10 Tahun Gerakan Scaling Up Nutrition, Bappenas gelar puncak acara SUN Annual Meeting 2021
Elshinta
Selasa, 23 November 2021 - 13:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 10 Tahun Gerakan Scaling Up Nutrition, Bappenas gelar puncak acara SUN Annual Meeting 2021
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Kementerian PPN/Bappenas menggelar acara puncak Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting 2021 pada Selasa (23/11) di Jakarta. Mengangkat tema “Satu Dekade Melangkah Bersama”, acara ini sekaligus memperingati momentum sepuluh tahun sejak Indonesia bergabung dengan gerakan SUN di tingkat global. 

Scaling Up Nutrition merupakan gerakan global di bawah Sekretaris Jenderal PBB untuk mengatasi semua bentuk malnutrisi melalui keterlibatan lintas sektor. Gerda Verburg, koordinator gerakan SUN di tingkat global, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen pemerintah Indonesia dalam mempercepat perbaikan gizi.

“Indonesia termasuk negara yang pertama-tama bergabung dengan gerakan Scaling Up Nutrition. Ini menunjukkan bagaimana kepemimpinan pemerintah Indonesia terhadap permasalahan gizi,” ujar Gerda. 

Secara khusus, Gerda menyampaikan apresiasi terhadap SUN Focal Point Indonesia yang saat ini dipegang Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan (PMK) Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, yang telah mengembangkan kemitraan lintas sektor hingga Indonesia mampu memiliki 148 anggota SUN Networks pada tahun 2021. Jejaring ini terdiri dari pemerintah, mitra pembangunan, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, serta akademisi. 

Pada kesempatan ini, dilakukan peluncuran komitmen Indonesia dalam Nutrition for Growth (N4G) Summit 2021. N4G merupakan forum tingkat global yang dibentuk untuk memperkuat komitmen setiap negara yang tergabung dalam Gerakan Scaling Up Nutrition. Forum empat tahunan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Desember mendatang di Tokyo. Pemerintah Jepang secara khusus mengundang Presiden Republik Indonesia untuk menyampaikan sambutan pada sesi pembukaan N4G Summit 2021. Hal ini sebagai wujud apresiasi atas komitmen kuat Indonesia dalam mencapai target prevalensi stunting 14% pada tahun 2024. Selain itu, tahun ini Presiden juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2021 untuk memperkuat upaya penurunan stunting di Indonesia. 

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menyatakan pencapaian target ini tidak mudah karena Indonesia menghadapi masalah kekurangan dan kelebihan gizi sekaligus. Namun, Suharso optimis dengan kerjasama lintas sektor, Indonesia mampu mewujudkan percepatan perbaikan gizi,

“Harapannya, kegiatan SUN Annual Meeting 2021 dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk terus mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.” ujarnya dalam rilis tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Selasa (23/11). 

Selain Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Koordinator SUN Global, acara ini juga dibuka dengan sambutan Wakil Presiden, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai peran SUN Networks selama satu dekade terakhir, serta ditutup melalui penyampaian rencana dari masing-masing SUN Networks terkait upaya percepatan perbaikan gizi ke depannya. 

Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting merupakan forum tahunan yang bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran terkait upaya percepatan perbaikan gizi di Indonesia. Pertama kali diadakan tahun 2019, forum ini diharapkan menjadi wadah kolaborasi lintas sektor yang tergabung dalam SUN Networks. Rangkaian acara SUN Annual Meeting 2021 telah berlangsung sejak tanggal 13 Oktober hingga puncaknya pada 23 November 2021. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pangan bergizi hingga pemantauan pertumbuhan demi cegah anak stunting
Rabu, 26 Januari 2022 - 12:05 WIB
Konsumsi pangan bergizi sejak anak dalam kandungan dan wanita usia subur hingga pemantauan pertumbuh...
Cegah anak stunting bisa dimulai sebelum ibu masuki kehamilan
Selasa, 25 Januari 2022 - 23:11 WIB
Pencegahan kasus anak stunting atau kekerdilan rupanya bisa dimulai bahkan sebelum ibu memasuki ma...
 Hadapi ancaman Omicron, RSUD Kudus kembali siagakan ruang isolasi
Senin, 24 Januari 2022 - 20:18 WIB
Selama empat bulan terakhir, pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Loek...
Epidemiolog: Waspadai peningkatan kasus DBD saat musim hujan
Minggu, 23 Januari 2022 - 15:23 WIB
Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Yudhi Wibowo mengingatkan p...
Satgas Yonif 126/KC gandeng Puskesmas Model laksanakan pelayanan Posyandu
Minggu, 23 Januari 2022 - 12:46 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 126/KC bersama Puskesmas Model memberikan pelayanan kesehatan posya...
Tanggap malaria, Satgas Yonif 126/KC beri pengobatan warga perbatasan RI-PNG 
Sabtu, 22 Januari 2022 - 19:44 WIB
Atas perhatian Dansatgas kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC jangan tanggung-tanggung memban...
Kenali gelaja MIS-C pada anak pasca-positif COVID-19
Jumat, 21 Januari 2022 - 13:15 WIB
Multisystem inflammatory syndrom in children (MIS-C) merupakan kondisi medis ketika bagian organ-or...
Tumor jinak primer tulang bisa ditangani lewat operasi `limb salvage`
Kamis, 20 Januari 2022 - 23:19 WIB
Giant cell tumor yakni tumor jinak primer pada tulang yang memiliki kecenderungan lokal agresif kin...
Kenali risiko pada tubuh bila minum soda setiap hari
Kamis, 20 Januari 2022 - 20:07 WIB
Perpaduan rasa manis, karbonasi dan kafein membuat soda menjadi minuman favorit sebagian orang. Namu...
`Gaslighting`, kekerasan psikis dalam hubungan tak sehat
Rabu, 19 Januari 2022 - 10:31 WIB
Dalam sebuah hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship, ada kalanya seseorang menjadi korba...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI