TNI AL modernisasi helikopter latih Puspenerbal
Elshinta
Rabu, 08 Desember 2021 - 17:33 WIB |
TNI AL modernisasi helikopter latih Puspenerbal
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, saat meninjau helikopter latih mesin tunggal Bell 505 yang diserahterimakan dari PT Atamora Tehnik Makmur kepada TNI AL, di apron Museum Penerbangan, Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

Elshinta.com - TNI AL memordenisasi helikopter latih di Pusat Penerbangan TNI AL sejalan dengan serah terima dua unit helikopter latih mesin tunggal Bell 505 dari PT Atamora Tehnik Makmur kepada jajaran TNI AL. 

Penyerahan itu disaksikan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, bertempat di apron Museum Penerbangan, Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu.

Helikopter latih Bell 505 yang dikembangkan Bell Textron Kanada ini diserahkan Direktur PT Atamora Teknik Makmur, Deritary, melalui penandatanganan berita acara serahterima kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Maman Rohman. 

Selanjutnya, dari dia diserahkan kepada Asisten Logistik Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, dan kemudian diserahkan kepada Komandan Pusat Penerbangan TNI AL, Laksamana Muda TNI Edwin. 

Penyerahan dua unit Bell 505 yang baru ini akan memperkuat sarana untuk mencetak penerbang-penerbang TNI AL yang handal. Sebelumnya TNI AL telah memiliki helikoper latih EC-120 Colibri sejak 2002. 

Penyerahan ini merupakan sejarah setelah hampir 20 tahun TNI AL baru memiliki lagi pesawat latih terbaru dan rencananya dalam waktu dekat akan bertambah lagi dua unit helikopter yang saat ini dalam proses pengerjaan.

Margono mengatakan bahwa helikopter latih Bell-505 ini adalah pengadaan TNI AL pada 2021, yang selanjutnya akan bergabung dalam Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI AL.

Menurut dia, dengan adanya helikopter generasi terbaru dari Bell Textron yang efisien terhadap bahan bakar serta dilengkapi dengan rangkaian avionika yang canggih, sehingga tepat digunakan dalam rangka mendukung peningkatan kualifikasi penerbang dan siswa penerbang TNI AL. 

"Secanggih apapun alutsista yang dimiliki, personel pengawak tetaplah menjadi faktor penentu. Terlebih lagi, dengan prinsip kesenjataan TNI AL, yakni senjata yang diawaki, maka integrasi antara personel dan peralatan menjadi hal yang sangat penting. Dalam konteks inilah pesawat-pesawat latih memiliki peran sentral dalam pembinaan profesionalisme prajurit Rajawali Laut," kata dia, dalam siaran persnya.

Ia menyebutkan, pesawat udara merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari Sistem Senjata Armada Terpadu memiliki peran dan fungsi yang sangat vital, baik sebagai mata dan telinga maupun kepanjangan tangan dari armada kapal perang.

Dalam konteks itu, maka TNI AL memiliki doktrin pertahanan yang konklusif antara pangkalan, kapal-kapal perang, pesawat terbang militer, dan personel Korps Marinir TNI AL sebagai kekuatan pendarat dan penguasaan darat. 

Dengan keunggulan pada aspek kecepatan dan manuver, unsur udara dapat melaksanakan tugas-tugas pengintaian udara maritim, peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan maupun pengamatan dalam rangka penyelenggaraan operasi laut yang efektif.

Peran Pusat Penerbangan TNI AL sebagai komponen SSAT memiliki kelebihan pada aspek kecepatan dan manuver sehingga efektif sebagai kekuatan patroli, kekuatan pendukung, dan kekuatan pemukul, didukung dengan enam fungsi yang dimiliki yaitu pengintaian udara maritim, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat dan pengamatan laut dalam rangka penyelenggaraan operasi laut.

 Selain acara serah terima, juga dilaksanakan pembaptisan helikopter yang diawali dengan penyerahan kendi dari penari Gatot Kaca dilanjutkan penyiraman air dan pemecahan kendi oleh Ny Vero Yudo Margono, penyiraman air bunga menggunakan gayung batok dan pembukaan selubung lambang skuadron oleh Margono, dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam heli.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jelang ibadah peringatan Kenaikan Isa Almasih, polisi turun sisir gereja dengan metal detektor
Rabu, 25 Mei 2022 - 20:26 WIB
Aparat Polres Sukoharjo, Jawa Tengah melaksanakan prosedur sterilisasi gereja menjelang perayaan Ken...
Panglima TNI dukung penunjukan Andi Chandra jadi Penjabat Bupati Seram
Rabu, 25 Mei 2022 - 20:09 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mendukung keputusan pemerintah menunjuk Kepala BIN Sulawesi...
Terima kunjungan Lemhanas Inggris, Kepala BNPT ajak bersama perangi terorisme
Rabu, 25 Mei 2022 - 17:05 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Pol. Boy Rafli Amar bersama Deputi Bi...
Pelayanan publik Polresta Sidoarjo diganjar `Presisi Awards` oleh Lemkapi
Rabu, 25 Mei 2022 - 14:55 WIB
Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengapresiasi Kapolresta Sidoarjo beserta ja...
TNI lakukan percepatan pembangunan sumur bor di Mukomuko
Selasa, 24 Mei 2022 - 08:51 WIB
Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan percepatan pembangunan sumur bor untuk mengatasi kebutuha...
Panglima TNI tanggapi soal kerawanan IKN dari serangan udara
Senin, 23 Mei 2022 - 17:22 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa angkat bicara soal kerawanan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) N...
Pimpin apel, Kapolres Lhokseumawe ingatkan anggota untuk tingkatkan disiplin 
Senin, 23 Mei 2022 - 12:08 WIB
- Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto mengingatkan kepada anggota akan pentingnya sikap disiplin ...
Polda Sumut perketat pengawasan distribusi minyak goreng
Minggu, 22 Mei 2022 - 20:22 WIB
Polda Sumatera Utara akan memperketat pengawasan distribusi minyak goreng untuk memastikan masyaraka...
Satgas Yonif 126/KC bagikan pakaian layak pakai kepada warga perbatasan
Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:10 WIB
Personel Pos Yuruf Satgas Pamtas Yonif 126/KC memberikan pakaian layak pakai kepada masyarakat Kampu...
Tim Jatanras Polda Kaltim berhasil amankan polisi gadungan
Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:23 WIB
Tim Opsnal Jatanras Polda Kalimantan Timur, kembali mengamankan seorang pemuda yang mengaku-aku angg...
InfodariAnda (IdA)