Kemenag tegaskan Komitmen lawan korupsi
Elshinta
Rabu, 01 Desember 2021 - 20:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Kemenag tegaskan Komitmen lawan korupsi
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan komitmennya melakukan tata kelola terhadap Kementerian Agama. 

Komitmen inilah yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat meminta dirinya memimpin Kementerian ini. 

“Pesan Bapak Presiden saat saya pertama dipanggil adalah untuk memperbaiki tata kelola Kemenag,” kata dia dalam Webinar dengan tema “Komitmen Kementerian Agama Meningkatkan Integritas dan Budaya Antikorupsi,” di Jakarta, Rabu (1/12).
  
Dia mengatakan, para ASN Kemenag mesti menjadi teladan kebaikan terutama dalam melawan korupsi. “Kita tanya kepada batin masing-masing, tanya ke diri masing-masing, sudah benar belum mengelola Kementerian ini,” tutur dia.  

Dia mengatakan, terkait akuntabilitas, Menag menyinggung pentingnya pengamalan integritas dan budaya anti korupsi. Kemenag terus melakukan penguatan dalam bentuk Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dan  Whistleblowing System Tindak Pidana Korupsi Terintegrasi. 

"Kemenag telah membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) yang berperan mengendalikan penerimaan gratifikasi secara transparan dan akuntabel," jelasnya dalam rilis tertulis yang diterima redaksi elshinta.com

Kemenag bersama KPK juga telah membangun sebuah sistem Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan Whisteblowing System (WBS) terintegrasi. 

Sinergi ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanganan pengaduan, baik secara internal maupun eksternal yang terintegrasi, profesional, transparan, akuntabel dengan mengutamakan kerahasiaan dalam rangka optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi di lingkungan Kementerian Agama. 

Ikhtiar lain yang dilakukan Kemenag dalam pengendalian gratifikasi adalah merevisi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 Tahun 2019 tentang Pengendalian Gratifikasi pada Kementerian Agama. Regulasi ini sudah dicabut, diganti dengan PMA Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pengendalian Gratifikasi pada Kementerian Agama.  PMA 23/2021 sepenuhnya sudah mengacu pada Peraturan KPK No 2 tahun 2019 tentang Pelaporan Gratifikasi.  

“Kita tidak bisa berharap banyak dan agar masing-masing muncul. Kesadaran ini harus dipaksa biar muncul kesadaran,” kata dia. 

Inspektur Jenderal Kemenag, Deni Suardini, menambahkan, sebagai komandan APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah), pihaknya terus berbenah meningkatkan integritas dan budaya anti korupsi, termasuk dengan menjalin kerjasama dengan KPK. 

"Kita selama ini terus berbenah, dengan terus bekerjasama dengan KPK untuk mewujudkan Kementerian Agama yang berintegritas dan anti korupsi,"  ujar Deni.  

Webinar diikuti pimpinan seluruh satuan kerja di Kementerian Agama, yang terdiri dari 11 Eselon I Pusat, 34 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, 72 Pimpinan PTKN, 514 Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, dan 29 Kepala UPT. Webinar berlangsung secara hybrid, daring dan luring. Sebagian besar peserta mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Harapan sama disampaikan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Dalam sambutannya dia mengatakan, Kemenag mesti menjadi leading sector dalam teladan pemberantasan korupsi, apalagi Kementerian ini membidangi keagamaan dan menjadi sentra tokoh agama. “Di sini banyak tokoh agama, ulama, pastor, pendeta, dan lainnya yang justru kami harus banyak belajar,” tutur dia. 

Dia mengingatkan bahwa, sampai 2021 KPK telah melakukan penindakan terhadap 727 orang karena suap dan sebanyak 376 orang karena pengadaan jasa. “Harapannya jera dan yang lain takut. Namun apakah demikian? Ternyata tidak. Jadi maknanya, bahwa korupsi bukan hanya masalah hukum,” kata dia. 

Nurul pun mengungkapkan tiga strategi yang digunakan KPK dalam melawan korupsi yaitu penindakan, sistem tata kelola keuangan negara dan layanan publik supaya tidak dikorupsi, dan strategi terakhir adalah pendidikan masyarakat (dikmas). “Saya berharap Kemenag bukan hanya antikorupsi melainkan juga mengedukasi masyarakat,” papar dia.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Buntut laporan dugaan pemerkosaan di Boyolali: Diduga suka sama suka
Kamis, 27 Januari 2022 - 14:56 WIB
Dugaan kasus pemerkosaan yang dilaporkan R (28),  perempuan asal Simo,  Boyolali terus bergulir. D...
Kantor Kemensos `lockdown` untuk antisipasi penyebaran Omicron
Kamis, 27 Januari 2022 - 14:27 WIB
Kantor pusat Kementerian Sosial (Kemensos) Jakarta dilakukan penguncian wilayah atau `lockdown` untu...
Medan Amplas jadi lokasi Bulan Bakti Praja Wibawa kedua Pemko Medan
Kamis, 27 Januari 2022 - 13:45 WIB
Setelah Kecamatan Medan Belawan, Bulan Bakti Praja Wibawa  yang bertema, “Sapa Masyarakat, Ramah,...
JQHNU dukung `Programis` Kota Magelang
Kamis, 27 Januari 2022 - 13:06 WIB
Ketua Umum Pengurus Wilayah Jam`iyyatul Qurra` Walhuffadz Nahdatul Ulama (JQHNU) Jawa Tengah Ali Im...
Kementerian PUPR siapkan teknologi transaksi tol nirsentuh MLFF
Kamis, 27 Januari 2022 - 12:59 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyiapkan teknologi transaksi pembayaran ...
IHSG diperkirakan lanjut menguat di tengah koreksi bursa saham Asia
Kamis, 27 Januari 2022 - 12:47 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis diperkirakan lanjut menguat...
Ratusan warga datangi kerangkeng di rumah Bupati Langkat
Kamis, 27 Januari 2022 - 12:35 WIB
Ratusan warga mendatangi kerangkeng di belakang rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana...
COVID-19 varian Omicron terdeteksi di Sumbar
Kamis, 27 Januari 2022 - 11:47 WIB
Virus corona varian Omicron terdeteksi telah masuk ke Sumatera Barat (Sumbar) setelah Laboratorium P...
BMKG prakirakan sebagian kota besar cerah berawan
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:23 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Tanah Air a...
Kemenperin gelar uji kompetensi Pejabat Fungsional Penyuluh Daerah
Kamis, 27 Januari 2022 - 10:11 WIB
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian telah melaksanaka...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI