Ribuan warga Dili nikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia
Elshinta
Kamis, 02 Desember 2021 - 21:11 WIB |
Ribuan warga Dili nikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia
Warga Dili mengelu-elukan artis Indonesia asal NTT Mario G Klau yang tampil pada Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia, di Timor Plaza, Dili, Timor Leste, Sabtu (27/11) malam. ANTARA/HO-Kedutaan Besar Indonesia di Dili

Elshinta.com - Ribuan warga Dili datang dan membaur bersama menikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia digelar di Timor Plaza, ibu kota Timor Leste, Sabtu (27/11) malam, yang juga menghadirkan artis-artis kenamaan serta berbagai BUMN Indonesia berkantor di Dili.

“Acara pada malam ini merupakan promosi yang komprehensif mengenai potensi Indonesia di bidang perdagangan, pariwisata, investasi, budaya, kesenian, dan kuliner kepada masyarakat Timor Leste dan para expat di Timor Leste,” kata Kuasa Usaha ad interim Kedutaan Besar Indonesia di Dili Alamsyah, dalam sambutan pembukaan acara, sebagaimana keterangan pers diterima di Jakarta, Kamis.

Gelaran seni dan ekonomi Indonesia itu dilaksanakan untuk mendorong diplomasi budaya tidak hanya kepada masyarakat Timor Leste, namun juga kalangan perwakilan negara sahabat dan organisasi internasional yang terakreditasi di negara itu.

Keterangan pers itu menyatakan, tarian yang dipersembahkan DWP KBRI Dili, para pelajar setempat binaan Pusat Budaya Indonesia, dan anggota komunitas masyarakat Indonesia merefleksikan keragaman budaya Indonesia.

Di antara tari-tarian yang dihadirkan adalah Tari Saman dari Aceh sebagai pembuka acara, tari Bali “Puspa Wresti” yang mengiring masuknya para tamu undangan, hingga Tari Gantar dari Kalimantan Timur turut mewarnai dan memeriahkan pentas seni dan pasar malam Indonesia itu.

Tidak terbatas pada diplomasi budaya, acara juga mendorong diplomasi ekonomi melalui pasar malam yang menjual aneka produk, kuliner, dan busana Indonesia. Melalui pasar malam itu pengunjung dapat menikmati dan membeli beraneka produk, sajian masakan khas Indonesia maupun mencoba busana Indonesia melalui 40 booth yang telah disediakan.

BUMN Indonesia yang beroperasi di Timor Leste turut membuka gerai-gerai mereka, antara lain PT Pertamina Internasional Timor, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Telkomsel.

Hadir pula PT Fiberboat Indonesia, perusahaan swasta yang memproduksi kapal ambulans, kapal bantuan Pemerintah Indonesia kepada Kementerian Kesehatan Timor Leste yang belum lama ini diserahterimakan.

Dalam sambutan pembukaan sebagai tamu kehormatan, Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Timor Leste Armindo Maia manyatakan, “Kegiatan pentas seni dan pasar malam Indonesia yang digelar KBRI Dili merupakan salah satu bentuk implementasi nyata dalam mewujudkan dan mendorong people-to-people contact antarkedua negara.”

Kehadiran Mario G Klau, penyanyi Indonesia asal NTT menjadi magnet utama acara ini. Ia membawakan lagu-lagu favorit dari album miliknya dan menyanyikan lagu-lagu Timor Leste yang sering dia nyanyikan.

Lagu-lagunya dan suaranya dikenal luas dan diterima baik berbagai kalangan di Timor Leste, terutama kalangan pemuda. Juara The Voice Indonesia Session 2 pada 2016 itu telah merebut hati para penontonnya.

Selain dia, juga tampil kelompok seni pemuda dan pemudi Dili yang membawakan berbagai kesenian dan budaya negara itu kepada khalayak yang menyambut sangat antusias.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
27 Januari 2008: Wafatnya Presiden RI ke-2, Soeharto
Kamis, 27 Januari 2022 - 06:00 WIB
Jenderal Besar ini wafat pada 27 Januari 2008 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan...
Ketua KPU RI pantau PSU Yalimo
Rabu, 26 Januari 2022 - 20:51 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, memantau langsung Pemungutan Suara Ulang (PSU) ...
DPR: Perjanjian ekstradisi langkah maju Presiden perangi korupsi
Rabu, 26 Januari 2022 - 19:03 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Padjalangi menilai perjanjian ekstradisi Indonesia dan Singapura ...
Menteri Pertahanan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taruna
Rabu, 26 Januari 2022 - 16:19 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berziarah ke Taman Makam Pahlawan Taruna di Kota Tangerang, Pr...
Kepala Kepolisian Indonesia dan Malaysia bahas PMI
Selasa, 25 Januari 2022 - 23:35 WIB
Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menerima kunjungan Kepala Kepoli...
Indonesia-Singapura sepakat keselamatan rakyat Myanmar jadi yang utama
Selasa, 25 Januari 2022 - 18:44 WIB
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menyepakati penyelesaian mas...
KSP kutuk kabar dugaan praktik perbudakan oleh bupati di Langkat
Selasa, 25 Januari 2022 - 18:27 WIB
Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani menegaskan pihaknya mengutuk keras kabar dug...
Indonesia - Singapura sepakati penyesuaian layanan ruang udara Natuna
Selasa, 25 Januari 2022 - 18:15 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Singapura telah menyepakati ...
Ade Yasin rombak susunan kepala dinas di Kabupaten Bogor
Selasa, 25 Januari 2022 - 17:19 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin merombak susunan pejabat eselon IIB yang sebagian besar menduduki kursi kepal...
Anggota DPR minta Polri segera tindak hukum Edy Mulyadi
Selasa, 25 Januari 2022 - 17:07 WIB
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Lasarus meminta Polri segera mengambil tindakan hukum terhadap ...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI