Kiat memakai IG Reels untuk kebutuhan bisnis
Elshinta
Sabtu, 20 November 2021 - 10:39 WIB |
Kiat memakai IG Reels untuk kebutuhan bisnis
Ilustrasi (Pexels)

Elshinta.com - Semenjak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun yang lalu, Instagram Reels telah memikat banyak penggunanya khususnya di masa pandemi berlangsung di mana media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat global.

Melalui media sosial, individu maupun komunitas dapat terus terkoneksi di mana pun mereka berada. Selain TikTok, Instagram Reels juga mengalami peningkatan pengguna dan hadir untuk melengkapi pilihan konten hiburan selagi di rumah.

Instagram Reels adalah fitur video terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 60 detik dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks. Selain itu, juga ada pilihan untuk menambahkan video yang sudah direkam terlebih dahulu dari perangkat Anda. Pada dasarnya cara kerja Instagram Reels mirip dengan TikTok.

Country Manager Zilingo Indonesia, Melina Marpaung, mengatakan penggunaan media sosial sudah menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan brand awareness dan jangkauan sebuah produk.

"Saat ini para pelaku usaha sudah memiliki banyak sekali pilihan dalam memasarkan produknya secara digital, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Instagram reels yang berperan dalam strategi pemasaran digital," katanya dikutip dari siaran resmi, Sabtu.

Melalui algoritma yang unik, fitur ini menarik untuk menarik audiens. Dia memberikan kiat-kiat menggunakan Instagram Reels untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

Bagikan konten edutainment
Konten edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten-konten seperti: 5 rutinitas perawatan kulit atau 3 rahasia dalam mix & match kain batik hingga cara membuat photo terbaik untuk produk Anda. Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru.

Melina menambahkan, “Dari segi bisnis, konten Edutainment dapat membantu memposisikan Anda sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas Anda”.

Bagikan konten di balik layar
Konten BTS (behind the scene) atau di balik layar membantu pengikut memahami lebih dalam tentang brand Anda dan mengapa produk tersebut diproduksi untuk audiens Anda. Khususnya bagi para UMKM, konten seperti ini membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan dan juga membangun hubungan yang lebih personal dengan para pengikut.

“Melalui Instagram Reels, UMKM dapat menunjukkan kepribadiannya dan menciptakan hubungan yang lebih tulus kepada para audiens, salah satunya adalah dengan tur singkat di balik layar”, tambah Melina.

Bagaimana produk dibuat? Seperti apa keseharian dalam bisnis Anda? Mungkin Anda telah menerima pesanan atau produk baru yang dapat Anda ubah menjadi semacam video unboxing? Konten BTS tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk melibatkan audiens dalam bisnis Anda.

Tampilkan produk otentik
Instagram Reels adalah peluang besar bagi merek dan bisnis yang ingin mendorong awareness dan penjualan tentunya. Anda dapat mempromosikan produk dan menandainya secara langsung.

Tampilan video produk yang dapat dibeli pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan traffic ke IG Shop. Selain itu, Anda juga dapat mengumumkan promo khusus di Instagram Reels. Beberapa merek besar telah menggunakan metode ini dan terbukti meningkatkan engagement mereka.

Melalui Instagram Reels, cobalah untuk mempertahankan keotentikan jenama atau bisnis Anda. Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video. Banyak hal yang dapat dikembangkan menggunakan fitur ini di Instagram, bisa menampilkan staf atau menghidupkan aspek menarik dari bisnis Anda melalui musik dan gerak.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Renault bermitra dengan Geely
Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:47 WIB
Raksasa otomotif Prancis, Renault Group, bermitra dengan Geely Holding Group China untuk mengembangk...
Twitter blokir miliarder Meksiko karena berperilaku kasar
Kamis, 20 Januari 2022 - 10:38 WIB
Twitter mengatakan bahwa mereka telah memblokir akun miliarder Meksiko Ricardo Salinas Pliego karena...
Kelola keuangan saat pandemi, buat tiga pos utama untuk pengeluaran
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:39 WIB
Pandemi COVID-19 membuat sebagian orang mengalami penurunan pemasukan, tak sedikit juga yang kondisi...
Mengenal kepribadian diri dari warna pakaian
Selasa, 18 Januari 2022 - 23:45 WIB
Kepribadian seseorang tidak hanya terlihat dari sifat yang dimiliki, tetapi juga bisa tergambarkan d...
Shell Indonesia hadirkan solar berstandar Euro 5
Selasa, 18 Januari 2022 - 20:45 WIB
Shell Indonesia menghadirkan bahan bahar solar V-Power Diesel berstandar Euro 5 yang menyasar penggu...
Ketahui bahaya swafoto KTP-el menjadi NFT
Selasa, 18 Januari 2022 - 09:35 WIB
Head of TokoMall Thelvia Vennieta mengatakan fenomena swafoto dengan identitas (KTP) untuk ditransak...
Instagram uji coba unggahan `vertical stories`
Jumat, 14 Januari 2022 - 09:38 WIB
Anak perusahaan Meta, Instagram, dikabarkan sedang menguji coba tampilan baru untuk unggahan storie...
Rolls-Royce Motor Cars capai rekor penjualan dalam 117 tahun
Senin, 10 Januari 2022 - 22:35 WIB
Rolls-Royce Motor Cars menyampaikan bahwa hasil penjualan tahunan pada 2021 mencapai yang tertinggi ...
Pelanggan perempuan dominasi TikTok Shopping di 2021
Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:11 WIB
TikTok mencatat pelanggan perempuan mendominasi acara belanja akhir tahun yang diselenggarakannya pa...
Hari terakhir BlackBerry beroperasi
Selasa, 04 Januari 2022 - 07:31 WIB
Pelopor ponsel keyboard QWERTY, BlackBerry mengumumkan mulai 4 Januari, sistem operasi BlackBerry OS...
InfodariAnda (IdA)