Perancang busana se-Indonesia gelar Wastra Nusantara di Bali
Elshinta
Senin, 08 November 2021 - 00:01 WIB |
Perancang busana se-Indonesia gelar Wastra Nusantara di Bali
Model memperagakan busana berbahan wastra nusantara dalam Indonesia Fashion Parade (IFP) di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (6/11/2021). ANTARA/Nyoman Hendra

Elshinta.com - Yayasan Anugerah Maha Bintang Indonesia yang menaungi puluhan perancang busana menggelar Peragaan Busana Wastra Nusantara bertajuk "Road to Indonesia Fashion Parade 2022" dengan tema "Colourfull Indonesia" di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu malam.

"Berbicara soal busana tentu tidak terlepas dari peragaan yang selama setahun lebih pandemi sama sekali absen kegiatan, sehingga membuat teman-teman "designer" sangat terpuruk," kata Komisaris Yayasan Anugerah Maha Bintang Indonesia, Athan Siahaan, disela-sela peragaan Busana Wastra Nusantara.

Kegiatan yayasan yang bergerak di bidang rancangan busana dan pelestarian budaya melalui Wastra Nusantara itu menampilkan 100 karya  untuk melestarikan budaya Indonesia dan membantu para perajin, penenun, perancang busana dan penjahit agar bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat terdampak pandemi COVID-19.

"Sekaligus, untuk menggerakkan kembali roda perekonomian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pulau Dewata maupun di Indonesia. Banyak rekan-rekan sesama perancang yang merasakan dampak akibat pandemi COVID-19 dan tidak bisa berbuat banyak karena adanya pembatasan dalam menekan penyebaran wabah global itu," katanya.

Melihat kondisi tersebut, Athan Siahaan merancang kegiatan yang mengakomodasi rekan-rekan seprofesi untuk mengadakan  peragaan busana Wastra Nusantara dengan melibatkan 12 perancang dalam mempertunjukkan hasil karyanya di The Sakala Resort Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali.

"Jumlah itu masih terbilang sedikit karena dalam Indonesia Fashion Parade terdapat 80 perancang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan sejumlah kegiatan baru saja dimulai dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat makanya membatasi jumlah perancang yang terlibat serta menyalurkan lainnya pada kegiatan Peragaan Busana Wastra Nusantara yang akan digelar di beberapa daerah di Indonesia.

Kegiatan Peragaan Busana Wastra Nusantara yang dilakukan secara gratis bagi rekan-rekan perancang yang tergabung dalam Indonesia Fashion Parade (IFP) agar merasakan suasana peragaan busana di panggung yang besar setelah sempat terhenti karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi COVID-19.

"Peragaan Busana Wastra Nusantara ini melibatkan puluhan model remaja yang bertujuan turut mengenalkan dan mempromosikan Busana Wastra Nusantara agar menjadi tren bagi kalangan milenial," katanya.

Ia berharap dengan Peragaan Busana Wastra Nusantara akan berdampak pada pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar kembali bangkit dari keterpurukan.

Peragaan Busana Wastra Nusantara yang juga digelar secara luring dan daring secara "live streaming" melalui kanal youtube itu rencananya ditonton ribuan orang sehingga terciptanya pasar untuk ke depannya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Renault bermitra dengan Geely
Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:47 WIB
Raksasa otomotif Prancis, Renault Group, bermitra dengan Geely Holding Group China untuk mengembangk...
Twitter blokir miliarder Meksiko karena berperilaku kasar
Kamis, 20 Januari 2022 - 10:38 WIB
Twitter mengatakan bahwa mereka telah memblokir akun miliarder Meksiko Ricardo Salinas Pliego karena...
Kelola keuangan saat pandemi, buat tiga pos utama untuk pengeluaran
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:39 WIB
Pandemi COVID-19 membuat sebagian orang mengalami penurunan pemasukan, tak sedikit juga yang kondisi...
Mengenal kepribadian diri dari warna pakaian
Selasa, 18 Januari 2022 - 23:45 WIB
Kepribadian seseorang tidak hanya terlihat dari sifat yang dimiliki, tetapi juga bisa tergambarkan d...
Shell Indonesia hadirkan solar berstandar Euro 5
Selasa, 18 Januari 2022 - 20:45 WIB
Shell Indonesia menghadirkan bahan bahar solar V-Power Diesel berstandar Euro 5 yang menyasar penggu...
Ketahui bahaya swafoto KTP-el menjadi NFT
Selasa, 18 Januari 2022 - 09:35 WIB
Head of TokoMall Thelvia Vennieta mengatakan fenomena swafoto dengan identitas (KTP) untuk ditransak...
Instagram uji coba unggahan `vertical stories`
Jumat, 14 Januari 2022 - 09:38 WIB
Anak perusahaan Meta, Instagram, dikabarkan sedang menguji coba tampilan baru untuk unggahan storie...
Rolls-Royce Motor Cars capai rekor penjualan dalam 117 tahun
Senin, 10 Januari 2022 - 22:35 WIB
Rolls-Royce Motor Cars menyampaikan bahwa hasil penjualan tahunan pada 2021 mencapai yang tertinggi ...
Pelanggan perempuan dominasi TikTok Shopping di 2021
Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:11 WIB
TikTok mencatat pelanggan perempuan mendominasi acara belanja akhir tahun yang diselenggarakannya pa...
Hari terakhir BlackBerry beroperasi
Selasa, 04 Januari 2022 - 07:31 WIB
Pelopor ponsel keyboard QWERTY, BlackBerry mengumumkan mulai 4 Januari, sistem operasi BlackBerry OS...
InfodariAnda (IdA)