PPUMI canangkan gerakan `Sejuta Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMKM`
Elshinta
Jumat, 29 Oktober 2021 - 13:35 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
PPUMI canangkan gerakan `Sejuta Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMKM`
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting bagi perekonomian Indonesia. Dengan jumlah yang mencapai 64 juta, kelompok usaha ini berkontribusi secara signifikan bagi upaya pemulihan ekonomi nasional.

Oleh karena itu diperlukan dukungan yang maksimal dari berbagai pihak, terutama terkait dengan sertifikasi halal. Mengingat hingga saat ini masih sangat terbatas produk UMKM yang telah mendapatkan sertifikasi halal.

Dengan adanya sertifikasi halal, maka akan mendorong penambahan nilai (value added) bagi pelaku usaha UMKM. Sementara bagi konsumen, hal itu akan memberikan rasa aman dalam mengonsumsi produk UMKM. 

Untuk itu, Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) bersama Bank Indonesia dan BPJPH menginisiasi "Gerakan Satu Juta Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM".

Ketua Umum PPUMI, Munifah Syanwani, menyatakan bahwa organisasinya berkomitmen penuh untuk mendukung penguatan UMKM di Indonesia. Sebagai langkah awal dengan memberikan keyakinan bagi konsumen dan mendorong adanya sertifikasi halal bagi sektor usaha makanan dan minuman melalui gerakan sejuta sertifikasi halal.

 "PPUMI bertugas untuk mengkolaborasikan UMKM. Dari situ kami bergerak untuk bekerja sama dengan Bank Indonesia dan BPJPH mendorong sertifikasi halal bagi UMKM," kata Munifah dalam High Level Policy Discussion (HLPD) yang digelar secara hybrid, di Jakarta, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Bayu Koosyadi, Jumat (29/10).

"Untuk webinar dan workshop sertifikasi halal kita berhasil merangkul UMKM sekitar 3.000 orang. Kemudian untuk acara hari ini sebanyak 6.445 peserta dengan sebaran di 34 provinsi se-Indonesia," sambungnya.

PPUMI juga mendukung penuh para perempuan pelaku UMKM melalui rangkaian kolaboratif program dengan Instansi/Kementerian terkait, dalam rangka memperkuat UMKM Indonesia, baik dari sisi pendampingan dan penguatan SDM, kelembagaan, serta standarisasi.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Bank Indonesia, Perry Wardjiyo juga menegaskan bahwa Bank Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. Dukungan ini diberikan dengan memberikan beberapa fasilitasi, termasuk sertifikasi halal, supaya UMKM bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat. 

"Apa yang bisa kita lakukan untuk memajukan UMKM, antara lain, pertama dengan berjamaah atau dengan membuat kelompok usaha/klaster usaha. Kedua, pendampingan usaha agar produknya berkualitas bagus dan berdaya saing. Ketiga, memberikan akses kepada UMKM, dan saat ini paling utama melalui digitalisasi," kata Perry Wardjiyo.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selain menyampaikan apresiasi kepada PPUMI atas kegiatan deklarasi sertifikasi halal untuk UMKM ini, juga menyampaikan tentang pentingnya akses digital bagi UMKM.  "Akses digital ini sangat penting bagi UMKM, karena dapat meminimalisir turunnya omset usaha dan memiliki durasi bertahan yang lebih baik", tuturnya.

Senada dengan itu, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki turut menyambut baik adanya Gerakan Sejuta Sertifikasi Halal bagi UMKM ini. Menurutnya, pemerintah dengan BPJH telah bersinergi untuk memudahkan UMKM dalam mengakses sertifikasi halal. 

"Ke depan, koperasi dan UMKM akan melakukan transformasi dari sektor informal ke formal. Transformasi ini disinergikan salah satunya dengan sertifikasi halal gratis dan kemudahan perizinan," kata Teten Masduki.  

Sementara itu, posisi perempuan Indonesia dalam perekonomian nasional sangat strategis. Sebab menurut data dari Kemenkop UMKM, terdapat 64 persen pelaku usaha UMKM adalah perempuan. 

Oleh karena itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mendukung program Sejuta Sertifikasi Halal bagi UMKM ini sebagai salah satu upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi perempuan.  

"Adanya sertifikasi halal gratis bagi UMKM akan semakin memperluas kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional," pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 124 tenant ramaikan `UMKM Kuliner Expo` Kota Magelang
Selasa, 25 Januari 2022 - 20:47 WIB
Sebanyak 124 tenant UMKM kuliner meramaikan `UMKM Kuliner Expo` di Taman Kyai Langgeng, Kota Magelan...
 Pohon Natal disulap jadi pajangan produk UMKM
Rabu, 22 Desember 2021 - 20:58 WIB
Puluhan  produk dari 10 UMKM di Malang raya dan Batu, Jawa Timur dijual dalam bentuk pohon Natal. M...
BSB bina puluhan UMKM di Kampung Kreatif Pempek Tanjung Rajo Cindo
Minggu, 19 Desember 2021 - 21:21 WIB
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sumsel Babel (BSB) membina puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan M...
Batik Kubedistik binaan Pertamina EP Tarakan Field bersama kelompok disabilitas
Jumat, 17 Desember 2021 - 13:37 WIB
PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field senantiasa berkontribusi bagi pengembangan kapasitas masyarakat ...
Mencetak talenta digital dimulai dari sekolah
Minggu, 28 November 2021 - 09:27 WIB
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tidak hanya fokus pada pengembangan usaha mikr...
OPD diminta berikan kontribusi di sektor UMKM untuk kendalikan inflasi
Jumat, 19 November 2021 - 17:45 WIB
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mendorong para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk berk...
Kisah dua pahlawan masa kini, beri kesempatan kerja ratusan orang
Rabu, 10 November 2021 - 08:59 WIB
Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November yang tahun ini kembali berlangsung di tengah pandemi COVID...
PPUMI canangkan gerakan `Sejuta Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMKM`
Jumat, 29 Oktober 2021 - 13:35 WIB
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting bagi perekonomian Indonesia. Den...
Bagi tips kepada pelaku UMKM, Bahlil: jangan minder!
Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:37 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membagikan tips ke...
UMKM gula semut Rejang Lebong juara nasional
Minggu, 17 Oktober 2021 - 22:27 WIB
Produk gula semut Sari Aren Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, keluar sebagai juara pertama...
InfodariAnda (IdA)