Jabar salurkan Rp2 miliar untuk korban Gunung Semeru
Elshinta
Kamis, 09 Desember 2021 - 10:19 WIB |
Jabar salurkan Rp2 miliar untuk korban Gunung Semeru
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas bantuan yang akan dikirimkan ke Lumajang bagi korban letusan Gunung Semeru di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/12/2021) malam. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

Elshinta.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan senilai Rp2 miliar untuk korban bencana awan panas guguran Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam siaran pers yang diterima di Bandung, Kamis, mengatakan dari Rp2 miliar itu,  Rp900 juta sudah dipergunakan untuk membeli keperluan mendesak dan Rp1,1 miliar dalam bentuk uang yang penyalurannya dibantu Lazis Muhammadiyah.

"Bantuan ini berasal dari berbagai elemen masyarakat di Jabar. Alhamduilillah terkumpul Rp2 miliar, Rp900 juta sudah dibelanjakan untuk barang-barang kebutuhan mendesak dan Rp1,1 miliar dalam bentuk uang yang akan dikerjasamakan penyalurannya oleh Lazis Muhammadiyah," katanya.

Tak hanya bantuan materi, Pemda Provinsi Jabar juga telah mengirimkan 180 relawan berkeahlian dari Jabar Quick Response dan saat ini sudah bekerja di lokasi pengungsian, disusul 24 relawan sebagai gelombang kedua.

"Teiring salam doa dari kami semua, dari Tanah Jabar, semua memantau dengan rasa prihatin dan juga ingin membantu malam ini kami mengirimkan bantuan senilai Rp2 miliar untuk pengungsi, kebetulan bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya dengan Lazis Muhammadiyah," katanya

Gubernur mengatakan Pemprov Jabar siap menyalurkan bantuan untuk Kabupaten Lumajang dan akan terus membantu para korban bencana serta terus memberikan dukungan. "Intinya kami membersamai dengan doa dan bantuan nyata. Jika ada apa-apa kontak Pemprov Jabar saja, insya Allah semua warga Jabar menyayangi warga Lumajang, jadi kami bantu sampai nanti tahap rekonstruksi," katanya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berharap para kepala daerah memiliki kerja sama yang bagus dengan daerah lain. Salah satunya terwujud melalui solidaritas yang tinggi dalam membantu penanganan bencana.

Haedar memuji Ridwan Kamil yang menurutnya cakap dalam menggerakkan warga Jawa Barat dalam berbagai penanganan bencana di daerah lain. Salah satunya berkolaborasi dengan Youtuber dan pendengung (influencer) asal Kabupaten Bandung Doni Salmanan.

"Mengapresiasi karena sebagai kepala daerah memiliki solidaritas yang bagus dalam membantu bencana, baik disalurkan dengan kepala daerah lain maupun dengan ormas-ormas kemanusiaan," katanya.

Cara ini harus ditiru daerah lain agar penanganan bencana semakin optimal. "Sehingga musibah ini membuat kita semakin solid," ujar Haedar.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih atas perhatian serta bantuan dari Pemda Provinsi Jabar. Ia mengatakan bantuan tersebut sangat berguna untuk para pengungsi yang saat ini sedang membutuhkan kebutuhan mendesak.

"Rasa hormat saya yang mendalam kepada Gubernur dan warga Jabar, terima kasih kami diperhatikan, kami dicintai. Ini rasa penghormatan yang mendalam untuk kami supaya kami bisa segera menyelesaikan darurat kebencanaan ini dan kami, masyarakat Lumajang bisa pulih berkehidupan sebagaimana waktu sebelumnya, ini tidak akan kami lupakan," kata dia.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kejati DKI geledah kantor dinas pertamanan dan hutan kota Jakarta
Jumat, 21 Januari 2022 - 07:41 WIB
Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menggeledah Kantor Dinas Pertamana...
Pemerintah siapkan triliunan rupiah ganti rugi Tol Yogyakarta-Bawen
Jumat, 21 Januari 2022 - 07:23 WIB
Pemerintah pusat menyiapkan anggaran hingga triliunan rupiah untuk pembayaran ganti kerugian lahan y...
Puluhan ribu dosis vaksin astrazaneca di Sulteng terancam kedaluwarsa
Jumat, 21 Januari 2022 - 06:59 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah memperkirakan puluhan ribu lebih dosis vaksin AstraZeneca a...
Tim gabungan tangkap enam imigran Rohingya
Jumat, 21 Januari 2022 - 06:23 WIB
Tim gabungan TNI dan Polri yang sedang berpatroli menangkap dan mengamankan enam imigran Rohingya ya...
KPPU: Sejumlah aturan hambat pemain baru industri minyak goreng
Kamis, 20 Januari 2022 - 23:55 WIB
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan ada sejumlah aturan yang menghambat masuknya p...
Pemerintah izinkan 139 perusahaan tambang ekspor batu bara
Kamis, 20 Januari 2022 - 23:31 WIB
Pemerintah mengizinkan 139 perusahaan tambang batu bara untuk kembali melakukan kegiatan ekspor komo...
KPPU melihat sinyal kartel dari kenaikan harga minyak goreng
Kamis, 20 Januari 2022 - 23:07 WIB
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melihat ada sinyal kartel dari kenaikan harga minyak goreng ...
Wamenkumham ingatkan petugas imigrasi hati-hati terbitkan paspor
Kamis, 20 Januari 2022 - 22:43 WIB
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengingatkan par...
Menkes resmikan pabrik alkes di Purwakarta
Kamis, 20 Januari 2022 - 21:43 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan pabrik alat kesehatan (alkes) di Kampung Nagrog, De...
Presiden: 301 juta dosis vaksin COVID-19 sudah disuntikkan ke rakyat
Kamis, 20 Januari 2022 - 21:31 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penanganan pandemi COVID-19 pada 2022 semakin terkendali da...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI