Ribuan warga Dili nikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia
Elshinta
Kamis, 02 Desember 2021 - 21:11 WIB |
Ribuan warga Dili nikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia
Warga Dili mengelu-elukan artis Indonesia asal NTT Mario G Klau yang tampil pada Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia, di Timor Plaza, Dili, Timor Leste, Sabtu (27/11) malam. ANTARA/HO-Kedutaan Besar Indonesia di Dili

Elshinta.com - Ribuan warga Dili datang dan membaur bersama menikmati Pentas Seni dan Pasar Malam Indonesia digelar di Timor Plaza, ibu kota Timor Leste, Sabtu (27/11) malam, yang juga menghadirkan artis-artis kenamaan serta berbagai BUMN Indonesia berkantor di Dili.

“Acara pada malam ini merupakan promosi yang komprehensif mengenai potensi Indonesia di bidang perdagangan, pariwisata, investasi, budaya, kesenian, dan kuliner kepada masyarakat Timor Leste dan para expat di Timor Leste,” kata Kuasa Usaha ad interim Kedutaan Besar Indonesia di Dili Alamsyah, dalam sambutan pembukaan acara, sebagaimana keterangan pers diterima di Jakarta, Kamis.

Gelaran seni dan ekonomi Indonesia itu dilaksanakan untuk mendorong diplomasi budaya tidak hanya kepada masyarakat Timor Leste, namun juga kalangan perwakilan negara sahabat dan organisasi internasional yang terakreditasi di negara itu.

Keterangan pers itu menyatakan, tarian yang dipersembahkan DWP KBRI Dili, para pelajar setempat binaan Pusat Budaya Indonesia, dan anggota komunitas masyarakat Indonesia merefleksikan keragaman budaya Indonesia.

Di antara tari-tarian yang dihadirkan adalah Tari Saman dari Aceh sebagai pembuka acara, tari Bali “Puspa Wresti” yang mengiring masuknya para tamu undangan, hingga Tari Gantar dari Kalimantan Timur turut mewarnai dan memeriahkan pentas seni dan pasar malam Indonesia itu.

Tidak terbatas pada diplomasi budaya, acara juga mendorong diplomasi ekonomi melalui pasar malam yang menjual aneka produk, kuliner, dan busana Indonesia. Melalui pasar malam itu pengunjung dapat menikmati dan membeli beraneka produk, sajian masakan khas Indonesia maupun mencoba busana Indonesia melalui 40 booth yang telah disediakan.

BUMN Indonesia yang beroperasi di Timor Leste turut membuka gerai-gerai mereka, antara lain PT Pertamina Internasional Timor, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Telkomsel.

Hadir pula PT Fiberboat Indonesia, perusahaan swasta yang memproduksi kapal ambulans, kapal bantuan Pemerintah Indonesia kepada Kementerian Kesehatan Timor Leste yang belum lama ini diserahterimakan.

Dalam sambutan pembukaan sebagai tamu kehormatan, Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Timor Leste Armindo Maia manyatakan, “Kegiatan pentas seni dan pasar malam Indonesia yang digelar KBRI Dili merupakan salah satu bentuk implementasi nyata dalam mewujudkan dan mendorong people-to-people contact antarkedua negara.”

Kehadiran Mario G Klau, penyanyi Indonesia asal NTT menjadi magnet utama acara ini. Ia membawakan lagu-lagu favorit dari album miliknya dan menyanyikan lagu-lagu Timor Leste yang sering dia nyanyikan.

Lagu-lagunya dan suaranya dikenal luas dan diterima baik berbagai kalangan di Timor Leste, terutama kalangan pemuda. Juara The Voice Indonesia Session 2 pada 2016 itu telah merebut hati para penontonnya.

Selain dia, juga tampil kelompok seni pemuda dan pemudi Dili yang membawakan berbagai kesenian dan budaya negara itu kepada khalayak yang menyambut sangat antusias.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wakil Presiden kunjungi korban gempa di Pandeglang
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:58 WIB
Wakil Presiden KH Ma\'ruf Amin mengunjungi korban gempa bumi magnitudo 6,7 yang terjadi pada Jumat (...
Presiden : Kebijakan OJK harus mampu cegah meluasnya dampak pandemi
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan instrumen kebijakan dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuan...
TNI AL akan terima hibah tiga kapal korvet dari Korsel
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:12 WIB
Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut akan menerima hibah tiga kapal perang milik Korea Sel...
Jaksa Agung RI ajukan banding atas vonis nihil Heru Hidayat
Rabu, 19 Januari 2022 - 23:43 WIB
Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin mengajukan banding atas putusan majelis hakim pe...
DPR segera bahas RUU atur kekhususan Jakarta
Rabu, 19 Januari 2022 - 21:19 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda mengatakan DPR RI bersama pemerintah segera membahas ...
Polisi panggil AT selaku tersangka pencemaran nama baik putra Ahok
Rabu, 19 Januari 2022 - 20:33 WIB
Polres Metro Jakarta Utara memanggil perempuan berinisial AT  untuk menghadiri pemeriksaan kasus pe...
Pasangan Ganjar-Puan sinyal kuat di pilpres 2024
Rabu, 19 Januari 2022 - 18:52 WIB
Duet pasangan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani dalam kontestasi Pemilu Presiden 2024 mendatang dinil...
Risma minta maaf pada Komisi VIII atas komunikasi buruk jajarannya
Rabu, 19 Januari 2022 - 16:51 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta maaf atas sikap jajarannya, terutama Sekretaris Jendral Kemen...
Gibran anggap suntikan dana untuk bisnis es doger miliknya wajar
Selasa, 18 Januari 2022 - 22:45 WIB
Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka menganggap suntikan dana puluhan miliar ru...
Perempuan tersangka penyelundup sabu ke ruang tahanan diancam 20 tahun
Selasa, 18 Januari 2022 - 22:01 WIB
Seorang perempuan berinisial EW (35) warga Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut Kota Pala...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI