Australia ikuti langkah AS boikot Olimpiade Beijing
Elshinta
Rabu, 08 Desember 2021 - 11:59 WIB |
Australia ikuti langkah AS boikot Olimpiade Beijing
Atlet ski Swiss Tobias Baur bersama atlet Italia Dominik Zuech dan atlet ski Perancis Romain Mari beraksi pada nomor lintas ski putra pada uji coba Olimpiade Musin Dingin Beijing 2022 di Genting Snow Park, Zhangjiakou, China, Sabtu (27/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang/rwa.

Elshinta.com - Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan Australia tidak akan mengirim pejabat ke Olimpiade musim dingin Beijing, mengikuti langkah Amerika Serikat yang melakukan boikot diplomatik terhadap acara olahraga tersebut.

Keputusan itu, menurut Morrison, diambil di tengah "ketidaksepakatan" dengan China atas banyak masalah, mulai dari undang-undang campur tangan asing Australia hingga keputusan baru-baru ini untuk mengakuisisi kapal selam bertenaga nuklir.

Morrison juga menyebutkan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang dan pembekuan berkelanjutan Beijing pada kontak menteri dengan Canberra.

"Australia tidak akan mundur dari posisi kuat yang kami miliki untuk membela kepentingan Australia, dan jelas tidak mengherankan bahwa kami tidak akan mengirim pejabat Australia ke Olimpiade itu," kata Morrison, dikutip dari AFP, Rabu.

Keputusan itu muncul sehari setelah Amerika Serikat mengumumkan boikot diplomatiknya.

Keputusan AS diambil dengan menyebut genosida China terhadap minoritas Uyghur dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya sebagai salah satu alasannya.

Hubungan Australia dengan China memburuk dalam beberapa tahun terakhir, ketika Beijing memberlakukan sanksi hukuman terhadap barang-barang Australia dalam perselisihan politik sengit yang telah menjerumuskan hubungan ke dalam krisis paling serius sejak kejadian lapangan tiananmen pada 1989.

China marah atas kesediaan Australia membuat undang-undang operasi pengaruh luar negeri, yang melarang kontrak 5G Huawei dan menyerukan penyelidikan independen mengenai asal-usul pandemi virus corona.

Sejumlah barang Australia -- termasuk barli, batu bara, kapas, kayu, lobster karang, anggur, daging sapi, biji-bijian, dan produk susu -- semuanya dikenakan sanksi dari mitra dagang terbesarnya.

Langkah Australia baru-baru ini untuk melengkapi angkatan lautnya dengan kapal selam bertenaga nuklir di bawah pakta pertahanan baru dengan Inggris dan Amerika Serikat yang secara luas dilihat sebagai upaya untuk melawan pengaruh China di kawasan Pasifik semakin membuat marah Beijing.

Setidaknya dua warga Australia saat ini ditahan di China, jurnalis Cheng Lei ditahan selama lebih dari satu tahun dan akademisi Yang Jun diadili karena spionase.

Morrison mengatakan para pejabat Canberra "selalu terbuka" untuk melakukan pembicaraan dengan Beijing, tetapi upaya itu telah ditolak.

"Tidak ada hambatan yang terjadi di pihak kami, tetapi pemerintah China secara konsisten tidak menerima kesempatan bagi kami untuk bertemu membicarakan tentang masalah ini," katanya.

"Australia adalah negara olahraga yang hebat dan saya sangat memisahkan masalah olahraga dan masalah politik lainnya. Ini masalah antara dua pemerintah. Dan saya ingin masalah itu diselesaikan."

Komite Olimpiade Australia (AOC) mengatakan mereka menghormati keputusan pemerintah, menambahkan bahwa hal itu tidak akan mempengaruhi persiapan tim Australia.

"AOC sangat fokus untuk memastikan bahwa anggota tim dapat melakukan perjalanan dengan aman ke China mengingat kompleksitas lingkungan COVID, dengan atlet kami berangkat dari lokasi luar negeri," kata kepala AOC Matt Carroll.

"Membawa para atlet ke Beijing dengan selamat, berkompetisi dengan aman, dan membawa mereka pulang dengan selamat tetap menjadi tantangan terbesar kami."

"Atlet Australia kami telah berlatih dan bersaing untuk impian Olimpiade ini selama empat tahun dan kami melakukan segala daya kami untuk memastikan kami dapat membantu mereka berhasil."

Sekitar 40 atlet Australia diperkirakan akan bertanding di Olimpiade Beijing, yang dibuka pada 4 Februari.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Perbasi fokus FIBA Asia Cup usai SEA Games
Senin, 23 Mei 2022 - 12:46 WIB
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) fokus menyiapkan tim nasional mengi...
Tinju raih hasil terbaik SEA Games dalam 30 tahun terakhir
Senin, 23 Mei 2022 - 10:32 WIB
Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) mengapresiasi para petinju yang telah m...
Menpora optimistis Indonesia finis peringkat tiga SEA Games 2021
Minggu, 22 Mei 2022 - 18:36 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali optimistis Indonesia finis pada urutan ketiga klasemen ak...
Karate loloskan tiga nomor ke final SEA Games Vietnam
Jumat, 20 Mei 2022 - 19:36 WIB
Tim Karate Indonesia meloloskan tiga nomor ke final SEA Games Vietnam 2021 pada hari terakhir pelaks...
Christo/Aldila bersiap pertahankan gelar tenis ganda campuran
Jumat, 20 Mei 2022 - 11:43 WIB
Petenis Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi bersiap mempertahankan gelar juara ganda campuran SEA Ga...
Jadwal SEA Games 2021: Vidya Rafika tampil di nomor rifle 50 meter
Jumat, 20 Mei 2022 - 11:10 WIB
Petembak Vidya Rafika R Toyyiba tampil memperebutkan medali emas pada cabang menembak SEA Games 2021...
Jadwal SEA Games 2021 - Pebalap sepeda Aiman akan perebutkan emas
Jumat, 20 Mei 2022 - 10:46 WIB
Pebalap sepeda Aiman Cahyadi memperebutkan medali emas cabang olahraga balap sepeda nomor Mens Road ...
Indonesia juara umum panahan SEA Games
Kamis, 19 Mei 2022 - 14:14 WIB
Tim Indonesia tampil sebagai juara umum cabang olahraga panahan SEA Games 2021 Vietnam dengan mengan...
Riau akan beri apresiasi atlet peraih medali SEA Games
Kamis, 19 Mei 2022 - 13:22 WIB
Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin mengatakan, KONI bersama Pemprov Riau akan memberikan apresiasi...
Jadwal SEA Games 2021: Renang perebutkan lima emas di laga terakhir
Kamis, 19 Mei 2022 - 11:24 WIB
Tim Renang Indonesia masih memperebutkan lima medali emas pada laga terakhir cabang olahraga renang ...
InfodariAnda (IdA)