Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Perpusnas raih Predikat Terbaik II
Elshinta
Kamis, 02 Desember 2021 - 16:26 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Perpusnas raih Predikat Terbaik II
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meraih penghargaan sebagai salah satu Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik tahun 2021.

Perpusnas meraih predikat Terbaik II untuk Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dalam ajang bertajuk JDIHN Awards Tahun 2021. JDIHN Awards merupakan pemberian penghargaan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) kepada anggota terbaik JDIHN atas kinerja dalam pengelolaan JDIH di institusi masing-masing.

Sekretaris Utama Perpusnas, Woro Titi Haryanti, mengucap rasa syukur atas prestasi yang diraih pihaknya dalam bidang pengelolaan JDIH. Woro berharap pada tahun yang akan datang, kinerja JDIH Perpusnas semakin meningkat dan mampu menghasilkan inovasi.

Alhamdulillah, Perpustakaan Nasional mendapatkan penghargaan juara kedua terbaik bidang pengelolaan JDIH dari Kementerian Hukum dan HAM. Kami harap tahun depan kinerja dan inovasi JDIH Perpusnas akan meningkat dan lebih maju lagi,” ucap Woro.

Adapun inovasi yang telah JDIH Perpusnas lakukan pada tahun 2021 di antaranya, mengunggah seluruh abstrak peraturan Perpusnas, melakukan interoperabilitas untuk pengembangan dokumen hukum sejumlah 31.423 artikel hukum dan 1.522 buku hukum, mengintegrasikan layanan perpustakaan digital pada laman DJIH Perpusnas, membuat pemberitaan Perpusnas dan bidang hukum, serta mengadakan sosialisasi JDIH Perpusnas di 15 titik Indonesia.

Dalam penyerahan penghargaan, Menkumham, Yasonna H. Laoly, memberikan apresiasi atas kerja sama dan sinergitas seluruh anggota JDIHN dalam penataan regulasi yang berkelanjutan. Hal ini mendukung upaya revolusi hukum di Indonesia. Dia menyebut, seluruh institusi wajib melaksanakan praktik JDIH secara optimal.

“Seluruh negara di dunia sudah mulai memasuki era industri 5.0, di mana manusia menjadi pusatnya. Kalau tidak beradaptasi dan tidak mengikuti, kita akan menjadi orang antik yang tertinggal,” jelasnya dalam acara Pertemuan Nasional Pengelola JDIH dan Pemberian JDIHN Awards Tahun 2021 yang berlangsung secara hybrid, pada Kamis (2/12).

Hal sama terjadi dalam merespons kebutuhan masyarakat, bahwa percepatan merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. Kecepatan akses saat melakukan pengambilan referensi menjadikan pemanfaatan sistem informatika dan digitalisasi, sangat penting.

Menkumham menambahkan, perkembangan teknologi yang terjadi sangat cepat dan tidak terbayangkan ini, harus diimbangi dengan reformasi birokrasi struktural maupun kultural, terutama dalam pelayanan publik.

“Kecepatan menjadi kunci dalam peradaban manusia saat ini. Kultur dan etos kerja harus diubah untuk meningkatkan pelayanan publik dalam bentuk digital,” ungkapnya.

Senada disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli. Menurutnya, seluruh perkembangan yang terjadi pada era industri 5.0, dilakukan dengan pendekatan human centered. Indonesia diuntungkan karena pada tahun 2030, angka Dependency Ratio Indonesia mencapai titik terendah yakni 46,9%. Hal ini menandakan bahwa kelompok usia produktif mencapai dua kali lipat dibandingkan yang tidak produktif.

“Satu-satunya cara agar mereka punya daya saing adalah pendidikan, salah satunya menjadi digital talent. JIDH seandainya bisa manfaatkan digitalisasi, maka akan jadi pelayanan publik yang baik karena keteraksesan itu adalah kunci,” ujar Ramli.

Disebutkan bahwa JDIH yang dilaksanakan oleh Kemenkumham sejalan dengan arah kebijakan pemerintah yang didukung oleh pemanfaatan teknologi dan informasi secara optimal. Pada tahun ini, sebanyak 57 institusi mendapatkan penghargaan JDIHN Awards dengan rincian lima institusi untuk kategori kementerian, lima institusi untuk kategori lembaga negara, lima institusi untuk kategori LPNK, lima institusi untuk kategori lembaga non struktural, lima institusi untuk kategori provinsi, 10 institusi untuk kategori kabupaten, lima institusi untuk kategori kota, enam institusi untuk kategori sekretariat DPRD, tiga institusi untuk kategori PTN/PTS, tiga institusi untuk kategori Unit Eselon I Kemenkumham, dan lima institusi untuk Kategori Kantor Wilayah Kemenkumham.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah Kota Tangerang hentikan sementara pembelajaran tatap muka
Selasa, 25 Januari 2022 - 19:15 WIB
Pemerintah Kota Tangerang di Provinsi Banten memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan pembe...
Luhut: Tidak ada rencana hentikan sekolah tatap muka
Senin, 24 Januari 2022 - 17:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan K...
 Tenaga pengajar terbatas, Satgas Yonif 126/KC jadi guru di perbatasan 
Senin, 24 Januari 2022 - 13:14 WIB
Terbatasnya tenaga pendidik di daerah perbatasan Papua, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC me...
 Respons cepat kasus penganiayaan sesama siswi SMP, Polres Minut periksa terlapor
Minggu, 23 Januari 2022 - 18:24 WIB
Polres Minahasa Utara (Minut) merespons cepat kasus penganiayaan terhadap sesama siswi SMP yang vira...
Sekolah di Rembang gelar pembelajaran tatap muka kapasitas 50 persen
Minggu, 23 Januari 2022 - 16:24 WIB
Semua jenjang sekolah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, masih menerapkan pembelajaran tatap muka (P...
Kemendikbudristek tambah 3 wilayah terapkan Prototipe di Bengkulu
Minggu, 23 Januari 2022 - 16:15 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menambah tiga wilayah...
Kemenagsu peringkat pertama pemutakhiran data EMIS madrasah
Minggu, 23 Januari 2022 - 13:05 WIB
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenagsu), meraih peringkat pertam...
 Ribuan siswa SD di Kabupaten Aceh Utara butuh peralatan belajar
Minggu, 23 Januari 2022 - 11:35 WIB
Ribuan pelajar tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Utara kekurangan peralatan belajar. Pasc...
 Satgas Yonif 126/KC berikan pembekalan ilmu kesehatan pada pelajar di perbatasan
Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:06 WIB
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Somografi memberikan pembekalan ilmu kesehatan kepada Siswa SD...
UIN Palu: Kuliah tatap muka hanya bagi mahasiswa semester dua-empat
Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:57 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, memberlakukan kuliah tatap...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI