Kebakaran apartemen di New York tewaskan 19 orang, termasuk 9 anak
Elshinta
Senin, 10 Januari 2022 - 09:10 WIB |
Kebakaran apartemen di New York tewaskan 19 orang, termasuk 9 anak
Petugas pemadam kebakaran memberikan bantuan medis kepada korban ketika kebakaran melanda sebuah gedung apartemen di wilayah Bronx, New York City, AS, 9 Januari 2022. (Reuters/Lloyd Mitchell)

Elshinta.com - Sembilan belas orang tewas, termasuk sembilan anak, dan belasan lainnya terluka ketika kebakaran melanda sebuah gedung berlantai 19 di kawasan The Bronx, New York City, Amerika Serikat pada Minggu (9/1), kata pejabat kota.

Wali Kota New York City Eric Adams, yang baru menjabat seminggu lebih, mengonfirmasi insiden yang terjadi sekitar pukul 11 pagi (23 WIB) di gedung bata cokelat megah yang menyediakan unit perumahan dengan harga terjangkau itu.

Sebelumnya pada Minggu, para pejabat mengatakan 32 orang telah dirawat di rumah sakit dengan cedera yang mengancam jiwa dan total ada sekitar 60 orang yang terluka.

"Ini adalah tragedi tak terperi," tulis Adams di Twitter. "Mari berdoa bersama saya untuk mereka yang pergi, terutama 9 anak-anak tak berdosa yang meninggal."

Penyebab kebakaran masih diselidiki, tetapi kemungkinan akan menimbulkan pertanyaan tentang standar keamanan di perumahan kota berpenghasilan rendah itu.

Peristiwa itu adalah kebakaran maut kedua di kompleks perumahan di AS minggu ini setelah dua belas orang, termasuk delapan anak-anak, tewas pada Rabu pagi ketika api melalap gedung apartemen perumahan umum di Philadelphia.

Anggota DPR AS Ritchie Torres --politisi Demokrat yang mewakili wilayah tempat gedung nahas itu berdiri-- mengatakan kepada MSNBC bahwa pembangunan perumahan yang terjangkau seperti gedung di Bronx itu menimbulkan risiko keamanan bagi penduduk.

"Ketika kita membiarkan pembangunan perumahan yang terjangkau diganggu oleh puluhan tahun disinvestasi, kita membahayakan nyawa kita sendiri," katanya.

Asap menyebar ke setiap lantai gedung, kemungkinan karena pintu apartemen yang awalnya dibiarkan terbuka, dan para korban menghirup banyak asap, kata komisaris pemadam kebakaran kota Daniel Nigro pada konferensi pers.

"Anggota pemadam menemukan korban di tangga setiap lantai dan membawa mereka keluar karena serangan jantung dan pernapasan," katanya.

Sekitar 200 petugas pemadam membantu memadamkan api, dan beberapa kehabisan oksigen di tangki mereka, tetapi mereka tetap berusaha menyelamatkan orang-orang dari gedung, kata Adams kepada CNN, Minggu.

Seorang fotografer Reuters di tempat kejadian pada Minggu melihat petugas penolong pertama melakukan resusitasi jantung paru (CPR) pada setidaknya delapan orang di depan gedung.

Petugas pemadam kebakaran dengan saluran selang berusaha mengeluarkan asap dari gedung. Salah satu dari mereka terlihat memecahkan jendela di lantai atas agar asap dapat keluar.

Kepemilikan
Bangunan itu dimiliki oleh perusahaan patungan, Bronx Park Phase III Preservation LLC, yang terdiri dari tiga perusahaan. "Kami sangat sedih oleh hilangnya nyawa yang tak terbayangkan yang disebabkan tragedi yang mendalam ini," kata juru bicara perusahaan patungan itu.

Bronx Park Phase III Preservation LLC belum menanggapi permintaan informasi tentang gedung seperti catatan keselamatan kebakaran dan riwayat inspeksi, unit-unit perumahan yang terjangkau, dan manajemen.

Affordable Housing Online, sebuah laman yang berbagi informasi tentang perumahan umum, melaporkan bahwa bangunan tersebut memiliki "sejumlah unit" yang disisihkan untuk rumah tangga berpenghasilan rendah.

Laman itu mencantumkan Reliant Realty Services sebagai pengelola properti gedung. Reliant Realty Services belum menanggapi permintaan untuk  mengonfirmasi bahwa pihaknya adalah pengelola gedung atau memberikan informasi tentang sejarah keselamatan kebakaran gedung.

"Saya ngeri dengan kebakaran hebat di Bronx hari ini. Hati saya bersama orang-orang tercinta yang mengalami kehilangan secara tragis, semua orang yang terkena dampak dan dengan petugas pemadam kebakaran @FDNY kami yang heroik," tulis Gubernur New York Kathy Hochul di Twitter pada Minggu.

Sumber: Reuters

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Angkatan Udara AS mengaku berhasil uji coba senjata hipersonik
Selasa, 17 Mei 2022 - 15:08 WIB
Angkatan Udara Amerika Serikat pada Senin (16/5) mengatakan mereka telah berhasil melakukan uji coba...
Presiden Jokowi bertemu Elon Musk di Space X
Minggu, 15 Mei 2022 - 06:01 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdiskusi dengan pendiri Space X, Elon Musk, sekaligus meninjau pabri...
Anak jerapah di San Diego dipasangi penyangga kaki buatan
Sabtu, 14 Mei 2022 - 13:41 WIB
Seekor jerapah berusia tiga bulan di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat dipasangi penyangga k...
Fokus China, Biden buat komitmen 150 juta dolar untuk pemimpin ASEAN
Jumat, 13 Mei 2022 - 13:49 WIB
Presiden AS Joe Biden membuka pertemuan para pemimpin Asia Tenggara dengan janji untuk menghabiskan ...
AS, Indonesia dorong kesiagaan pandemi global
Jumat, 13 Mei 2022 - 11:30 WIB
Amerika Serikat sebagai ketua konferensi tingkat tinggi (KTT) COVID-19 pertama dan Indonesia sebagai...
Depkeh AS perketat keamanan MA jelang putusan aborsi
Kamis, 12 Mei 2022 - 20:09 WIB
Departemen Kehakiman AS mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya memperketat pengamanan anggota Mahkamah ...
AS kritik Rusia, China yang menentang sanksi PBB atas Korut
Kamis, 12 Mei 2022 - 09:47 WIB
Amerika Serikat mengkritik China dan Rusia pada Rabu karena kedua negara itu menentang tindakan lebi...
Biden akan sambut pemimpin ASEAN jelang KTT Khusus di Washington
Rabu, 11 Mei 2022 - 17:43 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menyambut para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa-Ba...
Depkeu AS jatuhkan sanksi pada lima fasilitator ISIS asal Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 - 07:35 WIB
Amerika Serikat pada Senin menjatuhkan sanksi terhadap lima orang yang mereka sebut sebagai jaringan...
Putri Biden urung ke Eropa usai kontak dengan orang positif COVID
Jumat, 06 Mei 2022 - 15:36 WIB
Putri Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Ashley, tidak akan melakukan perjalanan ke Eropa dengan ib...
InfodariAnda (IdA)