Turun ke PPKM Level 1, 60 ribu warga Semarang ditargetkan ikut vaksinasi dosis kedua
Elshinta
Jumat, 19 November 2021 - 17:10 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Turun ke PPKM Level 1, 60 ribu warga Semarang ditargetkan ikut vaksinasi dosis kedua
Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

Elshinta.com - Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri RI No 60 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (15/11), Kabupaten Semarang Jawa Tengah dinyatakan menjadi wilayah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Penurunan level ini membuat aktivitas masyarakat kembali berputar. Diantaranya pelaksanaan kegiatan usaha sektor non esensial maksimal 75 persen bekerja di kantor bagi pegawai yang sudah divaksin hingga diperbolehkannya pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Berdasarkan data penerima vaksin dosis 1 yang telah mencapai 602.648 jiwa atau 72,54 persen, sementara warga yang sudah divaksin lengkap baru mencapai 415.149 jiwa atau 49,97 persen.

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, mengatakan turunnya level PPKM ini tak lepas dari raihan vaksinasi dosis pertama hingga akhir Oktober yang mencapai angka 589.078 jiwa atau 70 persen dari target 830.815 penduduk, dengan lansia penerima vaksin dosis 1 sebanyak 83.435 jiwa atau 80 persen dari populasi lansia di wilayah tersebut. Capaian ini merupakan keberhasilan dari kerja keras berbagai elemen baik pemerintah daerah, sektor swasta dan juga masyarakat yang telah bahu membahu menyukseskan program vaksinasi di wilayah bertajuk Bumi Serasi ini.

"Kami berterima kasih atas kolaborasi berbagai pihak baik dari instansi pemerintah, TNI & Polri, Masyarakat dan juga sektor swasta seperti Djarum Foundation yang telah berjuang bersama-sama menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Semarang sehingga dalam waktu yang relatif singkat kita berhasil menurunkan PPKM ke Level 1. Saya berharap aktivitas masyarakat bisa kembali pulih seperti sedia kala,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Jumat (19/11). 

Dalam program vaksinasi dosis kedua ini, sebanyak 60 ribu penduduk dari 19 kecamatan akan menerima vaksin dosis kedua dalam rentan waktu 8 November hingga 3 Desember mendatang. Guna mewujudkan hal tersebut, kembali bekerjasama dengan Djarum Foundation, Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dan Polres Semarang dalam menyalurkan dan menjangkau warga yang menjadi target vaksinasi. Target 60 ribu penduduk dari program vaksinasi ini diharapkan mampu memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi dosis kedua. Program ini juga memacu seluruh Puskesmas di Kabupaten Semarang turut gencar menjalani vaksinasi. 

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan, Djarum Foundation senantiasa siap membantu Pemkab Semarang menyukseskan program vaksinasi guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat. Sebab, kekebalan komunal merupakan aspek penting yang dapat membawa bangsa ini lekas keluar dari pandemi Covid-19.

"Cara paling efektif mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini ialah dengan membentuk kekebalan komunal melalui program vaksinasi, Untuk itu, Djarum Foundation senantiasa mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Semarang memberikan vaksin agar semakin banyak warga yang mendapatkan dosis lengkap. Tak hanya di Semarang, dukungan serupa juga kami lakukan di Kudus,” katanya.

Sementara itu guna menyukseskan program ini, Dinkes Kabupaten Semarang menerjunkan tak kurang dari 70 tenaga kesehatan yang akan bertugas sebagai vaksinanator didampingi dengan para dokter guna memastikan proses vaksinasi berjalan lancar. Pihak Djarum foundation menerjunkan sekitar 200 relawan yang akan ambil bagian dalam tim vaksin keliling. Untuk menarik minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dosis kedua ini, Djarum foundation  juga menyediakan apresiasi bagi masyarakat berupa doorprize 4 unit sepeda motor, 10 televisi dan 20 unit mountain bike. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Rentan rusak, Bupati Pesisir Selatan larang bangun jembatan gantung
Rabu, 29 Juni 2022 - 16:19 WIB
Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar memerintahkan Dinas Pekerjaan Umu...
Tim Nusantara Gemilang Polda Sumut raih predikat terbaik `Semarak Bhayangkara ke 76`
Rabu, 29 Juni 2022 - 13:47 WIB
Tim Nusantara Gemilang Polda Sumut menerima penghargaan predikat terbaik dan video terbaik Festival ...
Dua bibit siklon tropis berpotensi menimbulkan gelombang tinggi
Rabu, 29 Juni 2022 - 12:25 WIB
Dua bibit siklon tropis yang ada di utara wilayah Indonesia berpotensi menimbulkan gelombang tinggi ...
Jelang penghapusan honorer, Sekda Buton minta ini ke Kemenpan RB
Rabu, 29 Juni 2022 - 12:13 WIB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) rencananya akan meng...
Wujudkan visi misi Bupati, `Gebyar Integritas Boyolali Tahun 2022` digelar
Rabu, 29 Juni 2022 - 11:57 WIB
Inspektorat Daerah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah menggelar `Gebyar Integritas Boyolali Tahun 2022` ...
Pemkab Klaten canangkan vaksinasi PMK
Rabu, 29 Juni 2022 - 11:04 WIB
Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mencanangkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Des...
 Forkopimda Sumut bahas percepatan penyembuhan PMK hewan ternak
Rabu, 29 Juni 2022 - 10:57 WIB
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara gelar rapat percepatan penanganan penya...
BMKG: Sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi alami hujan lebat
Rabu, 29 Juni 2022 - 10:11 WIB
Beberapa wilayah d Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir d...
BKSDN Kemendagri target hasilkan peta pembinaan ITKPD
Rabu, 29 Juni 2022 - 09:46 WIB
Persiapan untuk menyelenggarakan pengukuran Indeks Tata Kelola Pemerintahan Daerah (ITKPD) memasuki ...
Penetapan kuota haji diharapkan lebih awal
Rabu, 29 Juni 2022 - 08:51 WIB
Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2022 Arab Saudi Arsad Hidayat mengharapkan pemerintah...
InfodariAnda (IdA)