KAI ingatkan pengguna jalan untuk patuhi rambu-rambu di perlintasan sebidang
Elshinta
Rabu, 03 November 2021 - 15:47 WIB |
KAI ingatkan pengguna jalan untuk patuhi rambu-rambu di perlintasan sebidang
Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat (tengah) berpose bersama para pejabat terkait dalam sosialisasi mengenai keselamatan di perlintasan sebidang kereta api JPL Nomor 382 Kaliwangi antara Stasiun Notog dan Stasiun Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (3/11/2021). (ANTARA/elshinta.com)

Elshinta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi Purwokerto mengingatkan pengguna jalan raya untuk mematuhi rambu-rambu saat hendak melewati perlintasan sebidang kereta api agar terhindar dari kecelakaan.

"Kami mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama mematuhi rambu-rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat di Perlintasan Sebidang JPL Nomor 382 Kaliwangi antara Stasiun Notog dan Stasiun Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Ia menyampaikan imbauan itu dalam kegiatan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang yang digelar PT KAI Daop 5 Purwokerto bersama Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, Dinas Perhubungan Banyumas, Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah, PT Jasa Raharja, dan Komunitas Railfans Spoorlimo.

Menurut dia, sejak Januari hingga Oktober 2021 telah terjadi 19 kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api maupun jalur kereta api di wilayah kerja PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Risiko kecelakaan di perlintasan sebidang maupun jalur kereta api akan bisa ditekan apabila pengguna jalan mematuhi rambu-rambu dan ketentuan.

Daniel menjelaskan, Pasal 124 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian menyebutkan bahwa pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Pasal 114 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan bahwa pada pelintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain, dan mendahulukan kereta api.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 Tahun 2011 tentang Perpotongan dan/atau Persinggungan Antara Jalur Kereta Api dengan Bangunan Lain, khususnya pada Pasal 6 ayat 1, kereta api mendapat prioritas melintas di perlintasan sebidang.

Selain itu, dalam Pasal 110 Ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Kereta disebutkan bahwa pintu perlintasan kereta api berfungsi untuk mengamankan perjalanan kereta api agar tidak terganggu pengguna jalan lain seperti kendaraan bermotor maupun manusia.

"Perjalanan kereta api lebih diutamakan karena jika terjadi kecelakaan, dampak dan kerugian yang ditimbulkan dapat lebih besar, sehingga pengguna jalan yang harus mendahulukan jalannya KA. Maka dari itu, pintu perlintasan utamanya difungsikan untuk mengamankan perjalanan KA," kata Daniel.

Dia mengatakan, pengendara kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain yang menunjukkan kereta akan lewat.

Menurut dia, pengendara juga wajib memastikan kendaraan dapat melewati perlintasan sebidang dengan selamat serta wajib memastikan pula kendaraan bisa keluar dari perlintasan sebidang apabila mesin kendaraan tiba-tiba mati di pelintasan sebidang.

"Bagi pejalan kaki, wajib berhenti sejenak sebelum melintasi perlintasan sebidang, menengok ke kiri dan kanan untuk memastikan tidak ada kereta api yang akan melintas. Di samping itu, dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi, antara lain menggunakan telepon genggam dan menggunakan headset pada saat melintasi perlintasan sebidang," katanya.

Guna mencegah kecelakaan di perlintasan kereta api, PT KAI (Persero) berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk menutup perlintasan sebidang kereta api.

Selain itu, Daniel mengatakan, pemerintah daerah secara bertahap membangun jalan layang untuk meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api.

Menurut dia, di wilayah kerja PT KAI Daop 5 Purwokerto ada 195 perlintasan sebidang yang terdiri atas 109 perlintasan sebidang terjaga dan 86 perlintasan tidak terjaga.

"PT KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan penutupan perlintasan liar sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan di perlintasan dengan program penutupan pada tahun 2021 sebanyak 21 perlintasan liar dan seluruhnya telah terealisasi," katanya.

"Kami berharap masyarakat dapat lebih disiplin dalam berlalu lintas, menyadari dan memahami juga fungsi perlintasan, sehingga angka kecelakaan dan korban dapat ditekan," ia menambahkan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
29 Mei 2006: Lumpur panas meyembur di pemukiman warga
Minggu, 29 Mei 2022 - 06:00 WIB
Hari ini, tepatnya pada 29 Mei 2006 silam, pertama kali Lumpur Lapindo dari tanah wilayah Timur Jaw...
NFA dorong penguatan harga gula di tingkat petani maupun konsumen
Minggu, 29 Mei 2022 - 00:11 WIB
Badan Pangan Nasional  atau National Food Agency (NFA) mendorong penguatan harga gula di tingkat pe...
Lemkapi: `Yellow Notice` anak Ridwan Kamil bentuk kehadiran negara
Sabtu, 28 Mei 2022 - 22:47 WIB
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengataka...
Aceh jadi provinsi pertama jadikan Gesits kendaraan operasional Pemda
Sabtu, 28 Mei 2022 - 22:11 WIB
Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) M. Samyarto mengatakan Aceh menjadi provinsi perta...
Desa Cisayong ubah bekas lahan sampah jadi lapangan bola internasional
Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:47 WIB
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengembangkan eks lahan...
Belasan mobil hias meriahkan Surabaya Vaganza 2022
Sabtu, 28 Mei 2022 - 20:55 WIB
Belasan mobil hias meriahkan Pawai Bunga dan Budaya atau Surabaya Vaganza 2022 dalam rangka Hari Jad...
PHRI sambut baik pelonggaran penggunaan masker
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:57 WIB
Pelonggaran masker berdampak baik bagi peningkatan okupansi hotel dan restoran di Salatiga, Jawa Ten...
Apkasi diyakini bisa tingkatkan kerja sama antara daerah
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:46 WIB
Plt Bupati Langkat Syah Afandin menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Kabupate...
Elpi: Eril sempat teriak `help` sebelum hanyut terseret arus di Swiss
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:34 WIB
Pihak keluarga besar Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang diwakili oleh Elpi Nazmuzaman (adik kan...
Keluarga kabarkan kondisi Ridwan Kamil di Swiss baik
Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:37 WIB
Pihak keluarga besar Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang diwakili adik kandung Elpi Nazmuzaman ...
InfodariAnda (IdA)