UKM perlu pahami strategi tepat hadapi bisnis tahun 2022
Elshinta
Sabtu, 25 Desember 2021 - 12:15 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
UKM perlu pahami strategi tepat hadapi bisnis tahun 2022
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Memasuki akhir tahun 2021, membuat para pengusaha UKM perlu memahami bagaimana strategi yang paling tepat dalam menghadapi peta tantangan berbisnis di 2022 mendatang. Setelah mengalami kontraksi ekonomi akibat merebaknya pandemi Covid-19 lebih dari setahun ke belakang, perekonomian Indonesia diharapkan dapat kembali bangkit. Langkah strategis mengambil peluang tahun depan diperlukan untuk mewujudkan stabilitas roda perekonomian Indonesia. 

Eksistensi UKM Indonesia menjadi sebuah kunci utama untuk dapat berkontribusi dalam salah satu upaya pemerintah mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Diperlukan solusi bisnis berbasis teknologi yang dapat meningkatkan serta memperluas jangkauan pemasaran produk UKM melalui platform digital. 

Sebagai platform B2B marketplace, Ralali.com memiliki fokus utama dalam memberdayakan UKM Indonesia dengan berikan solusi berbisnis. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, Ralali.com menyelenggarakan acara perdana Webinar  UKM Outlook 2022 dengan mengusung tema “Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku”.

Kemarin (23/12), UKM Outlook 2022 dihadiri oleh berbagai keynote speaker dari stakeholders ekosistem UKM, diantaranya Boni Suganda (Kabid Jaringan Pemasaran Usaha Mikro Kemenkop UKM), Daniel Asnur (Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM), Bandoe Widiarto (Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia), Dr. Jacky Musry (President Indonesia Council for Small Business), Budiman Goh (President Aruna Indonesia), Dr. Anton Hendranata (Direktur Riset BRI Research Institute), Erwin Yunaz (Wakil Walikota Payakumbuh), Dico M Ganinduto (Bupati Kendal), dan M. Riyansyah (Regional Sales Head Shipper.id).

“Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi para pengusaha UKM Indonesia dengan menyelenggarakan acara perdana UKM Outlook 2022 dengan mengusung tema “Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku”. Kami secara perdana berinisiatif untuk memberikan tinjauan terbaik bagi para pengusaha UKM Indonesia dalam menghadapi tantangan bisnis di tahun 2022 mendatang, dan memberikan solusi dan strategi yang tepat untuk mempersiapkan para pelaku UKM memasuki pasar digital”, ungkap Joseph Aditya selaku CEO dan Founder Ralali.com saat membuka acara UKM Outlook 2022 pagi tadi.

Pada kesempatan kali ini, Mochamad Ridwan Kamil selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat juga memberikan pidato singkat yang berisi pesan kepada para pengusaha UKM dan juga stakeholder terkait untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam mewujudkan adopsi digital serta memajukan kesejahteraan UKM Indonesia khususnya menyambut tantangan 2022.

“Oleh karena itu, kami mendorong dan mengucapkan terima kasih kepada Ralali.com yang terus berupaya membantu meningkatkan adopsi digital secara cepat dan menjadi sumber referensi bagi ekonomi UMKM yang ingin meningkatkan kemajuan ekonomi digitalnya”, ujar Ridwan Kamil. 

Diskusi nasional dalam UKM Outlook 2022 ini membahas mengenai kebijakan dan daya saing UKM serta potensi dan peluang UKM di Indonesia. Paparan materi yang diberikan diharapkan dapat membuka wawasan para pengusaha UKM untuk taklukan peta tantangan berbisnis. Adaptasi, transformasi, entrepreneurship, serta kolaborasi menjadi kunci pergerakan UMKM untuk dapat bertahan menghadapi tantangan di era disrupsi. Digitalisasi menjadi media akselerasi pertumbuhan UMKM Indonesia. 

“Pada masa depan UMKM Indonesia adalah pelaku usaha yang memiliki jiwa entrepreneurship berbasis digital. Hal ini tidak mudah, tantangan yang dihadapi UMKM terutama datang dari sisi produk maupun SDM. Selain itu, upaya untuk meningkatkan literasi manfaat masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu dilakukan secara intensif. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder.  

Melalui UKM Outlook 2022, Ralali.com bertujuan mempersiapkan kualitas UKM Indonesia untuk menghadapi peta tantangan dan peluang berbisinis di 2022 mendatang. Dengan adanya kegiatan ini, pelaku usaha dapat bersiap diri untuk cepat beradaptasi dengan strategi terbaik menghadapi tahun 2022. Ke depannya, Ralali.com akan terus berkolaborasi untuk menyelenggarakan pelatihan online dalam bentuk webinar yang berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan berperan aktif dalam empowerment UKM Indonesia naik kelas. 

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
UMKM Bhayangkari Polres Jayapura gelar pasar murah sembako
Minggu, 24 April 2022 - 09:57 WIB
Pengurus UMKM Bhayangkari Polres Jayapura menggelar pasar murah sembilan bahan kebutuhan pokok (Semb...
Petugas pendamping UMKM akan periksa kegiatan usaha penerima BPUM
Jumat, 22 April 2022 - 15:13 WIB
Mengingat ada trend peningkatan jumlah UMKM di Subang semenjak ada Bantuan Produktif Usaha Mikro (BP...
OJK dorong digitalisasi UMK di Tanah Minang lewat Maju Berkah Basamo UMKM Sumbar
Selasa, 12 April 2022 - 14:06 WIB
Awal Ramadan 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapat kepercayaan sebagai movement manager Geraka...
PT PIM dukung UMKM binaan Go Global  di Pameran Inacraft 2022
Jumat, 25 Maret 2022 - 15:38 WIB
Setelah 2 tahun vakum, Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke -22 kembali digelar pada 23...
BAZNAS salurkan bantuan gerobak `chicken` untuk pedagang di Kabupaten Subang
Kamis, 24 Maret 2022 - 13:25 WIB
Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Subang Jawa Barat, berikan bantuan sosial gerobag dorong bagi pe...
Gelar expo di mal, produk UMKM digadang naik kelas
Rabu, 23 Maret 2022 - 19:05 WIB
Kamar dagang dan industri (Kadin) Sukoharjo bersama dengan sejumlah pihak menginisiasi pameran produ...
Gelar INACRAFT 2022, Pertamina beri fasilitas UMKM binaan ikut pamerkan produk
Rabu, 16 Maret 2022 - 15:58 WIB
Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) Pertamina memberikan kesempatan kepada para UMKM binaanny...
Papmiso Kota Bekasi dan Bank BRI sepakat bantu beri kemudahan kepada pedagang
Kamis, 17 Februari 2022 - 15:13 WIB
Pembentukan koperasi para pedagang mie ayam dan bakso se Kota Bekasi, Jawa Barat diharap mampu menje...
Bantuan pelaku UMKM Bekasi tunggu perkembangan COVID-19
Sabtu, 05 Februari 2022 - 21:59 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, menyatakan program bantuan bagi para pelaku Usaha ...
Kementerian Investasi dorong pelajar-mahasiswa jadi pengusaha
Selasa, 18 Januari 2022 - 15:58 WIB
Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendorong pelajar dan mahasiswa menjad...
InfodariAnda (IdA)