Sambut Timnas AFF 2020, PSTI: Pertahankan Shin Tae-yong, profesionalisme liga hingga sikat mafia bola
Elshinta
Senin, 03 Januari 2022 - 07:05 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Sambut Timnas AFF 2020, PSTI: Pertahankan Shin Tae-yong, profesionalisme liga hingga sikat mafia bola
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Meskipun gagal merebut Piala AFF 2020, Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) mengapresiasi perjuangan Asnawi Mangkualam dkk dengan mendatangi hotel tempat para pemain harus menjalani karantina setibanya dari Singapura, Minggu (2/1). Rombongan pengurus PSTI langsung diterima oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang kemudian berdiskusi hangat selama kurang lebih 2 jam di Hotel Sultan, Jakarta.

Ketua Umum PSTI, Ignatius Indro menyampaikan maksud kedatangan PSTI untuk memberi apresiasi kepada Tim Nasional Indonesia yang telah berjuang dengan gigih dalam ajang Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura. 

“Kami menyambut pemain timnas di sini untuk memberi support kepada mereka. Meski tidak juara, namun permainan mereka menunjukan progress yang luar biasa. Sudah sepantasnya mereka pulang dengan kepala tegak, karena kami bangga dengan permainan dan perjuangan mereka yang tidak kenal lelah,” kata Indro dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (3/1).

Dalam diskusi dengan Ketua Umum PSSI, Indro menekankan ada beberapa hal yang terpenting untuk membangun sepak bola Indonesia setelah pelaksanaan Piala AFF yaitu mempertahankan Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional agar terjadi kesinambungan program, perbaikan sistem sepak bola Indonesia, pembinaan pemain usia dini serta pemberantasan mafia sepak bola.

“Setelah ini kami harap STY dipertahankan, agar ada kesinambungan program, lalu sistem sepak bola harus dibenahi. Mulai dari pelaksanaan liga yang lebih profesional, pembinaan usia dini dengan diadakannya kompetisi usia muda dengan menggunakan sport science. Dan yang paling penting adalah pemberantasan mafia sepak bola, dengan begitu bisa diharap sepak bola kita semakin maju ke depannya,” urai Indro.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan suporter kepada para pemain timnas, karena suporter adalah salah satu bagian terpenting dari sepak bola. Ia juga menjanjikan Shin Tae-yong akan bertahan demi terciptanya kesinambungan pembinaan, terutama karena Indonesia juga akan menghadapi event-event berikutnya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan teman-teman suporter, karena tanpa suporter, sepak bola tidak ada artinya. Kita telah melihat progres yang bagus dari anak-anak timnas di bawah Shin Tae-yong. Jadi saya tidak ragu dengan investasi yang besar ini kita akan lebih baik ke depannya. Saya jamin STY akan melanjutkan tugas kepelatihan di timnas,” kata pria yang akrab dipanggil Iwan Bule ini.

Pada kesempatan yang sama, Iwan Bule juga sepakat dengan PSTI tentang perbaikan sistem, pembinaan pemain usia muda dan pemberantasan mafia sepak bola.

“Perbaikan sistem memang sedang kita mulai.Contohnya, saya meminta klub-klub juga membantu kesejahteraan pemain, ini untuk mengurangi kemungkinan yang tidak kita inginkan. Kompetisi kita buat semakin profesional, memang masih ada kekurangan, itu sedang kita perbaiki,” paparnya. 

Selain itu, Ketua Umum PSSI juga meminta klub memiliki SSB untuk terus melakukan pembinaan usia dini.

“Terkait mafia sepak bola, kita akan keras. Silakan semua stake holder yang memiliki bukti, laporkan ke kami, akan kami tindak bersama Satgas anti Mafia Sepak bola,” tegas Iwan Bule.

PSTI bisa mengerti jika pihaknya tidak bisa bertemu langsung dengan para pemain karena sedang melakukan karantina. Sekretaris Jenderal PSTI, Abraham Tanditasik menekankan, kehadiran para suporter setia timnas diharap bisa menambah semangat para pemain untuk nantinya berlatih lebih keras demi kemajuan sepak bola.

“Kami paham para pemain sedang melakukan karantina, tapi kami datang untuk menambah semangat bagi para pahlawan sepak bola ini. Untuk itu, kami juga mengirimkan karangan bunga agar minimal bisa dibaca dan dipahami bahwa mereka terus didukung oleh pecinta sepak bola di tanah air,” ucap Abraham Tanditasik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Freeport dan BPD Papua diharapkan tetap jadi sponsor utama Persipura
Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:59 WIB
Manager Persipura Yan Permenas Mandenas berharap PT. Freeport dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papu...
Rafael Leao tegaskan bahagia bersama AC Milan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:35 WIB
Penyerang Rafael Leao menegaskan dirinya merasa bahagia bersama klub Liga Italia AC Milan meski ada ...
Profil Massimiliano Allegri: Pelatih asal Italia yang banyak prestasi
Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:07 WIB
Max Allegri merupakan pemain dan juga pelatih kepala yang terkenal sangat sukses sebagai pemain dan ...
Ronaldo diperkirakan jadi kapten Manchester United musim depan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 12:11 WIB
Cristiano Ronaldo disebut akan menjadi kapten Manchester United (MU) musim depan menggantikan Harry ...
Diberikan dana transfer besar, Conte putuskan bertahan di Tottenham
Sabtu, 28 Mei 2022 - 11:49 WIB
Antonio Conte memutuskan bertahan di Tottenham Hotspur setelah melakukan pertemuan dengan Direktur ...
PSSI: Kongres Biasa 2022 di Bandung bahas dua agenda utama
Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:45 WIB
PSSI menyatakan bahwa Kongres Biasa 2022 di Bandung, Senin (30/5), akan membahas dua agenda utama ya...
Manajemen Arema FC segera bangun pusat pelatihan terintegrasi
Jumat, 27 Mei 2022 - 22:11 WIB
Manajemen Arema FC segera membangun pusat pelatihan (training center) terintegrasi pada lahan seluas...
MU dikabarkan dekati striker Leipzig, Christopher Nkunku
Jumat, 27 Mei 2022 - 21:59 WIB
Manchester United dikabarkan telah berbicara dengan agen penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, s...
Difavoritkan raih Ballon d\\
Jumat, 27 Mei 2022 - 21:23 WIB
Sadio Mane mangatakan bahwa dirinya tidak terlalu memikirkan untuk memenangkan Ballon d\\\'Or dan le...
Wali Kota pastikan GBLA resmi jadi kandang Persib Bandung
Jumat, 27 Mei 2022 - 19:05 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) telah resmi jadi ...
InfodariAnda (IdA)