Ditahan imbang Zenit 3-3, Chelsea finish peringkat dua Grup H
Elshinta
Kamis, 09 Desember 2021 - 07:01 WIB |
Ditahan imbang Zenit 3-3, Chelsea finish peringkat dua Grup H
Selebrasi pemain Zenit setelah berhasil mencetak gol ketiga dalam pertandingan Grup H Liga Champions lawan Chelsea pada 9 Desember 2021. ANTARA/REUTERS/ANTON VAGANOV

Elshinta.com - Pesta enam gol tersaji saat Chelsea ditahan imbang 3-3 oleh Zenit Saint-Petersburg dalam laga terakhir Grup H Liga Champions di Gazprom Arena, Rusia pada Kamis dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

Timo Werner mencetak dua gol untuk Chelsea dan satu gol lainnya untuk The Blues disumbangkan oleh Romelu Lukaku, sedangkan tiga gol Zenit masing-masing dicetak oleh Claudinho, Sardar Azmoun dan Magomed Ozdoyev.

Hasil itu membuat Chelsea harus finish di urutan kedua Grup H dengan 13 poin, tertinggal dua poin dari Juventus yang menang tipis atas Malmo di pertandingan lainnya. Sementara itu Zenit duduk di peringkat ketiga dan akan turun ke Liga Europa.

Chelsea tidak buang-buang waktu, mereka langsung mencetak gol saat pertandingan baru berjalan satu menit lewat tendangan Timo Werner dari jarak dekat setelah menerima bola sepak pojok Andreas Christensen.

Gol cepat tersebut semakin membuat pemain Chelsea bersemangat hingga pada menit ke-8, mereka kembali mengancam gawang Zenit. Berawal dari sepak pojok Ross Barkley, bola ditendang Saul Niguez di tengah kotak penalti, tetapi masih melebar ke kiri gawang.

Zenit mencoba membalas pada menit ke-13 ketika Claudinho mengirimkan umpan ke Wilmar Barrios, yang kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh pemain Chelsea.

Usaha Zenit baru membuahkan hasil pada menit ke-37 setelah Claudinho menerima umpan silang Douglas Santos untuk mencetak gol melalui sundulannya dari jarak dekat yang tidak bisa dihentikan Kepa Arrizabalaga.

Setelah menyamakan kedudukan, Zenit tak memerlukan waktu lama untuk berbalik unggul pada menit ke-41.

Malcom mengirim umpan terobosan akurat ke sisi kanan kotak penalti, yang kemudian diterima Sardar Azmoun sebelum melepaskan tendangan untuk membobol gawang The Blues.

Selepas jeda, Zenit tetap menekan sang juara bertahan hingga pada menit ke-51, Malcom menebar ancaman melalui tendangannya dari sisi kanan kotak penalti meskipun bola dari eks gelandang Barcelona tersebut masih bisa diamankan Kepa.

The Blues membalas serangan Zenit dengan tiga peluang beruntun dari menit ke-52 sampai ke-54 melalui percobaan Ross Barkley, Recee James dan Saul Niguez. Sayang, ketiga percobaan tersebut gagal membuahkan gol penyeimbang bagi tim asuhan Thomas Tuchel tersebut.

Chelsea menyamakan kedudukan dengan gol keduanya pada menit ke-61 berkat sepakan kaki kiri Romelu Lukaku di depan gawang, yang mendapatkan assist dari Timo Werner.

Setelah gol tersebut, Zenit beberapa kali mencoba untuk kembali unggul. Namun, percobaan mereka gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Chelsea.

Terlalu fokus menyerang, Zenit justru kebobolan gol ketiga pada menit ke-84 ketika Timo Werner menyelesaikan umpan Christian Pulisic dari jarak dekat untuk membalikkan keunggulan menjadi 3-2.

Kemudian tuan rumah menyamakan kedudukan di masa injury time berkat tendangan keras Magomed Ozdoev dari luar kotak penalti yang mengoyak pojok kiri atas gawang Kepa.

Susunan Pemain:
Zenit (4-1-4-1): Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavaev, Dejan Lovren, Yaroslav Rakitskiy (Danil Krugovoy 65')z, Douglas Santos; Wilmar Barrios; Malcom (Magomed Ozdoev 79'), Daler Kuzyaev (Aleksandr Yerokhin 79'), Wendel (Andrey Mostovoy 51'), Claudinho; Sardar Azmoun (Artem Dzyuba 79').

Chelsea (3-4-1-2): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Malang Sarr; Reece James, Ross Barkley (Hakim Ziyech 65'), Saul Niguez (Marcos Alonso 75'), Callum Hudson-Odoi (Christian Pulisic 65'); Mason Mount, Romelu Lukaku (Kai Havertz 75'), Timo Werner.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Xhaka kecewa berat Arsenal kalah, kritik keras rekan satu tim
Selasa, 17 Mei 2022 - 07:45 WIB
Kekalahan Arsenal dari Newcastle United adalah bencana dan para pemain The Gunners tidak pantas bera...
Newcastle United gasak Arsenal dengan kemenangan 2-0
Selasa, 17 Mei 2022 - 07:01 WIB
Newcastle United membuat peluang Arsenal lolos Liga Champions mengalami pukulan telah setelah mengal...
`Hattrick` Vinicius Junior warnai kemenangan 6-0 Madrid atas Levante
Jumat, 13 Mei 2022 - 07:35 WIB
Real Madrid menghancurkan tim papan bawah Levante dengan 6-0 di Santiago Bernabeu dalam pertandingan...
Menang dramatis 2-1 atas Betis, Barcelona amankan tiket Liga Champions
Minggu, 08 Mei 2022 - 08:23 WIB
Barcelona mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan setelah menang dramatis 2-1 atas Real Beti...
Ancelotti sebut final lawan Liverpool bagai laga derbi
Kamis, 05 Mei 2022 - 09:27 WIB
Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti yang pernah melatih Everton di Liga Premier Inggris menyebut per...
Ancelotti bahagia Madrid capai final dan lolos dari lubang jarum
Kamis, 05 Mei 2022 - 08:51 WIB
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengungkapkan kebahagiaannya setelah mengantarkan timnya mencapa...
Madrid tantang Liverpool di final Liga Champions usai kalahkan City
Kamis, 05 Mei 2022 - 08:27 WIB
Real Madrid melakukan pembalikan luar biasa pada saat-saat terakhir babak kedua guna memaksa leg ked...
Juventus harus permanenkan Chiesa usai pastikan tiket Liga Champions
Senin, 02 Mei 2022 - 23:45 WIB
Klub Liga Italia Juventus mengaktifkan klausul kepindahan permanen Federico Chiesa dari Fiorentina s...
Ibrahima Konate terharu Anfield lantunkan yel-yel namanya
Sabtu, 30 April 2022 - 07:05 WIB
Bek Liverpool Ibrahima Konate mengaku terharu setelah diberi tahu bahwa suporter The Reds di Stadion...
Liverpool taklukkan Villarreal 2-0 di leg pertama
Kamis, 28 April 2022 - 07:47 WIB
Liverpool sukses menaklukkan Villarreal dengan skor 2-0 dalam pertandingan leg pertama semifinal Lig...
InfodariAnda (IdA)