Sukuk negara bangun proyek strategis di Bali
Elshinta
Jumat, 26 November 2021 - 15:16 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Sukuk negara bangun proyek strategis di Bali
Sumber foto: www.gardaindonews.com/elshinta.com.

Elshinta.com - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menggelar kunjungan kerja di Bali untuk melakukan inspeksi beberapa pembangunan proyek yang dibiayai melalui Surat Berharga Negara berbasis Syariah (SBSN) pada Kamis, (25/11). Salah satu proyek yang ditinjau adalah pembangunan bendungan Tukad Mati, Badung. 

"Pembangunan prasarana bendungan pengendali banjir Tukad Mati ini merupakan salah satu contoh nyata SBSN Proyek di Bali yang dilaksanakan oleh Ditjen SDA Kementerian PUPR," kata Suahasil Nazara.
 
Adapun pembangunan bendungan Tukad Mati ini dibiayai melalui SBSN secara Kontrak Tahun Jamak (MYC) dari tahun 2017 hingga 2019 dengan total alokasi SBSN yang digunakan sebesar Rp 319 miliar.
 
Tak hanya itu, dengan dipimpin oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman, jajaran pimpinan Kementerian Keuangan juga melakukan inspeksi pembangunan 10 titik jalan tembus Singaraja – Mengwitani, dan soft launching pembangunan gedung Lab Kesehatan Terintegrasi, Universitas Ganesha Singaraja pada Jumat, (26/11).
 
Pembangunan Jalan Baru Bts. Kota Megwitani - Singaraja dibiayai melalui SBSN MYC senilai Rp 308,15 miliar dimaksudkan untuk mengurangi waktu tempuh dari kota Denpasar (PKN) menuju kota Singaraja (PKW) dan memperbaiki geometrik titik blackspot pada ruas jalan Mengwitani Singaraja.
 
Sementara untuk pembangunan gedung Lab Kesehatan Terintegrasi di Universitas Ganesha, pembiayaannya dilakukan secara Single Year Contract (SYC) tahun 2021 dengan total alokasi yang digunakan sebesar Rp 99,94 miliar. 
 
"Pembangunan Laboratorium Terintegrasi Universitas Pendidikan Ganesha ini merupakan perwujudan dari komitmen yang kuat dari Pemerintah untuk pembangunan Sumber Daya Manusia melalui sektor pendidikan," kata Luky Alfirman seperti dalam rilis tertulis yang diterima Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi.
 
Alokasi Sukuk Proyek untuk provinsi Bali telah dimulai sejak tahun 2016, dan trennya terus meningkat. Tahun 2021 ini tercatat sebesar Rp 362,16 miliar, kemudian akan meningkat hingga Rp 409,8 miliar pada tahun 2022.  Adapun total alokasi alokasi Sukuk Proyek untuk Provinsi Bali dari tahun 2016 hingga 2022 mencapai Rp 1,68 triliun. 
 
Sebagian besar alokasi Sukuk proyek di provinsi Bali ditujukan untuk proyek-proyek prioritas yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, diantaranya 43,34% di sektor transportasi, jalan, dan jembatan pada Ditjen Bina Marga PUPR, kemudian 42,31% di sektor sumber daya air pada Ditjen Sumber Daya Air PUPR. Dan sisanya 10,47% di sektor pendidikan, dan selebihnya di sektor hankam dan sosial.
 
Perlu diketahui, pembiayaan proyek melalui SBSN merupakan sinergi kebijakan antara Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya. Tujuannya untuk membiayai proyek-proyek atau kegiatan prioritas dengan menggunakan dana yang bersumber dari pasar keuangan melalui instrumen SBSN yang diterbitkan oleh Pemerintah sejak tahun 2008.
 
Berbagai proyek strategis telah dihasilkan dari proyek SBSN, dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Hingga tahun 2021 ini, total proyek yang dibiayai dari SBSN sudah mencapai 3.447 proyek yang tersebar di berbagai wilayah tanah air Indonesia. 
 
Beberapa proyek yang telah dibiayai SBSN seperti pembangunan infrastruktur perkeretaapian Trans Sulawesi (Parepare – Makassar), Trans Sumatera, dan Double Track KA selatan Jawa. Kemudian, pembangunan jalan dan jembatan di berbagai provinsi, seperti Youtefa di Jayapura, Papua. 
 
Termasuk, pembangunan beberapa bandara dalam rangka penyiapan Jembatan Udara di Papua. Pembangunan sumber daya air (bendungan, irigasi, penyediaan dan pengelolaan air tanah). Serta, pembangunan dan pengembangan gedung perkuliahan di berbagai perguruan tinggi.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Produsen dukung kebijakan pemerintah jual minyak goreng Rp14.000/lt
Selasa, 25 Januari 2022 - 15:49 WIB
Kalangan produsen minyak sawit mendukung kebijakan pemerintah dalam program satu harga minyak goreng...
Wamenkeu minta masyarakat tak berfikir negatif soal utang
Selasa, 25 Januari 2022 - 14:36 WIB
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta masyarakat agar tidak berfikir negatif so...
Rupiah Selasa pagi melemah 16 poin
Selasa, 25 Januari 2022 - 10:05 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi melemah 16 poin
IHSG Selasa dibuka melemah 24,29 poin
Selasa, 25 Januari 2022 - 09:09 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa dibuka melemah 24,29 poin
Pedagang pasar tradisional di Sukoharjo masih jual minyak goreng stok lama
Senin, 24 Januari 2022 - 18:33 WIB
Hampir sepekan kebijakan pemerintah menerapkan harga minyak goreng Rp14 ribu per liter, pedagang pas...
 BAZNAS kembali pertahankan sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015
Senin, 24 Januari 2022 - 17:46 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali berhasil mempertahankan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ...
Warga Sulteng diminta tidak `panic buying` dan timbun minyak goreng
Senin, 24 Januari 2022 - 17:26 WIB
Warga di seluruh daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) diminta tidak melakukan aksi borong at...
Presiden Jokowi: Jangan ada jadwal mundur hilirisasi
Senin, 24 Januari 2022 - 14:48 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan tidak ada jadwal mundur untuk proyek-proyek hilirisasi, ...
BI catat uang beredar Desember 2021 meningkat jadi Rp7.867,1 triliun
Senin, 24 Januari 2022 - 12:56 WIB
Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar dalam arti luas (M2) atau likuiditas perekonomian Desember...
 Geliat kendaraan listrik di Sumatera Utara, PLN siap operasikan SPKLU kedua
Senin, 24 Januari 2022 - 11:37 WIB
PLN UIW Sumatera Utara siap mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kedua di...
InfodariAnda (IdA)