Masuki Grand Final, Piala Presiden Esports 2021 diharapkan dongkrak pariwisata Bali
Elshinta
Rabu, 08 Desember 2021 - 20:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Masuki Grand Final, Piala Presiden Esports 2021 diharapkan dongkrak pariwisata Bali
Sumber foto: Bayu Koosyadi/Elshinta.com.

Elshinta.com - Piala Presiden Esports 2021 bakal segera memasuki babak grand final yang akan berlangsung pada 17 -19 Desember mendatang. Sports tourism dan sports event turut diusung dalam penyelenggaraan babak grand final Piala Presiden Esports yang bertempat di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Diharapkan turnamen olahraga elektronik kasta tertinggi di Tanah Air ini menjadi stimulus dan memberi dampak positif terhadap industri pariwisata di Pulau Dewata ke depan.
 
Hal ini mengemuka dalam acara bincang media “Piala Presiden Esports 2021 dan Upaya Mendorong Pertumbuhan Sports Tourism” yang digelar pada Rabu (8/12). 
 
Hadir sebagai pembicara antara lain Deputi Produk Wisata & Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim & Investasi Sartin Hia, Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Disdikpora Bali Cokorda Raka Satrya serta Seketaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021 Matthew Airlangga. 
 
Dalam acara tersebut, Rizki Handayani mengatakan sports tourism dan sports event merupakan konsep yang terus didorong Kemenparekraf untuk mendongkrak kembali industri pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Ia mencontohkan sejumlah event olahraga baru-baru ini seperti Indonesia Badminton Festival (IBF) dan World Superbike (WSBK) di Mandalika terbukti ikut membuka kembali keran pariwisata.
 
“Kemenparekraf sangat mendukung kegiatan sports event yang diinisiasi berbagai pihak termasuk Piala Presiden Esports. Ini sangat bagus dalam arti menggerakkan roda kegiatan di daerah tersebut. Sports event ini sesuai lifestyle sekarang yang juga concern dengan kesehatan yang kemudian bisa mendorong orang juga untuk berwisata,” tutur Rizki Handayan seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi..
 
Hal serupa dikemukakan Cokorda Raka. Ia mengatakan industri pariwisata di Bali sempat merasakan dampak negatif yang cukup parah akibat pandemi. 
 
Terlebih mayoritas roda ekonomi di Bali selama ini ditopang oleh sektor pariwisata maupun event-event yang berkaitan dengan olahraga. Oleh karena itu pihaknya sangat mendukung dan siap berkolaborasi dalam penyelenggaraan babak grand final Piala Presiden Esports 2021 di Bali.
 
“Kami bersyukur bahwa dalam dua bulan ini seiring dengan membaiknya level PPKM mulai banyak kegiatan olahraga. Oleh karena itu kami berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun para pihak yang telah menyelenggarakan berbagai event, termasuk Piala Presiden Esports.
 
Tentu kami berharap keadaan semakin membaik sehingga kegiatan olahraga terus bertumbuh dan pastinya memberi dampak perekonomian di Bali,” ungkapnya.
 
Sementara itu Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021 Mathew Airlangga menjelaskan konsep penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 secara khusus mengusung berbagai elemen dalam sports tourism agar mampu memberi dampak positif bagi pariwisata khususnya di Bali.
 
Ia mencontohkan lewat tema artistik “Land of Wonders”, turnamen ini akan memperlihatkan berbagai visual menarik yang berasal dari keindahan alam dan budaya Indonesia.
 
“Untuk babak grand final di Bali, selain kehadiran lebih dari 200 atlet esports, kami sebagai penyelenggara juga berkolaborasi dengan seniman-seniman, pelaku industri dan UMKM di Bali. Salah satunya melibatkan pematung terkenal di Bali untuk membuat piala kejuaraan yang baru. Kami juga sudah menyiapkan acara yang megah dengan panggung dan pengisi acara yang luar biasa. Juga akan ada pertunjukan visual dengan tema Land of Wonders yang bisa menjadi inspirasi untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Indonesia,” ungkap Matthew.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kapolres Malang berikan apresiasi kepada atlet bola voli Malang 
Selasa, 17 Mei 2022 - 17:25 WIB
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat jalin silaturahmi dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (P...
Klasemen medali SEA Games 2021: Indonesia disalip Singapura
Selasa, 17 Mei 2022 - 06:01 WIB
Posisi Indonesia turun ke peringkat lima klasemen perolehan medali SEA Games 2021 di Vietnam setelah...
Senam artistik sumbang tiga medali SEA Games
Senin, 16 Mei 2022 - 22:35 WIB
Tim senam artistik menyumbangkan total tiga medali SEA Games 2021 di Vietnam yang terdiri atas dua m...
Tenis putra Indonesia raih perak setelah sembilan jam bertarung
Senin, 16 Mei 2022 - 06:31 WIB
Tim tenis putra Indonesia meraih medali perak setelah sembilan jam bertarung melawan Thailand dengan...
Klasemen SEA Games: Indonesia tambah enam emas saat Thailand melejit
Minggu, 15 Mei 2022 - 23:59 WIB
Kontingen Indonesia sukses menambah enam medali emas pada SEA Games 2021 Vietnam, Senin, namun hasil...
Rifda sumbang medali perunggu senam artistik
Minggu, 15 Mei 2022 - 22:59 WIB
Pesenam Rifda Irfanaluthfi menyumbangkan medali perunggu cabang olahraga senam artistik nomor Women\...
Masniari sumbang emas pertama renang di SEA Games Vietnam
Minggu, 15 Mei 2022 - 20:58 WIB
 Atlet renang Indonesia Masniari Wolf menyumbang medali emas pertama cabang olahraga renang SEA Gam...
Atlet downhill putri Tiara Andini raih emas SEA Games Vietnam
Minggu, 15 Mei 2022 - 20:23 WIB
 Tiara Andini Prastika menyumbang medali emas untuk Indonesia setelah finis tercepat pada cabang ol...
Selain emas, catur klasik juga bawa pulang dua perak SEA Games 2021
Minggu, 15 Mei 2022 - 16:58 WIB
Selain meraih emas melalui WIM Dewi Citra Ardhiani Anastasia, Indonesia juga membawa pulang dua pera...
KOI: Penundaan Asian Games 2022 berdampak besar pada anggaran
Minggu, 15 Mei 2022 - 16:44 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan penundaan Asian Games 202...
InfodariAnda (IdA)