Hadiri SUN Annual Meeting, Wapres dukung kerja kolaboratif percepat perbaikan gizi
Elshinta
Selasa, 23 November 2021 - 14:38 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Hadiri SUN Annual Meeting, Wapres dukung kerja kolaboratif percepat perbaikan gizi
Sumber foto: Setwapres/elshinta.com.

Elshinta.com - pemerintah terus berkomitmen terhadap  percepatan perbaikan gizi, khususnya dengan ditetapkannya Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Untuk itu, diperlukan kerja kolaboratif antar lembaga dalam mempercepat perbaikan gizi masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang terkena stunting.

“Kerja kolaboratif lintas sektoral adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam agenda pembangunan,” ucap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada puncak acara Scalling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting Tahun 2021, secara virtual dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta, Selasa (23/11).

“Ini semua harus terus ditingkatkan, karena dibalik capaian-capaian percepatan perbaikan gizi, kita masih menghadapi beberapa tantangan,” tambahnya dalam rilis tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Selasa (23/11).

Dalam acara yang mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama” tersebut, Wapres menuturkan komitmen utuh pemerintah dalam memperbaiki gizi yaitu melalui penguatan dan perbaikan dari segala bidang terkait permasalahan gizi.

“Pemerintah terus melakukan berbagai upaya penguatan, mulai dari penguatan kerangka regulasi, intervensi, pendanaan, serta pemantauan dan evaluasi,” tuturnya.

Menurut Wapres investasi bidang nutrisi menjadi investasi yang paling menguntungkan karena setiap satu dollar investasi akan menghasilkan keuntungan 30 kali lipat. Kemudian, nilai ini akan meningkat saat investasi ditujukan pada intervensi gizi yang berdampak tinggi dan meningkatkan kualitas hidup.

“Dalam pembangunan, intervensi gizi adalah intervensi yang paling efektif dari segi biaya. Inilah yang mendorong terbentuknya Gerakan Percepatan Gizi atau SUN Movement,” ucap Wapres.

Lebih lanjut, Wapres mengapresiasi SUN Movement dan seluruh pihak terkait yang telah berkomitmen untuk terlibat secara aktif dalam melakukan perbaikan gizi bagi masyarakat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan kerja kolaboratif dalam percepatan perbaikan gizi,” ucapnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap target perbaikan gizi dapat tercapai melalui kerjasama dan komitmen kuat antara SUN Movement pihak terkait, serta media dalam menjalankan SUN Mitra Pembangunan, SUN Dunia Usaha, SUN Organisasi Masyarakat Madani, SUN Perguruan Tinggi dan Organisasi Profesi.

“Kita harus mencapai target perbaikan gizi dengan kerja cerdas, koordinasi yang efektif, dan komitmen kepemimpinan yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menekankan komitmen pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul sebagai upaya menyambut Indonesia Emas Tahun 2045, khususnya dalam kemajuan gizi anak bangsa.

“Pemerintah akan terus berinvestasi di bidang gizi untuk memacu, menyiapkan SDM yang maju dan berdaya saing dalam menyambut Indonesia Emas 2045,” ujar Suharso.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Agus Suprapto, serta Koordinator SUN Movement Gerda Verburg.

Sementara Wapres didampingi Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi, serta Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Presiden: RI terus reformasi struktural dan perbaiki iklim bisnis
Jumat, 21 Januari 2022 - 08:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF), Kamis, menegaska...
PDI Perjuangan Jabar minta Arteria Dahlan dipecat
Kamis, 20 Januari 2022 - 20:43 WIB
DPD PDI Perjuangan Jawa Barat meminta kepada DPP PDI Perjuangan agar memecat Arteria Dahlan sebagai ...
PDIP berikan sanksi peringatan kepada Arteria Dahlan
Kamis, 20 Januari 2022 - 19:43 WIB
DPP PDI Perjuangan memberikan sanksi peringatan kepada anggota Fraksi PDIP DPR RI Arteria Dahlan ata...
Arteria Dahlan minta maaf kepada masyarakat Jabar
Kamis, 20 Januari 2022 - 18:43 WIB
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan menyampaikan permohonan maaf kep...
F-PDIP DPR akan panggil Arteria terkait permasalahkan bahasa Sunda
Kamis, 20 Januari 2022 - 15:39 WIB
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto mengatakan fraksinya akan memanggil anggota Komisi ...
KPU sampaikan satu lagi alternatif hari pemungutan suara Pemilu 2024
Kamis, 20 Januari 2022 - 15:06 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilihan ...
Wakil Presiden kunjungi korban gempa di Pandeglang
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:58 WIB
Wakil Presiden KH Ma\'ruf Amin mengunjungi korban gempa bumi magnitudo 6,7 yang terjadi pada Jumat (...
Presiden : Kebijakan OJK harus mampu cegah meluasnya dampak pandemi
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan instrumen kebijakan dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuan...
TNI AL akan terima hibah tiga kapal korvet dari Korsel
Kamis, 20 Januari 2022 - 11:12 WIB
Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut akan menerima hibah tiga kapal perang milik Korea Sel...
Jaksa Agung RI ajukan banding atas vonis nihil Heru Hidayat
Rabu, 19 Januari 2022 - 23:43 WIB
Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin mengajukan banding atas putusan majelis hakim pe...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI