Gubernur Jatim resmikan dermaga gerak di Pelabuhan Banyuwangi
Elshinta
Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:55 WIB |
Gubernur Jatim resmikan dermaga gerak di Pelabuhan Banyuwangi
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Ipuk Fiestiandani saat acara peresmian dermaga MB IV di Pelabuhan LCM Ketapang, Banyuwangi, Jatim, Selasa (26/10/2021). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

Elshinta.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Moveable Bridge (MB) atau Dermaga Gerak IV di Pelabuhan LCM Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Movable bridge merupakan jembatan yang dapat bergerak mengikuti pasang surut air laut, agar kendaraan dapat berpindah tempat dari kapal ke dermaga dan sebaliknya.

"Pengembangan dermaga MB IV ini bertujuan untuk menunjang kelancaran operasional penyeberangan dari Pulau Jawa ke Indonesia bagian timur," ujar Khofifah kepada wartawan di Banyuwangi.

Ia berharap dengan moveable bridge akan berdampak besar pada perkembangan konektivitas antara Jawa Timur khususnya dan Nusa Tenggara Barat dalam mendukung pembangunan daerah.

"Sekaligus penurunan biaya logistik dikarenakan akses Jawa ke NTB kini dapat ditempuh secara langsung, tidak perlu lewat Pulau Bali lagi," ucap dia.

Saat ini terdapat pelayaran long distance ferry (LDF) Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Lembar NTB dilayani oleh empat kapal yang setiap hari rutin melakukan pelayaran.

Khofifah mengaku MB sengaja dikembangkan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi karena pelabuhan tersebut termasuk lintasan penyeberangan strategis dengan tingkat kepadatan penyeberangan komersial yang cukup tinggi.

"Dengan dikembangkan dan dioperasikannya MB IV di Pelabuhan Ketapang ini, kami harapkan mampu mendukung peningkatan kinerja pelayanan angkutan penyeberangan manusia maupun barang. Keberadaan dermaga MB IV akan memberikan kemudahan, lebih murah, efisiensi, dan efektivitas terhadap mobilisasi barang dan jasa, serta masyarakat dari Jawa menuju NTB," katanya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang terus mendukung pengembangan perekonomian di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi.

"Pengembangan infrastruktur pelabuhan ini ini sangatlah strategis, apalagi Banyuwangi sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dari sisi timur. Ini akan membuka peluang besar bagi perdagangan, pariwisata dan investasi antara Indonesia timur dengan Jawa," tutur Ipuk.

Ia menambahkan potensi MB IV ini akan semakin penting seiring dengan rencana pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

"Konektivitas darat dan laut akan semakin terhubung dengan baik dengan dibangunnya dermaga ini. Tidak hanya di sektor logistik, namun juga akan memicu sektor pariwisata juga karena meningkatnya fasilitas yang ada," katanya.

Direktur Teknik dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry Kusnadi Chandra Wijaya mengatakan hadirnya MB IV di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi akan meningkatkan konektivitas dan memudahkan transportasi di sektor logistik melalui pelayaran jarak jauh Ketapang-Lembar.

"Perannya sangat vital. MB IV ini sangat mendukung peningkatan konektivitas antarpulau dan kelancaran pasokan logistik ke Lembar. Dengan LDF direct perjalanan Ketapang-Lembar via jalur laut bisa ditempuh dalam 12 jam perjalanan, sangat memangkas waktu daripada harus lewat Bali," katanya.

Dermaga MB IV merupakan aset Pemprov Jatim yang dibangun sejak 2017. Dermaga ini sebelumnya merupakan dermaga pantai yang kemudian dikembangkan menjadi dermaga gerak atau moveable bridge. Kapasitas dermaga MB ini 60 ton dan dapat disandari kapal dengan ukuran 5.000 GT.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bupati Magelang serahkan sejumlah bantuan saat peringatan HUT KORPRI ke-50
Senin, 29 November 2021 - 17:44 WIB
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2021 Tingk...
Presiden Jokowi ingatkan anggota Korpri agar berikan layanan terbaik
Senin, 29 November 2021 - 14:36 WIB
Presiden Joko Widodo mengingatkan para anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk selal...
Bandar Lampung tutup semua tempat wisata jelang Natal dan Tahun Baru
Senin, 29 November 2021 - 12:18 WIB
Pemerintah Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung akan menutup sementara semua tempat wisata di wi...
Kemenkes: Waspadai gelombang ketiga saat Natal-Tahun Baru
Senin, 29 November 2021 - 11:56 WIB
Seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman gelombang ketiga pandemi C...
Satgas TNI Yonif 403 layani kesehatan ke rumah warga perbatasan
Senin, 29 November 2021 - 11:12 WIB
Tim kesehatan Satgas TNI Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista menggelar pelayanan kesehatan ke...
Cegah varian Omicron, Kemenhub perketat pintu masuk internasional
Senin, 29 November 2021 - 09:30 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melakukan penyesuaian syarat perjalanan internasional dal...
Erick Thohir bercita-cita buat sentra kuliner Indonesia di luar negeri
Senin, 29 November 2021 - 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memiliki cita-cita untuk membuat sentra (hub) untuk memperkenalkan kuliner...
Warga Sukabumi positif COVID-19 ketika baru pulang dari Arab Saudi
Senin, 29 November 2021 - 07:30 WIB
Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi pada akhir pekan atau Minggu, (28/11...
BMKG ingatkan hujan petir guyur Kalsel di tengah bencana banjir
Senin, 29 November 2021 - 06:15 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjar...
Pemerintah Indonesia akan tingkatkan kerja sama dengan Palestina
Minggu, 28 November 2021 - 21:47 WIB
Pemerintah Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Palesti...
InfodariAnda (IdA)