Unma kembali gelar wisuda di tengah pandemi Covid-19
Elshinta
Minggu, 31 Oktober 2021 - 10:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Unma kembali gelar wisuda di tengah pandemi Covid-19
Sumber foto: Enok Carsinah/elshinta.com.

Elshinta.com - Universitas Majalengka (Unma) kembali menggelar Wisuda Sarjana dan Magister Universitas Majalengka ke XXII tahun 2021, bertempat di Auditorium Unma, Sabtu (30/10).

"Merupakan tahun kedua Unma melaksanakan wisuda ditengah Pandemi. Dan sesuai arahan Satgas Covid 19 prosesi wisuda dibagi dua sesi yaitu pagi dan siang,' ungkap ketua pelaksana kegiatan Dr. Diding Bajuri.

Menurut Diding, sebanyak 698 wisudawan dari 7 fakultas mengikuti prosesi wisuda yang acaranya dibagi menjadi dua sesi. Untuk sesi pagi jumlah peserta wisudawan sebanyak 353, dan sesi siang 343. Syarat lain kata Diding peserta tidak diperkenankan membawa pendamping.

Sementara Rektor Universitas Majalengka Prof. Sutarman mengatakan Universitas Majalengka dengan konsisten dan didukung oleh berbagai pihak, sehingga mampu menyelenggarakan event penting tersebut. 

Menurutnya, dalam acara Wisuda Sarjana dan Magister untuk tahun akademik 2020-2021, merupakan hasil proses yang berkinerja baik yang dilakukan oleh para wisudawan dan para dosen yang didukung oleh tenaga kependidikan, sehingga para mahasiswa sukses menyelesaikan semua kewajiban akademik dan administratif, dan layak untuk diwisuda.  

"Tentu saya sangat mengetahui bagaimana perjuangan yang telah dilakukan, bertahun jerih payah Saudara dalam menimba ilmu pengetahuan,  namun keringat yang menetes keluar dari semangat Saudara ternyata kini berbuah manis, saya rektor Universitas Majalengka beserta seluruh jajaran tentu merasa sangat bangga."ungkapnya.

Rektor juga mengatakan, Universitas Majalengka yang dirintis, dibangun, dirawat, dikembangkan dengan sentuhan pemikiran dan penanganan yang penuh rasa cinta dan kebersamaan berjalan di atas visi yang ditetapkan bersama pada tahun 2014, yaitu: Menjadi pusat keunggulan akademik di Jawa Barat tahun 2026, yang didukung sistem tata kelola universitas yang baik untuk terwujudnya universitas yang sehat dan terkemuka pada tarap nasional. 

"Merumuskan visi merupakan hasil pikir intelektual yang tak mudah, sebab merupakan hasil kesepakatan orang-orang yang memiliki rasa dan kepentingan konstruktuf dari dan untuk semua pihak, akan tetapi menjalankan untuk mewujudkan visi jauh lebih susah, rumit, terjal dan berliku, penuh kendala dan tantangan, sangat memerlukan kesabaran dari semua pemangku kepentingan, sebab visi tak mungkin dapat digapai hanya dalam sekejap," katanya seperti dlaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Minggu (31/10).

Dijelaskannya, Jika pernyataan visi dicermati, terdapat 3 kata kunci, yaitu tata kelola yang baik, sehat, dan terkemuka, dalam upaya menjalankan visi, pihak Lembaga Penjaminan Mutu sudah kerja keras dengan membangun mutu, lewat Sistem Penjaminan Mutu Internal, 

Ketiga kata kunci dalam pernyataan visi tersebut baru dua kata kunci yang sudah diukur hasilnya, yang dilakukan oleh Satuan Pengendalian Internal, yaitu pada tahun 2017 mengukur tentang Tatakelola Unma, dan tahun 2020 mengukur tetang Kesehatan Unma.  

"Berdasarkan penelitian via survey dengan responden dari pihak internal dan ekternal dan dianalisis oleh oleh tim yang handal semua pihak bersepakat bahwa kedua stepping stone itu  menghasilkan katagori baik (relatif sudah tercapai walau tak 100%), khusus untuk pengelolaan keuangan Universitas kita sudah memberanikan diri dilakukan audit oleh Kantor Akuntan Publik, sebagai pewujudan transparansi, bagian dari tatakelola yang baik (good governance)." katanya.

Tantangan selanjutnya imbuh Rektor, adalah apakah pada tahun 2026 Unma mampu menggapai Universitas Terkemuka di Jawa Barat?. Hanya kerja keras, cerdas, disiplin, kebersamaan, saling percaya dan mutu kepemimpinan yang baik yang akan mampu menjawab tantangan itu. 

Terakhir Rektor juga mengucapkan selamat khusus untuk wisudawan dan berpesan selalu menjaga nama baik keluarga dan almamater. 

"Selamat untuk meraih sukses –sukses berikutnya, jagalah nama baik diri, keluarga, dan almamater Saudara, bawalah nama baik Almamatermu kemana pun Saudara terbang, kami berharapkan doa Saudara, semoga Unma tetap tumbuh dan berkembang untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara." pungkasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Siswa terpapar Covid-19,  MAN 2 Kota Malang kembali lakukan pembelajaran online 
Kamis, 20 Januari 2022 - 16:45 WIB
Pasca seorang siswa kelas XII positif terpapar Covid-19, pihak Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota M...
Pemkot Tangerang kaji PTM terkait ditemukannya kasus Omicron
Kamis, 20 Januari 2022 - 10:16 WIB
Pemerintah Kota Tangerang, Banten melakukan kajian dan pembahasan terkait kegiatan Pembelajaran Tata...
Mendikbudristek sebut seleksi PPPK terkendala UU ASN
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:15 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyebut ...
Perpusnas dan Duta Baca Indonesia sinergi kolaborasi membumikan literasi
Selasa, 18 Januari 2022 - 17:05 WIB
Seringkali ranah publik mendebatkan hasil riset/kajian yang dilakukan dunia internasional yang menya...
Anak usia SD di Kota Medan mulai divaksin
Selasa, 18 Januari 2022 - 12:25 WIB
Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara (Binda Sumut) turut berkolaborasi dalam mensukseskan pr...
Mendikbudristek pantau efektivitas PTM 100 persen di Kota Bandung
Selasa, 18 Januari 2022 - 12:06 WIB
Untuk melihat efektivitas dan evaluasi lainnya terkait PTM 100 persen, Menteri Pendidikan, Kebudayaa...
Kemendikbudristek sosialisasikan kurikulum prototipe di Banten
Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:55 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mensosialisasikan kurik...
Ketahui daftar mata pelajaran yang akan diperhitungkan di SNMPTN 2022
Jumat, 14 Januari 2022 - 09:05 WIB
Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai, artinya pendaftaran seleksi mahasiswa baru akan segera...
Tinjau PTM di sekolah, Plt Wali Kota Bandung ingatkan siswa patuhi prokes
Rabu, 12 Januari 2022 - 11:06 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau sejumlah sekolah untuk memantau pelak...
Disdik Bandung akan tingkatkan jumlah sekolah gelar PTM
Rabu, 12 Januari 2022 - 10:07 WIB
Setelah 330 sekolah di Kota Bandung, Jawa Barat dapat menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 ...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI