Kapolda Sumut ajak tokoh agama percepatan vaksinasi Covid-19
Elshinta
Jumat, 10 Desember 2021 - 17:35 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Kapolda Sumut ajak tokoh agama percepatan vaksinasi Covid-19
Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com.

Elshinta.com - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, mengumpulkan seluruh tokoh umat beragama di Medan. Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktur Binmas Kombes Pol Sofyan mengumpulkan seluruh tokoh umat beragama Provinsi Sumut dalam rangka menjalin silaturahim  dengan tema "Sinergitas Polri Bersama Tokoh Umat Beragama Mendukung Vaksinasi Nasional Guna Meningkatkan Kamtibmas Kondusif".

Dalam silaturahim bersama tokoh umat beragama itu, hadir Ketua MUI, FKUB, Walubi, PGI, Uskup Agung Medan, Ketua PHDI, Matakin serta Tokoh Lintas Agama di Sumut.

Turut mendampingi Kapolda Sumut, Waka Polda Brigjen Pol Dadang Hartanto, Dir Binmas Kombes Pol Sofyan, Kabid Propam Kombes Pol Donald Simanjuntak, Kabid Humas Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kasat Binmas serta personel Bhabinkamtibmas.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dalam silaturahim bersama tokoh umat beragama mengajak untuk terus bergandengan tangan bersama dengan masyarakat, pemerintah daerah TNI dan Polri dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Alhamdulillah, situasi kamtibmas di Sumut kondusif bukan semata-mata karena kehadiran TNI dan Polri tetapi karena kebersamaan yang diwujudkan semua elemen masyarakat yang sangat baik serta mengambil perananan penting," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan, Jumat (10/12).

Panca mengungkapkan, saat ini grafik penyebaran Covid-19 di Sumut terus mengalami penurunan terkonfirmasi. Hal ini bisa dilhat dari data awal Tahun 2021 dan pasca lebaran. Saat ini Sumut sudah mencapai 61 persen vaksinasi dosis I dan 40 persen dosis II.

"Kesadaaran masyarakat untuk mentaati prokes sudah sangat tinggi seperti penggunaan masker, menghindari kerumunan, perayaan pesta. 
Semua ini berkat peran tokoh agama untuk menyampaikan kepada umatnya dan ini harus terus kita gelorakan ajakan masyarakat untuk menjaga kesehatan," ungkapnya.

Panca juga mengaku optimis untuk memaksimalkan capaian vaksinasi 70 persen dalam mempercepat herd immunity di Sumatera Utara dengan mengandeng seluruh tokoh umat beragama. Bahkan dunia mengapresiasi Indonesia karena percepatan vaksin yang signifikan.

"Saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada semua pemuka agama yang telah menyampaikan sosialisasi dan pemahaman kepada umatnya agar terus menjaga diri dengan tidak keluar rumah saat perayaan natal dan tahun baru nanti," harapnya.

"Kemudian mengatur kapasitas rumah ibadah, mengatur waktu ibadah. Mari kita patuhi Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021, semua fasilitas agama agar disiapkan aplikasi pedulilindungi. Polisi tidak melakukam penyekatan tetapi mengajak masyarakat sadar akan pentingnya vaksinasi. Polda Sumut siap memberikan vaksin langsung di lapangan," tambah Kapoldasu.

Pada kesempatan itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) siap mendukung Kapolda Sumut dalam percepatan vaksinansi di Sumatera Utara.

"Semua tokoh agama ada di belakang bapak Kapolda Sumut untuk menyelamatkan masyarakat Sumatera Utara dari terpapar pandemi Covid-19. Terima kasih, Sumatera Utara berkat Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dibuat aman dan kondusif, kita harus menjaga dan merawat itu dengan baik," pungkas Ketua FKUB Prov Sumut. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Vaksin Merah Putih Unair bersiap menuju uji klinik fase 3
Jumat, 20 Mei 2022 - 19:58 WIB
Peneliti utama uji klinik vaksin Merah Putih Universitas Airlangga dr Dominicus Husada, SpA(K) menga...
OJK pertegas pelarangan penyebaran data konsumen sektor jasa keuangan
Jumat, 20 Mei 2022 - 18:15 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 6/...
Menaker dorong BPVP Kendari ciptakan tenaga kerja terampil
Jumat, 20 Mei 2022 - 17:27 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong jajarannya di Balai Pelatihan Vokasi dan Pr...
Kemenag: Tiga calon haji Mataram belum lunasi BPIH
Jumat, 20 Mei 2022 - 16:51 WIB
Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak tiga oran...
Tawarkan kuliner lokal, Menteri Johnny ajak delegasi hadiri pertemuan ketiga DEWG G20
Jumat, 20 Mei 2022 - 16:44 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak delegasi Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi...
15 ekor ternak warga Agam diduga idap PMK
Jumat, 20 Mei 2022 - 16:28 WIB
Sebanyak 15 ekor ternak jenis sapi milik warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat diduga mengidap virus ...
Menag: Fasilitas layanan jamaah haji sesuai standar
Jumat, 20 Mei 2022 - 16:06 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, fasilitas layanan untuk jamaah haji Indonesia ...
Polres Samosir antisipasi masuknya wabah PMK
Jumat, 20 Mei 2022 - 15:55 WIB
Polres Samosir mengantisipasi masuknya wabah penyakit mulut dan kaki ke wilayah Kabupaten Samsoir, S...
Indonesia surplus transaksi berjalan 0,2 miliar dolar AS di kuartal I
Jumat, 20 Mei 2022 - 15:09 WIB
Neraca transaksi berjalan Indonesia mengalami surplus sebesar 0,2 miliar dolar AS atau 0,1 persen PD...
Pohon tumbang timpa rumah warga di Padang akibat angin kencang
Jumat, 20 Mei 2022 - 14:57 WIB
Satu unit rumah warga di Kelurahan Bukit Gado-Gado Kota Padang, Sumatera Barat tertimpa pohon tumban...
InfodariAnda (IdA)