Kementerian PUPR rampungkan penataan Pantai Bebas Parapat di Sumut
Elshinta
Selasa, 28 Desember 2021 - 12:58 WIB |
Kementerian PUPR rampungkan penataan Pantai Bebas Parapat di Sumut
Kementerian PUPR telah merampungkan penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara dalam rangka mengangkat ekonomi masyarakat lewat pariwisata. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Elshinta.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka mengangkat ekonomi masyarakat lewat pariwisata.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hal ini merupakan komitmen Kementerian PUPR untuk terus mempercantik Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) termasuk. Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan. Kementerian PUPR sendiri sudah menyusun Program Pengembangan KSPN Danau Toba secara terpadu.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan akan datang sekali saja dan tidak kembali lagi. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sementara itu Kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Syafriel Tansier menyatakan, saat ini telah terdapat sejumlah pekerjaan penataan kawasan di Danau Toba yang rampung hingga akhir tahun 2021, salah satunya adalah penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun.

Penataan RTP di Pantai Bebas Parapat yang memiliki daya tarik keindahan pemandangan Danau Toba ini dikerjakan di atas lahan seluas kurang lebih 10.150 meter persegi oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya. Pekerjaan dimulai sejak 21 Oktober 2020 hingga 3 November 2021 dengan biaya sebesar Rp84,6 miliar oleh Penyedia Jasa PT. Wijaya Karya Bangun Gedung dengan Konsultan Supervisi PT. Yodya Karya (Persero) KSO PT. Saranabudi Prakarsaripta.

“Lingkup pekerjaannya meliputi, penataan kawasan pantai bebas, penataan ruang terbuka publik Parapat, pembangunan gerbang KSPN arah Medan, dan pembangunan gerbang KSPN arah Silangit. Penataan RTP Pantai Bebas Parapat tersebut menghadirkan wahana bermain dan sport seperti, skateboard, joging area, spot selfie dengan paduan hamparan semenanjung Pantai Parapat," kata Syafriel Tansier.

Pantai Bebas Parapat berada di Kota Wisata Parapat di seberang Danau Toba di wilayah Kabupaten Simalungun, berjarak 186 Km dari Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 25 menit melalui Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi.

Lebih lanjut Syafriel Tansier mengatakan, saat ini terdapat sejumlah pekerjaan penataan kawasan di Danau Toba yang rampung hingga akhir tahun 2021, salah satunya adalah Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir.

Selain penataan kawasan Syafriel Tansier mengatakan, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan sejumlah infrastruktur seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, dan Pembangunan Toilet KSPN Danau Toba.

Untuk infrastruktur air bersih telah dibangun Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) SPAM IKK Merek berkapasitas di 20 liter/detik beserta jaringan perpipaan di Kabupaten Karo. Kemudian pembangunan jaringan perpipaan SPAM IKK Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dua jembatan di Desa Krajan, Weru sudah bisa dilewati warga antar dusun
Rabu, 18 Mei 2022 - 18:07 WIB
Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah meresmikan dua jembatan di Desa Krajan, Kecamatan Weru, ...
Danrem 022/Pantai Timur buka TMMD ke 133 di Langkat
Senin, 16 Mei 2022 - 18:05 WIB
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0203/Langkat ke 133 Tahun Anggaran 2022 resmi dibuka, bert...
TMMD ke-113, TNI bangun jalan penghubung dua desa di Purwakarta sepanjang 430 meter
Jumat, 13 Mei 2022 - 16:07 WIB
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113, Kodim 0619/ Purwakarta membangun jalur pertahanan TNI ya...
Legislator minta pekerjaan Bendung Daerah Irigasi Krueng Pase tidak tersendat
Kamis, 12 Mei 2022 - 13:04 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Daerah Pemilihan Aceh II, H. Rus...
 TNI bangun jalan di lereng Merapi Boyolali
Kamis, 12 Mei 2022 - 11:37 WIB
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Boyolali, JawaTengah membuka TNI Manunggal ...
TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 digulirkan di Desa Tawang Kecamatan Weru, Sukoharjo
Kamis, 12 Mei 2022 - 11:04 WIB
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 bergulir kembali di Desa T...
Kasdam lll/Siliwangi resmi buka TMMD ke-113 Kodim 0619 Purwakarta
Rabu, 11 Mei 2022 - 14:54 WIB
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 KODIM 0619 Purwakarta resmi dibuka ,Kasdam lll/Siliwangi,...
Jelang Idul Fitri, DPUPR kebut selesaikan perbaikan jalur mudik
Rabu, 27 April 2022 - 19:35 WIB
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah kebut perbaikan jal...
 Kota Malang terbaik dalam PPD Tahun 2022
Jumat, 22 April 2022 - 15:23 WIB
Kota Malang menjadi yang terbaik dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan daerah di Jawa Timur.
 Pemkot Malang kebut program tambal jalan berlubang 
Jumat, 22 April 2022 - 14:56 WIB
Pemkot Malang, Jawa Timur melakukan terobosan dan percepatan atas kebutuhan perbaikan sejumlah ruas ...
InfodariAnda (IdA)