Indonesia ke final Piala AFF 2020
Elshinta
Sabtu, 25 Desember 2021 - 22:17 WIB |
Indonesia ke final Piala AFF 2020
Para pemain Indonesia merayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Indonesia memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 4-2 dan berhak melaju ke final. (ANTARA/HO/PSSI)

Elshinta.com - Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura, yang diperkuat delapan pemain karena tiga nama dikartu merah, dengan skor 4-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu malam.

Gol-gol Indonesia dalam partai yang harus melewati babak tambahan tersebut dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, bunuh diri bek Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri. Sementara Singapura mempersempit jarak skor berkat gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Adapun dua pemain Singapura yang diusir wasit yaitu Safuwan Baharudin, Irfan Fandi dan kiper Hassan Sunny.

Indonesia berhak ke partai puncak karena leg pertama tuntas dengan skor 1-1. Bagi skuad "Garuda", itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.



Pertandingan leg kedua itu berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia, yang membangkucadangkan Egy Maulana dan Elkan Baggott, bermain agresif dengan menekan lawan sejak garis depan.

Strategi tersebut membuat Singapura kesulitan mengalirkan bola dan Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11. Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaeman yang meliuk di antara pemain bertahan lawan.

Setelah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Witan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Ezra Walian sudah menunggu dan melesakkan bola ke dalam gawang.



Tertinggal 0-1, Singapura bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka mendapatkan ganjalan setelah bek Safuwan Baharudin dihadiahi kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit ke-45+3.

Akan tetapi, dalam kondisi kekurangan jumlah pemain, Singapura justru mampu menyamakan kedudukan.

Tepatnya menit ke-45+4, dalam situasi kemelut setelah tendangan bebas, gelandang Song Ui-young menembak bola menerobos barisan pertahanan Indonesia dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Usai jeda, pada menit ke-66, Singapura menerima pukulan kedua saat Irfan Fandi mendapatkan kartu merah langsung dari wasit lantaran menjadi orang terakhir sebelum kiper yang melakukan pelanggaran di wilayahnya.

Berlaga dengan sembilan orang, Singapura malah mampu unggul 2-1 pada menit ke-74 setelah Shahdan Sulaiman menjaringkan bola dengan tendangan bebasnya.

Para pemain Indonesia yang terkejut dengan gol tersebut akhirnya berhasil keluar dari tekanan berkat gol Pratama Arhan pada menit ke-87. Skor kembali setara 2-2.

Singapura bisa saja memenangkan laga itu andai sepakan penalti Fariz Ramli pada menit ke 90+1 tidak ditepis Nadeo Argawinata. Kedudukan imbang 2-2 membuat laga harus berlanjut ke babak tambahan.

Fase pertama babak tambahan, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memperbesar keunggulan pada menit ke-91 setelah bek Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri.

Skor menjadi 4-2 dan pada menit ke-105+2 Egy Maulana yang menjadi pencetak gol dengan memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura.

Pada paruh kedua, Indonesia yang unggul dua pemain tidak henti melancarkan serangan ke benteng Singapura. Hal itu membuat Singapura mau tak mau membuat pelanggaran yang salah satunya berujung pada kartu merah langsung ketiga yang diterima kiper Hassan Sunny pada menit ke-119. Hassan menerjang Irfan Jaya, yang berlari sendiri, di luar kotak penalti.

Setelah itu, tak ada gol tambahan sampai pertandingan berakhir.

Nantinya, di final, Indonesia akan melawan pemenang partai semifinal lainnya yang mempertemukan Thailand dan Vietnam. Laga leg kedua semifinal tersebut digelar pada Minggu (26/12). Pada leg pertama, Thailand menang 2-0.

Berikut susunan pemain kedua tim.
Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho (65', Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga (107', Alfeandra Dewangga), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (94', Evan Dimas), Ricky Kambuaya (66', Egy Maulana), Ramai Rumakiek (65', Irfan Jaya), Witan Sulaeman, Ezra Walian (54', Hanis Saghara).

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nur Adam Abdullah (105', Tajeli Salamat), Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulqarnen Suzliman, Hami Syahin (60', Shawal Anuar), Song Ui-young (71', Amirul Adli), Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (kapten), Hafiz Nor (60', Fariz Ramli), Amy Recha (60', Ikhsan Fandi).
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Freeport dan BPD Papua diharapkan tetap jadi sponsor utama Persipura
Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:59 WIB
Manager Persipura Yan Permenas Mandenas berharap PT. Freeport dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papu...
Rafael Leao tegaskan bahagia bersama AC Milan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:35 WIB
Penyerang Rafael Leao menegaskan dirinya merasa bahagia bersama klub Liga Italia AC Milan meski ada ...
Profil Massimiliano Allegri: Pelatih asal Italia yang banyak prestasi
Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:07 WIB
Max Allegri merupakan pemain dan juga pelatih kepala yang terkenal sangat sukses sebagai pemain dan ...
Ronaldo diperkirakan jadi kapten Manchester United musim depan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 12:11 WIB
Cristiano Ronaldo disebut akan menjadi kapten Manchester United (MU) musim depan menggantikan Harry ...
Diberikan dana transfer besar, Conte putuskan bertahan di Tottenham
Sabtu, 28 Mei 2022 - 11:49 WIB
Antonio Conte memutuskan bertahan di Tottenham Hotspur setelah melakukan pertemuan dengan Direktur ...
PSSI: Kongres Biasa 2022 di Bandung bahas dua agenda utama
Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:45 WIB
PSSI menyatakan bahwa Kongres Biasa 2022 di Bandung, Senin (30/5), akan membahas dua agenda utama ya...
Manajemen Arema FC segera bangun pusat pelatihan terintegrasi
Jumat, 27 Mei 2022 - 22:11 WIB
Manajemen Arema FC segera membangun pusat pelatihan (training center) terintegrasi pada lahan seluas...
MU dikabarkan dekati striker Leipzig, Christopher Nkunku
Jumat, 27 Mei 2022 - 21:59 WIB
Manchester United dikabarkan telah berbicara dengan agen penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, s...
Difavoritkan raih Ballon d\\
Jumat, 27 Mei 2022 - 21:23 WIB
Sadio Mane mangatakan bahwa dirinya tidak terlalu memikirkan untuk memenangkan Ballon d\\\'Or dan le...
Wali Kota pastikan GBLA resmi jadi kandang Persib Bandung
Jumat, 27 Mei 2022 - 19:05 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) telah resmi jadi ...
InfodariAnda (IdA)