air atau drainase di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.
 

Integrasi pembuangan air akan dilakukan antara saluran dalam dan luar sirkuit. Hal ini untuk mencegah timbulnya genangan yang sempat terjadi saat World Superbike di tempat yang sama, pada 19-20 November 2021.

Di luar sirkuit, lanjut Hadi, pembenahan dilakukan di beberapa tempat di antaranya koridor jalan Kuta di Lombok Tengah hingga Keruak di Kabupaten Lombok Timur. Pekerjaan ini dipastikan Hadi akan rampung sebelum perhelatan MotoGP Mandalika 2022 pada 18 – 20 Maret mendatang.

"Saat ini kita sedang mengerjakan segmen dua tepat di depan sirkuit akan kita bangun menjadi empat jalur dengan median tanaman hijau," kata Hadi.

Perbaikan yang dilakukan dikatakan Hadi termasuk pada rumah-rumah penduduk dan warung-warung yang berdekatan dengan sirkuit Mandalika. Untuk diketahui di wilayah sekitar Kuta-Keruak itu ada ratusan rumah warga yang akan dilakukan penataan sehingga jalan sepanjang 5,3 kilometer. Hal ini sebagai upaya mempercantik kondisi sekitar sirkuit.

“Harus terlihat rapi, dan taman-tamannya harus dilakukan penataan. Pesan Presiden semuanya harus dilaksanakan secara terintegrasi untuk menata kawasan termasuk juga mempercepat pembangunan yang belum selesai, karena tinggal 63 hari lagi kita melaksanakan MotoGP Mandalika 2022," kata Hadi.
 

Hadi pun yakin bahwa beberapa pembenahan, khususnya di luar sirkuit akan rampung tepat waktu sebelum Maret 2022. Termasuk pembenahan di jalan Bay Pass dari Bandara menuju Sunggung yang akan ditanami tumbuhan hijau.

"Bay pass masih kelihatan berwarna coklat sehingga akan kita hijaukan semua. Median jalan juga akan kita hijaukan, ditambah bunga- bunga berwarna merah, bunga bougenvile sampai di wilayah bundaran Sunggung," jelas Hadi.

Untuk mengantisipasi jumlah penonton yang membludak, kata Hadi, fasilitas hotel dan transportasi pun ditingkatkan. Terkait akomodasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk bisa mendatangkan kapal PELNI sebagai hotel terapung yang nantinya akan ditempatkan di Pelabuhan Lembar.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan asosiasi pemilik kapal phinisi. Ada sejumlah 700 pinisi yang masing- masing pinisi itu berkapasitas lima kamar sehingga total 3.500 kamar," tutur Hadi.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian PUPR juga sudah membangun Sahunta (Sarana Hunian Pariwisata) atau homestay sebanyak 300 rumah yang berada di lima desa di kawasan sekitar. Ditambah 98 rumah di luar kawasan.
 

Termasuk peningkatan transportasi di darat, laut dan udara. Untuk laut, disediakan lima pintu yakni di Pelabuhan Gili Mas, Pintu Pelabuhan Lembar, Pintu Pelabuhan Bangsal dan Pintu Pelabuhan di Kayangan. Untuk transportasi udara, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok pun akan ditambah.

Ada sekitar 63.500 tiket yang dijual, dan sebagian sudah laku terjual. 10.000 diantaranya menurut data penyelenggara dibeli penduduk lokal.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pesenam Rusia dilarang tampil satu tahun gara-gara simbol `Z`
Rabu, 18 Mei 2022 - 19:07 WIB
Seorang pesenam Rusia yang mengenakan simbol yang berkaitan dengan invasi negaranya di Ukraina saat ...
KONI sepakat perlu evaluasi namun tidak cari kambing hitam
Rabu, 18 Mei 2022 - 18:56 WIB
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman sepakat perlu ada evaluasi terk...
Kasau Cup 2022, Lanud Silas Papare tuan rumah wilayah Indonesia Timur
Rabu, 18 Mei 2022 - 12:57 WIB
Untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AU, Kasau menggelar lomba menembak senjata laras panjang d...
Indonesia berburu empat emas dari kano/kayak
Rabu, 18 Mei 2022 - 08:11 WIB
Tim dayung Indonesia pada Rabu hari ini akan berusaha merebut empat medali emas dari nomor disiplin ...
Kapolres Malang berikan apresiasi kepada atlet bola voli Malang 
Selasa, 17 Mei 2022 - 17:25 WIB
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat jalin silaturahmi dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (P...
Klasemen medali SEA Games 2021: Indonesia disalip Singapura
Selasa, 17 Mei 2022 - 06:01 WIB
Posisi Indonesia turun ke peringkat lima klasemen perolehan medali SEA Games 2021 di Vietnam setelah...
Senam artistik sumbang tiga medali SEA Games
Senin, 16 Mei 2022 - 22:35 WIB
Tim senam artistik menyumbangkan total tiga medali SEA Games 2021 di Vietnam yang terdiri atas dua m...
Tenis putra Indonesia raih perak setelah sembilan jam bertarung
Senin, 16 Mei 2022 - 06:31 WIB
Tim tenis putra Indonesia meraih medali perak setelah sembilan jam bertarung melawan Thailand dengan...
Klasemen SEA Games: Indonesia tambah enam emas saat Thailand melejit
Minggu, 15 Mei 2022 - 23:59 WIB
Kontingen Indonesia sukses menambah enam medali emas pada SEA Games 2021 Vietnam, Senin, namun hasil...
Rifda sumbang medali perunggu senam artistik
Minggu, 15 Mei 2022 - 22:59 WIB
Pesenam Rifda Irfanaluthfi menyumbangkan medali perunggu cabang olahraga senam artistik nomor Women\...
InfodariAnda (IdA)