Rektor Telkom University support mahasiswa UNMA pemenang Top 120 Innovillage 2021
Elshinta
Senin, 01 November 2021 - 17:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Rektor Telkom University support mahasiswa UNMA pemenang Top 120 Innovillage 2021
Sumber foto: Enok Carsinah/elshinta.com.

Elshinta.com - Rektor Telkom  University Prof. Adiwijaya, melakukan monitoring secara langsung terhadap karya Mahasiswa Universitas Majalengka yang lolos dalam top 120 Innovillage 2021 yang digelar Telkom University, Jumat (29/10).

Disambut hangat Rektor Universitas Majalengka.(UNMA), Prof. Sutarman, Prof. Adi mengaku bangga melihat karya Drone Penyemprot Pestisida Pada Tanaman, hasil inovasi Firmansyah dan Muhamad Idrus Aljafar yang awalnya merupakan tugas penelitian kampus.

"Senang apabila temen-temen mahasiswa ini bisa menangkap problem yang ada di masyarakat, dan kemudian harus jadi dari bagian solusi yang diberikan. Karena kebanyakan mahasiswa itu baru saat ini tersadarkan bahwa yang namanya merdeka belajar, kampus merdeka. Itu artinya bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada, dengan kompetensi mereka." tegas Adi.

Menurutnya dengan kompetisi akan menguatkan  yang disebut skill, dari apa yang didapat di kampus. Problem-problem secara otomatis akan mendewasakan pengetahuannya tidak hanya teoritikal tapi prakteknya langsung bisa menyelesaikan problem itu.

"Dan saya sangat senang bisa hadir disini, kemudian mereka interaksi sehingga apa saja yang perlu disupport dan jadi kendala kita selesaikan bersama karena intinya bahwa kita tidak mungkin hidup sendiri, semua harus dalam kolaboratif. Kalau sudah kolaboratif inshaaAllah sekomplek apapun masalah bisa diselesaikan," ujarnya

Kedepan menurut Adi, dalam perjalanannya dalam beberapa bulan akan ada pendampingan. Tidak hanya teknis tapi mereka akan diundang ke lab Telkom University, diundang ke lab disana sehingga mereka tahu perkembangan teknologi terakhir seperti apa.

"Kemudian mereka juga akan mengikuti program program motivasi diberikan setiap dua Minggu. Dan itu bisa mendewasakan pemikiran mereka,  karena yang disebut inspirasi bisa datang dari manapun tapi yang paling penting adalah kekuatan diri temen temen disini, mahasiswa disini untuk berkarya terus untuk memberikan yang terbaik, dari situ hasilnya. Dengan kesungguhan sesuatu  bisa dicapai dengan baik," pungkasnya.

Sementara Rektor Universitas Majalengka mengatakan, bangga bisa dipantau langsung rektor Telkom University selaku pemangku hajat yang mengadakan ajang kompetisi Innovillage 2021.

Rektor juga menjelaskan sejauh ini UNMA telah banyak mengukir kejuaraan  meskipun berasal dari kampus daerah. Salah satunya adalah kompetisi yang digelar Telkom University dan UNMA masuk dalam top 120 Innovillage 2021.

"Ini pertama kalinya yang memiliki hajat langsung datang ke kampus UNMA. Terima kasih Rektor Telkom University berkenan hadir. Sebetulnya Universitas Majalengka dan Telkom University sudah saling MoU meskipun perantaranya adalah CSR, sebagai Perguruan Tinggi yang berada daerah kami ingin terbang bersama Tel U," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Senin (1/11).

Sementara, hadir dalam kegiatan monitoring Rektor Telkom University Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UNMA Donny Susandy, Ketua Prodi Informatika Ade Bastian, kepala Desa Teja dan kelompok Tani. Desa Teja dengan potensi alamnya berupa Bawang akan menjadi lokasi uji coba Drone untuk penyemprotan pestisida pada tanaman. 

Pada forum tersebut juga dipamerkan drone hasil inovasi Firmansyah dan dua rekannya sekaligus dipaparkan secara detail dari  latar belakang pembuatan, perakitan hingga nampak wujud drone secara nyata berada di dalam ruangan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Satgas Yonif 126/KC berikan pembekalan ilmu kesehatan pada pelajar di perbatasan
Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:06 WIB
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Somografi memberikan pembekalan ilmu kesehatan kepada Siswa SD...
UIN Palu: Kuliah tatap muka hanya bagi mahasiswa semester dua-empat
Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:57 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, memberlakukan kuliah tatap...
Opsi kurikulum prototipe diyakini bantu pulihkan `learning loss`
Jumat, 21 Januari 2022 - 14:16 WIB
Opsi kebijakan kurikulum prototipe yang ditawarkan Kemendikbudristek diyakini bisa membantu untuk pe...
Siswa terpapar Covid-19,  MAN 2 Kota Malang kembali lakukan pembelajaran online 
Kamis, 20 Januari 2022 - 16:45 WIB
Pasca seorang siswa kelas XII positif terpapar Covid-19, pihak Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota M...
Pemkot Tangerang kaji PTM terkait ditemukannya kasus Omicron
Kamis, 20 Januari 2022 - 10:16 WIB
Pemerintah Kota Tangerang, Banten melakukan kajian dan pembahasan terkait kegiatan Pembelajaran Tata...
Mendikbudristek sebut seleksi PPPK terkendala UU ASN
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:15 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyebut ...
Perpusnas dan Duta Baca Indonesia sinergi kolaborasi membumikan literasi
Selasa, 18 Januari 2022 - 17:05 WIB
Seringkali ranah publik mendebatkan hasil riset/kajian yang dilakukan dunia internasional yang menya...
Anak usia SD di Kota Medan mulai divaksin
Selasa, 18 Januari 2022 - 12:25 WIB
Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara (Binda Sumut) turut berkolaborasi dalam mensukseskan pr...
Mendikbudristek pantau efektivitas PTM 100 persen di Kota Bandung
Selasa, 18 Januari 2022 - 12:06 WIB
Untuk melihat efektivitas dan evaluasi lainnya terkait PTM 100 persen, Menteri Pendidikan, Kebudayaa...
Kemendikbudristek sosialisasikan kurikulum prototipe di Banten
Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:55 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mensosialisasikan kurik...
InfodariAnda (IdA)