Aplikasi PLN Mobile memudahkan tambah daya dan pasang listrik
Elshinta
Jumat, 03 Desember 2021 - 21:11 WIB |
Aplikasi PLN Mobile memudahkan tambah daya dan pasang listrik
Ilustrasi - Pelanggan mengakses aplikasi PLN Mobile. (ANTARA/HO-PLN)

Elshinta.com - Aplikasi PLN Mobile memberikan kemudahan kepada para pelanggan yang hendak menambah daya dan pasang listrik, sehingga tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN terdekat.

"Ini memudahkan pelanggan untuk bisa melakukan tambah daya dan pasang listrik. Prosesnya juga cepat, pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Petugas PLN akan langsung memproses permintaan layanan ke rumah pelanggan," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi pada keterangan di Jakarta, Jumat.

Agung menjelaskan cara mudah untuk tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile yaitu memilih menu kelistrikan berlogo meteran yang muncul pada halaman utama aplikasi.

Pelanggan bisa memilih layanan yang dibutuhkan mulai dari penyambungan baru, perubahan daya, atau penyambungan sementara.

Dalam fitur tersebut pelanggan juga bisa langsung melihat besaran biaya dari layanan yang dipilih, termasuk memilih menu perubahan daya.

Selanjutnya, pelanggan dapat memilih salah satu dari nomor identitas pelanggan yang sudah terdaftar di PLN Mobile untuk diajukan tambah daya atau dapat juga memasukkan nomor identitas pelanggan lainnya.

Setelah memastikan lokasi sesuai, pelanggan akan diminta mengisi data-data termasuk pilihan besaran daya listrik tambah daya. Setelah memilih besaran kenaikan daya, pelanggan akan diarahkan ke laman selanjutnya, untuk data-data pelanggan.

Selepas proses pengisian data permohonan, klik submit permohonan dan menyetujui syarat serta ketentuan. Jika setuju, lanjutkan pembayaran.

Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Apabila telah sesuai, lanjutkan bayar. PLN Mobile akan mengarahkan ke metode pembayaran yang dipilih.

"Jika memilih pembayaran di salah satu dompet digital, maka PLN Mobile akan mengarahkan ke aplikasi yang dipilih. Setelah pembayaran dilakukan, Anda bisa mengecek detil status permohonan Anda di riwayat permohonan," jelas Agung.

Fitur yang sama juga bisa digunakan bagi pelanggan yang akan memasang listrik di gedung atau tempat baru. Pelanggan tinggal memilih fitur penyambungan baru.

"Berbagai inovasi yang diluncurkan PLN harapannya bisa meningkatkan experience masyarakat dalam mengakses kelistrikan. Kami berkomitmen terus memberikan pasokan listrik yang andal dan aman," ujar Agung.

Selain kemudahan tambah daya dan pasang listrik hingga pembelian listrik prabayar, pembayaran tagihan listrik pascabayar juga bisa diselesaikan melalui aplikasi PLN Mobile yang membuat pelanggan makin aman dan nyaman karena semua rekam jejak transaksi tercatat pada aplikasi tersebut.

Terdapat pula fitur pengaduan yang juga kerap digunakan oleh pelanggan. Melalui fitur itu, pelanggan bisa mengadu sekaligus memantau dan memonitor proses penyelesaian keluhan yang berkaitan dengan kelistrikan.

Keberadaan PLN Mobile juga mendukung electrifying lifestyle yang memudahkan orang melakukan segala aktivitas dengan menggunakan listrik. Electrifying lifestyle adalah gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.

PLN menargetkan ada 15 juta pelanggan mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Play Store dan App Store hingga akhir tahun ini. Hingga Oktober 2021 jumlah pelanggan yang telah mengunduh aplikasi PLN Mobile mencapai lebih dari 11 juta kali.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Buya Syafii Maarif meninggal dunia
Jumat, 27 Mei 2022 - 12:15 WIB
Cendekiawan Muslim yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif atau B...
Legislator minta Pemkab Kotim lebih perhatikan korban banjir
Jumat, 27 Mei 2022 - 10:11 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Darmawati meminta pemerintah kabupaten...
Riset: Merek kecantikan lokal kuasai pasar e-dagang Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 - 09:47 WIB
Perusahaan teknologi Insignia dan MarketHac melalui riset terbarunya menunjukkan bahwa merek kecanti...
KRN ekspor 7 ribu ton limbah inti sawit ke Korea Selatan
Jumat, 27 Mei 2022 - 09:23 WIB
PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) mengekspor  tujuh ribu ton Palm Kernel Expeller (PKE) atau limbah...
Pemerintah Sulbar diminta tangani banjir di Majene-Mamuju
Jumat, 27 Mei 2022 - 09:11 WIB
Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta segera menangani warga korban banjir di Kabupat...
Wagub Riau minta Dinsos urus ODGJ berkeliaran di jalan
Jumat, 27 Mei 2022 - 08:35 WIB
Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution  meminta Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau dan kabupaten/...
36 truk dikerahkan untuk angkut sampah di kompleks Metland Cibitung
Jumat, 27 Mei 2022 - 06:31 WIB
Pemerintah Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat mengerahkan 36 truk untuk mengangkut sampah dari ...
BKD Depok tingkatkan layanan dengan mobil keliling PBB On The Spot
Kamis, 26 Mei 2022 - 22:35 WIB
Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Jawa Barat, memberikan kemudahan pelayanan pembayaran pajak ...
Jokowi sempatkan kunjungi Taman Balekambang saat pulang Solo
Kamis, 26 Mei 2022 - 22:11 WIB
Presiden Joko Widodo menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Balekambang saat pulang ke Solo, Jaw...
Presiden Jokowi salurkan tambahan modal pelaku usaha di Pasar Gede
Kamis, 26 Mei 2022 - 21:23 WIB
Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan tambahan modal kepada para pedagang dan pelaku usaha kecil ...
InfodariAnda (IdA)