Wapres: Pengeluaran untuk produk halal capai 2,4 triliun dolar di 2024
Elshinta
Kamis, 28 Oktober 2021 - 00:01 WIB |
Wapres: Pengeluaran untuk produk halal capai 2,4 triliun dolar di 2024
Tangkapan layar Wakil Presiden Republik Indonesia Ma\'ruf Amin dalam Opening ISEF 2021 di Jakarta, Rabu (27/10/2021). ANTARA/Sanya Dinda.

Elshinta.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan jumlah masyarakat muslim dunia berpotensi terus meningkat dengan pengeluaran mereka untuk produk halal bisa mencapai 2,4 triliun dolar AS pada 2024.

Menurutnya, berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy pada 2019 jumlah masyarakat muslim dunia mencapai 1,9 miliar orang dengan total pengeluaran mereka untuk produk halal mencapai 2,02 triliun dolar AS.

"Potensi ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia dengan mengambil peran sebagai produsen produk halal dunia melalui peningkatan ekspor produk halal guna memenuhi permintaan produk halal global. Posisi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia di tataran global saat ini cukup menggembirakan dan mendapat apresiasi dunia," kata Ma'ruf Amin dalam acara pembukaan Indonesia Sharia Economics Festival (ISEF) 2021 yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, berdasarkan laporan State of The Global Islamic Economy 2021, indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik dan pada 2020 Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat dunia di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

"Laporan ini merupakan referensi penting bagi negara-negara dunia khususnya anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam) untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah ke depan," terang Ma'ruf.

Indikator yang menjadi penilaian lembaga tersebut antara lain keuangan syariah, pariwisata ramah muslim, industri fesyen muslim, obat-obatan halal, kosmetik halal, dan produk makanan halal.

Dari indikator-indikator ekonomi syariah tersebut, posisi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia rata-rata masuk dalam peringkat 10 besar dan dua di antaranya berhasil masuk peringkat lima besar dunia, yaitu makanan dan minuman halal serta fesyen atau pakaian muslim.

"Melihat capaian prestasi tersebut bukan hal yang tidak mungkin dan sangat berpeluang bahwa Indonesia menjadi negara nomor satu dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan menjadi lead pada sektor industri halal di masa yang akan datang," ucapnya.

Menurut Ma'ruf, peluang Indonesia tersebut didukung oleh potensi yang dimiliki dan keberhasilan yang dicapai. Ia mencatat pangsa pasar keuangan syariah Indonesia per Desember 2020 telah mencapai 9,89 persen yang menandakan peningkatan.

"Ini diharapkan dapat terus meningkat untuk mengejar negara besar lain yang punya market share ekonomi syariah lebih dari 10 persen," ucapnya.

Di samping pangsa pasar keuangan syariah yang besar, Indonesia juga telah menetapkan perizinan tiga kawasan industri halal yaitu Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten, Halal Industrial Park di Sidoarjo, Jawa Timur, dan KIH Bintan Inti Halal Hub.

"Indonesia juga memiliki pangsa pasar yang cukup besar dibandingkan negara-negara dunia atau capai 17 persen dari total konsumsi makan dan minuman halal dunia," katanya.

Ma'ruf menambahkan bahwa industri halal di Indonesia juga berpotensi terus berkembang karena konsep ekonomi dan keuangan syariah bersifat inklusif. Ekonomi dan keuangan syariah bahkan telah menjadi gaya dan pilihan hidup masyarakat nasional dan global.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apresiasi warga ikut vaksinasi, Djarum Foundation dan Pemkab Kudus bagikan doorprize
Rabu, 01 Desember 2021 - 10:25 WIB
Antusiasme masyarakat Kudus Jawa Tengah dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa ...
Pemerintah berencana menyesuaikan tarif listrik pada tahun depan
Rabu, 01 Desember 2021 - 09:23 WIB
Pemerintah bersama Badan Anggaran DPR RI berencana menerapkan kembali penyesuaian tarif tenaga listr...
Kemendag tak terbitkan izin impor beras umum selama tahun 2021
Rabu, 01 Desember 2021 - 09:01 WIB
Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan tidak menerbitkan izin impor beras untuk keperluan umu...
Karawang posisi kedua investasi tertinggi di Jabar
Rabu, 01 Desember 2021 - 08:01 WIB
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyebutkan realisasi investasi di Kabupaten Karawang berada di ...
Kemenkes: Vaksinasi harus dipercepat menyusul munculnya varian Omicron
Rabu, 01 Desember 2021 - 06:31 WIB
Juru Bicara Vaksin COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa laju vak...
Penerima vaksin lengkap capai 95,47 juta jiwa penduduk Indonesia
Rabu, 01 Desember 2021 - 06:01 WIB
Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima dosis vaksin se...
DKI siapkan sekolah untuk vaksinasi COVID anak usia 6-11 tahun
Selasa, 30 November 2021 - 18:11 WIB
Dinas Kesehatan DKI Jakarta berencana menyiapkan sekolah sebagai salah satu sentra vaksinasi COVID-1...
Isu perubahan iklim tenggelam dalam diskusi sosial, kata pejabat BMKG
Selasa, 30 November 2021 - 16:28 WIB
Pelaksana Tugas Deputi Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Urip Haryoko...
Pertamina temukan minyak di Lapangan Krisna
Selasa, 30 November 2021 - 14:18 WIB
PT Pertamina Hulu Energi melalui anak usahanya Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PH...
 Bakamla RI gelar latihan keamanan dan keselamatan laut terpadu
Selasa, 30 November 2021 - 13:34 WIB
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut ...
InfodariAnda (IdA)