2022, Kemenkominfo siapkan 200 akses internet di pos layanan TNI wilayah 3T
Elshinta
Selasa, 28 Desember 2021 - 14:26 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
2022, Kemenkominfo siapkan 200 akses internet di pos layanan TNI wilayah 3T
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal Andika Perkasa. Pertemuan itu membahas penyediaan titik akses internet akses internet di pos pelayanan TNI wilayah 3T (terluar, tertinggal dan terdepan) untuk mengatasi tantangan komunikasi dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara. 

“Konkretnya Kominfo akan memberikan dukungan terhadap 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar melalui akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit, dan ini akan dilaksanakan di tahun 2022,” ujarnya kepada jurnalis usai pertemuan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Ruang Rapat Menteri, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (28/12).

Menteri Johnny menyatakan infrastruktur yang paling feasible dan paling cepat untuk mendukung pelayanan TNI di 200 titik berupa VSAT yang dihubungkan langsung dengan satelit. Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo mempunyai kapasitas yang cukup untuk mendukung layanan TNI di wilayah terluar.

“Kalau yang berkaitan dengan secure communication itu betul-betul domain militer. Namun, (dukungan Kominfo) berkaitan dengan komunikasi nonmiliter untuk memberikan layanan pertahanan negara di wilayah 3T,” jelasnya seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Selasa (28/12). 

Menkominfo menjelaskan pertemuan dengan Panglima TNI merupakan upaya memperkuat memperkuat koordinasi dan kerja sama lintas kementerian dan lembaga untuk efektifitas penyelenggaraan pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

“Tadi Pak Panglima menyampaikan apa saja kebutuhan telekomunikasi untuk TNI dan Kominfo juga saya menyampaikan dan menjelaskan kegiatan yang sedang kami tangani, didalamnya termasuk memberikan dukungan telekomunikasi bagi wilayah terluar,” paparnya.

Menurut Menteri Johnny, di wilayah terluar di Indonesia terdapat aktivitas pertahanan dan keamanan negara, sehingga TNI selalu hadir bersama masyarakat terluar. “Oleh karena itu, Kementerian Kominfo akan memastikan tersedianya infrastruktur TIK yang lebih memadai di titik-titik terluar penyelenggaraan dan keamanan negara,” tegasnya.

Atasi Tantangan Komunikasi

Jenderal Andika Perkasa menyatakan, sejak ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI, langsung melakukan orientasi. Menurutnya, masih banyak titik operasi TNI yang belum terjangkau akses komunikasi,

“Tidak hanya pada wilayah perbatasan seperti di Kalimantan dan Papua tetapi juga di beberapa kepulauan lainnya.  Ternyata begitu banyak pos kita yang tidak ada sarana komunikasi. Karena apa? Karena memang sinyalnya tidak ada, sehingga untuk laporan saja harus nyebrang pulau,” jelasnya.

Panglima TNI menyontohkan kondisi Pulau Dana Rote di Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, akses komunikasi yang suliti membuat koordinasi menjadi terhambat. 

“Pulau Dana Rote ini, Pak Menteri sangat paham wilayah itu, (prajurit) untuk laporan harus nyebrang ke Pulau Rote, baru bisa laporan apa perkembangannya, Kan tidak bisa kita membiarkan pos-pos itu misalnya tanpa komunikasi sama sekali. Kalau ada apa-apa bagaimana?” ungkapnya.

Menurut Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, ada pula tantangan di daerah perbatasan lain seperti titik pos TNI di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, serta wilayah yang dekat dengan Sulawesi Tenggara.  

“Di Taliabu, di Kepulauan Sula itu sangat sulit. Jadi kami selama ini mendapatkan anggaran dari pemerintah dalam hal telekomunikasi ICT itu melalui Telkom, tetapi anggaran itu kan sangat terbatas sehingga kami diskusikan dengan Telkom sebagai mitra yang memang selama ini mendukung ICT TNI dan Kementerian Pertahanan, ternyata jalan buntu untuk 2022 karena memang jumlah anggarannya,” paparnya.

Oleh karena itu, dalam pertemuan dengan Menkominfo Johnny G. Plate, Panglima TNI mengapresiasi program dan kebijakan sektor infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah 3T.

“Pagi ini saya menghadap Menteri Kominfo karena kami berharap mungkin ada solusi, dan ternyata benar-benar ada solusi. Jadi kami akan didukung 2022 ini melalui program yang memang juga sudah berjalan dilakukan oleh Kominfo, Nilainya menurut saya cukup sangat membantu untuk menyediakan konektivitas titik-titik (layanan pos TNI),” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Johnny didampingi Sekretaris Jenderal, Mira Tayyiba; Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail; Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan dan Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sudah 73 ribu pendaftar, Menteri Johnny: Program DTS-DLA 2022 cakup seluruh Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 - 14:56 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan program Digital Talent Scholarship (DT...
 Atasi kesenjangan digital, Menkominfo dorong lanjutkan pembahasan konektivitas digital
Selasa, 17 Mei 2022 - 18:56 WIB
 Sidang Kedua Digital Economy Working Group (DEWG) G20 akan melanjutkan pembahasan dari pertemuan s...
Mengenal teknologi mitigasi bencana karya Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 - 13:34 WIB
Indonesia yang merupakan negara rawan bencana sejatinya terus memperkuat diri untuk mampu mengurangi...
LG Chem kembangkan produk baru cegah kebakaran pada baterai EV
Selasa, 17 Mei 2022 - 12:38 WIB
Perusahaan teknologi ternama asal Korea Selatan, LG Chem dikabarkan akan segera mengembangkan `produ...
Mengenal teknologi mitigasi bencana karya Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 - 11:58 WIB
Indonesia yang merupakan negara rawan bencana sejatinya terus memperkuat diri untuk mampu mengurangi...
Tips membuat kata sandi yang kuat
Jumat, 06 Mei 2022 - 17:35 WIB
Hari Kamis pertama setiap Mei diperingati sebagai Hari Kata Sandi Sedunia, World Password Day.
Samsung perkenalkan microSD yang mampu rekam video 16 tahun nonstop
Jumat, 06 Mei 2022 - 17:23 WIB
Samsung meluncurkan seri kartu microSD baru yang disebut Pro Endurance, dioptimalkan untuk video dal...
Apple hingga Google buat solusi masuk platfotm utama tanpa kata sandi
Jumat, 06 Mei 2022 - 12:04 WIB
Apple, Microsoft, hingga Google dalam upaya bersama membuat solusi untuk memudahkan para pengguna pe...
Utamakan perubahan pola pikir sebelum lakukan transformasi digital
Rabu, 27 April 2022 - 00:07 WIB
Komisaris Independent Indosat Ooredoo Hutchison sekaligus CEO Netflix Indonesia, Rudiantara mengata...
 Menteri Johnny ajak pemuda manfaatkan program talenta digital
Minggu, 24 April 2022 - 15:14 WIB
Presiden Joko Widodo telah menetapkan lima agenda transformasi digital untuk menyiapkan bangsa Indon...
InfodariAnda (IdA)